Investor Pemula

Mengenal SMGR, Saham Untuk Para Investor Pemula

smgr saham

Ajaib.co.id – Berinvestasi pada saham memang bukan hal yang mudah khususnya jika kamu masih awam dengan dunia pasar modal. Harus pandai memilih saham untuk para investor pemula. Tujuannya bukan hanya mendapatkan keuntungan namun sekaligus belajar lebih jauh trik dalam jual beli saham.

Salah satu saran yang paling sering diberikan kepada orang yang baru memulai investasi saham adalah dengan membeli saham kategori blue chip. Emiten dengan list ini memiliki performa yang aman di pasar saham sehingga risikonya juga cukup rendah. Hanya saja, biasanya investor saham harus mengeluarkan dana cukup besar untuk mendapatkan saham tersebut.

Hanya saja keuntungannya sudah pasti karena kinerja keuanganya selama ini terbukti stabil. Jenis investasi ini juga pas untuk investasi jangka panjang. Sedangkan untuk jangka pendek biasanya disarankan trading saham yang perlu trik tersendiri.

Ada sejumlah emiten yang masuk dalam kategori saham untuk para investor pemula termasuk diantaranya saham SMGR dari PT Semen Indonesia Tbk. Sebagai produsen semen terbesar di Indonesia, proyeksinaya dinilai positif. Terlebih lagi dengan tren pembangunan yang sedang masif berjalan beberapa waktu belakangan.

SMGR Jadi Rekomendasi Saham Untuk Para Investor Pemula, Apa Alasannya?

Saham SMGR merupakan salah satu rekomendasi saham untuk para investor pemula. Emiten ini selalu masuk dalam jajaran emiten blue chip ditopang dengan performa keuangannya yang stabil. Selain itu, perusahaan ini juga memiliki tradisi pembagian dividen yang cukup memuaskan bagi investornya.

Jika kamu masih pertama kali mencoba untuk membeli saham maka saham industri manufaktur ini bbisa jadi pilihan. Harga saham SMGR pada perdagangan Jumat (26/06) ada di angka Rp9.525 per lembar, mengalami penguatan sebanyak 0,79% dibandingkan sesi sebelumnya. Kenaikan ini cukup baik di tengah penurunan kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang mencapai zona merah.

Emiten ini juga terbukti menjadi buruan investor asing dengan trennya yang positif ini. Sebulan terakhir saham SMGR diketahui naik 12% dan asing juga mencatatkan beli bersih Rp 197 miliar di semua pasar.

Direktur PT Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya menyampaikan momentum koreksi wajar masih dapat dimanfaatkan oleh investor untuk melakukan akumulasi pembelian dengan target jangka pendek. Saham pilihannya adalah ICBP, SMCB, MYOR, SMGR, SRIL, UNVR, BBCA.

Sementara itu, jika kamu enggan menjual saham dengan cepat dan memilih keuntungan jangka panjang, SMGR tetap merupakan saham yang pas buatmu. Pasalnya, dividen yang dibagikannya cukup lumayan untuk menambah isi rekening saham milikmu.

PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) berencana membagikan dividen per saham senilai Rp 40,33. Mereka menetapkan tanggal cum dividen di pasar reguler dan pasar negosiasi pada 29 Juni 2020. Sedangkan tanggal ex dividen di pasar reguler dan pasar negosiasi pada 30 Juni 2020.

Di sisi lain, perusahaan ini juga mencatatkan kinerja mentereng sepanjang kuartal I-2020. Pendapatan Semen Indonesia (SMGR) pada kuartal I-2020 tercatat menguat 5,6% secara year on year (yoy) menjadi Rp 8,58 triliun. Sementara laba bersih Semen Indonesia mencapai Rp 446,45 miliar, atau naik 66% secara tahunan.

Meskipun selama pandemo Corona sempat terjadi pelemahan kinerja keuangan akibat banyak proyek pembangunan terhenti, agaknya semua akan kembali berangsur pulih. Dengan penetapan New Normal, berbagai proyek pembangunan akan kembali berjalan sehingga diprediksi perusahaan ini akan kembali pada kinerja optimalnya.

Profil Perusahaan Pemegang SMGR Saham

SMGR saham sendiri dikeluarkan PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) yang dulunya diresmikan oleh Presiden Soekarno. Perusahaan ini sudah beroperasi sejak tahun 1957 dan bernama PT Semen Gresik hingga akhirnya berubah nama karena cakupan bisnisnya sekarang menjadi lebih besar.

Saat ini PT Semen Indonesia menjadi induk PT Semen Gresik, PT Semen Padang, PT Semen Tonasa dan Thang Long Cement Dikatakan sebagai produsen semen terbesar di Indonesia. Bahkan unit usahanya ada yang dikhususkan untuk luar Indonesia dengan membidik pasar asing yang juga menjanjikan.

SMGR saham pertama kali ditawarkan kepada publik pada tahun 1991 dengan total 40 juta saham dan nilai nominal per sahamnya Rp1.000, tapi nilai jualnya mencapai Rp7.000. Saham ini juga merupakan saham pertama milik Indonesia yang ditawarkan kepada publik, menjadi tombak awal sejarah saham yang beredar di Indonesia. Namun tetap sebagian besar SMGR saham dikuasai oleh Pemerintah Indonesia dengan presentase kepemilikan 51,01 %.

