Saham

Memahami Moving Average Crossover pada Analisis Teknikal

Ajaib.co.id – Dalam analisis teknikal yang biasanya kamu andalkan untuk trading saham, ada berbagai macam istilah dan teknik yang wajib kamu pahami. Salah satunya adalah moving average crossover.

Di sin kita akan membahas lebih jauh moving average crossover yang akan membantumu dalam pengambilan keputusan terkait saham yang kamu miliki atau yang ingin dimiliki. Ini dia penjelasannya.

Apa Itu Moving Average Crossover?

Moving Average Crossover adalah teknik yang bisa diandalkan untuk menebak tren harga suatu saham di masa depan. Teknik ini berguna untuk pengambilan keputusan di masa nanti. 

Moving Average Crossover sendiri bisa hadir ketika garis moving average untuk jangka pendek atau yang lajunya cepat bertemu dengan garis moving average untuk jangka panjang atau yang lajunya lambat.

Persilangan dua garis grafik yang berbeda ini menunjukkan akan terjadinya tren baru atau pembalikan arah tren yang akan membuatmu tahu harus membeli atau menjual saham di kemudian hari.

Persilangan atau crossover antara dua garis ini akan membantumu untuk mengetahui pola tren dari saham yang sedang kamu pantau. Kamu pun jadi bisa tahu potensi titik masuk, mengetahui kapan tren bisa berbalik arah, dan kapan tren akan berakhir.

Pengambilan keputusanmu dengan bantuan MA jenis ini pun tidak dilakukan secara asal-asalan lagi. Untuk itu, kamu bisa mengandalkan teknik ini ketika dibutuhkan.

Seperti yang kamu ketahui, harga saham adalah komponen yang paling diperhitungkan pada analisis teknikal. Inilah yang membuatmu perlu memantau harga saham setiap waktu dan mempelajari analisis teknikal sampai mahir.

Selain itu, ada grafik yang harus kamu baca setiap harinya. Pergerakan grafik yang kemarin akan mempengaruhi pergerakan grafik untuk hari ini. 

Dua Istilah Penting dari Moving Average Crossover

Dalam teknik persilangan ini, ada 2 istilah yang akan kamu temui selama menggunakannya. Ini penjelasannya.

1. Golden cross

Merupakan titik silang yang terjadi ketika moving average jangka pendek melintas di atas garis moving average jangka panjang.

Moving average jenis ini memberi tanda pada kamu bahwa harga saham akan mengalami kenaikan atau disebut juga dengan istilah bullish.

Tren ini mungkin menjadi yang paling kamu tunggu-tunggu. Untuk bisa mengidentifikasinya, ada beberapa tahapan yang bisa kamu lakukan seperti:

  • Menemukan downtrend grafik harga saham di titik terendah saat pasar sedang bearish, dan terlihat lemah.
  • Moving average jangka waktu pendek terlihat naik ke atas secara perlahan dan pada akhirnya bertemu dengan garis moving average jangka waktu panjang.
  • Uptrend mulai terlihat dalam beberapa waktu, ditandai dengan kenaikan harga ke grafik yang lebih tinggi.

Idealnya golden cross digunakan untuk trading selama 200 hari dan 50 hari. Namun, jika kamu ingin menggunakannya untuk trading harian pun bisa, yaitu 5 hari dan 15 hari.

2. Death cross

Merupakan titik silang yang terjadi ketika moving average jangka pendek melintas di bawah garis moving average jangka panjang.

Moving average jenis ini memberikan sinyal pada kamu bahwa harga saham akan mengalami penurunan atau disebut dengan istilah bearish.

Cara untuk mengidentifikasi death cross sebenarnya tidak terlalu sulit, kebalikannya dari golden cross. Begini penjelasannya.

  • Terjadinya uptrend pada harga saham, sehingga membuatnya naik ke harga tertinggi dan terlihat mulai melemah.
  • Moving average grafik yang jangka waktu pendek lama-kelamaan mengalami penurunan atau bergerak ke bawah, sampai pada akhirnya memotong moving average untuk jangka waktu paling panjang. Harga saham masuk ke tren bearish.
  • Penurunan harga atau downtrend terjadi secara berkelanjutan.

Sama seperti golden cross, death cross idealnya digunakan untuk trading selama 200 hari dan 50 hari. Namun, kamu juga bisa menggunakannya untuk analisis 30 hari dan 100 hari.

Fungsi Moving Average Crossover

Itulah penjelasan mengenai moving average crossover yang berguna untuk memprediksi tren di masa depan. Intinya apabila moving average bergerak naik, pasar juga akan mengalami kenaikan alias bullish. Sebaliknya, apabila moving average bergerak turun, pasar juga akan mengalami penurunan alias bearish.

Kamu juga bisa memanfaatkan teknik ini untuk mengetahui tren yang berbalik arah. Hal itu bisa dilihat dari garis yang menjadi tempat pertemuan. Jika garis yang ditemus adalah MA jangka waktu pendek, biasanya pembalikan tren pun untuk yang jangka pendek.

MA ini juga bisa dipakai untuk menentukan support dan resistance. Jika harga sudah berdekatan dengan MA, biasanya akan mengalami arah yang sebaliknya. MA di sini dianggap sebagai tembok penghalang yang mengubah arah tren.

Teknik ini hanya menjadi salah satunya, ada banyak analisis teknikal lain yang bisa dimanfaatkan untuk membantumu lebih mahir melakukan trading saham. Kamu bahkan bisa melakukan beberapa teknik sekaligus yang mendukung satu sama lain untuk mencapai tujuan keuntungan.

Analisis teknikal bukan analisis yang mudah dipahami dengan sekali baca, tapi jika kamu menguliknya sesering mungkin, kamu pun akan memahaminya, bahkan menjadi ahli. Yang penting kamu mau berusaha untuk mempelajarinya. 

Mempelajari analisis ini juga akan membuat jadi sigap dalam menghadapi risiko. Trading saham merupakan kegiatan investasi yang punya risiko tinggi, walaupun menjanjikan keuntungan yang tinggi juga. Persiapan matang akan membuatmu lebih berani mengambil keputusan.

Kamu juga bisa mendapatkan keuntungan dengan berinvestasi saham dan reksa dana lewat Ajaib. Di aplikasi Ajaib, kamu bisa memulai investasi mudah dengan hanya Rp100.000 saja. Ajaib juga menyediakan berbagai fitur keren untuk memudahkan kegiatan investasimu. Jangan ragu unduh Ajaib di ponselmu ya, gratis!

Artikel Terkait