Dengan cepat PT Semen Indonesia menguasai pasar dan harga sahamnya sempat hampir mencapai ke level Rp14.000 di bulan Maret. Dan sempat mengalami penurunan tajam di tahun 2018 yang sahamnya hampir mencapai level Rp7.000.

Menguasai Pasar Semen di Indonesia

Sesuai dengan namanya, PT Semen Indonesia memproduksi semen berkualitas kebangaan Indonesia dan menguasai pasarnya hingga 42 %. Jadi, perusahaan ini termasuk berhasil menjadi produsen semen utama di negeri sendiri. Namun, di tahun 2019 ini PT Semen Indonesia sedang mengalami kendala soal keuangan. Hal ini mengingat ada beban utang yang cukup besar dan pasar semen yang akhir-akhir ini kian lesu.

Dari laporan keuangan yang diumumkan pada pertengah tahun, PT Semen Indonesia mengalami penurunan laba bersih yang cukup signifikan, yaitu sekitar 50,09 %. Selain minat pasar yang tengah menurun, harga produksi yang tengah melambung juga memicu berkurangnya laba bersih yang didapatkan.

Jadi memiliki SMGR saham sebenarnya akan mendatangkan keuntungan ketika kamu bisa membaca minat pasar dengan baik. Saham ini memiliki harga yang tinggi dan masih punya potensi untuk naik kembali karena memang harganya cenderung naik-turun.

Investasi Saham Lewat Aplikasi Ajaib

Berinvestasi saham kini menjadi pilihan yang populer bagi milenial. Masyarakat semakin melek dengan kebutuhan investasi untuk masa depan keuangan yang lebih baik. Meskipun memang risikonya paling tinggi namun tidak ada yang lebih baik menawarkan keuntungan dibandingkan bermain saham.

Namun memang bagian tricky-nya yakni untuk mengetahui mana saham yang pas untuk dimiliki. Adapun, kecenderungan orang dalam berinvestasi saham bisa berbeda-beda tergantung dengan latar belakangnya. Untuk itulah biasanya perlu ditetapkan dulu profil risikonya untuk bisa mendapatkan rekomendasi saham terbaik.

Namun kini ada cara mudah yang bisa kamu coba yakni berinvestasi saham lewat aplikasi Ajaib. Ya, Ajaib yang sebelumnya hanya menyediakan instrumen investasi reksa dana kini telah menyediakan produk tambahan berupa saham. Hal ini karena Ajaib Group resmi mengakuisisi perusahaan sekuritas PT Primasia Unggul Sekuritas (Primasia Sekuritas).

Akuisisi ini memungkinkan Primasia Sekuritas untuk meningkatkan layanan perdagangan sahamnya ke ranah daring (online trading). Nantinya investor dapat membuka Rekening Dana Nasabah lewat aplikasi Ajaib, melakukan transaksi jual-beli hingga penarikan dana secara online, tanpa mengisi dokumen fisik apapun.

Adapun, baik aplikasi Ajaib maupun Primasia Sekuritas sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga investasimu dijamin aman dan terpercaya. Keunggulan lain dalam berinvestasi saham di Ajaib adalah seluruh prosesnya berjalan secara online sehingga bisa kamu lakukan kapan saja dan di mana saja.

Cara ini juga paling aman dilakukan ketika kamu ingin mulai berinvestasi saham selama masa New Normal ini. Selain itu, Ajaib juga memberikan kategori saham untuk para investor pemula sehingga memudahkanmu memilih mana emiten yang paling pas masuk dalam portofoliomu. Jika ada beberapa saham yang ingin kamu beli atau memantau pergerakannya, kamu dapat menambahkannya ke Watchlist.

Ajaib juga menyediakan informasi lengkap terkait emiten. Mulai dari laporan performa keuangan, hingga competitive ranking, yang menunjukkan urutan perusahaan dibandingkan dengan perusahaan lain dalam industri sejenis.

Lalu, kamu juga dapat menemukan profil perusahaan, informasi fundamental, informasi grafik harga, dan antrian order permintaan & penawaran. Bahkan jika kamu ingin melakukan trading saham, sudah tersedia juga analisis teknikal yang bisa kamu jadikan panduan.

Keunggulan lainnya yang juga tak boleh diabaikan ialah biaya transaksi yang dikenakan s/d 50% lebih murah. Bahkan, semakin besar jumlah transaksi yang kamu lakukan, semakin rendah pula biaya yang dikenakan. Dengan demikian, kamu bisa mendapatkan keuntungan lebih banyak lagi.

Berbagai fitr yang tersedia dalam aplikasi saham Ajaib dimaksudkan memudahkan investasi saham untuk para investor pemula. Dengan demikian, semakin banyak masyarakat luas yang meramaikan pasar modal sehingga mendapatkan manfaatnya.

Jangan tunda lagi, buruan download aplikasi Ajaib dan lakukan investasi saham perdanamu bersama Ajaib.

Artikel Terkait