Mana yang Lebih Baik, Kredit Mobil Baru atau Bekas?

Kredit Mobil
Kredit Mobil

Saat ini pengajuan kredit kendaraan tidak hanya pada orang yang ingin membeli mobil yang masih dalam kondisi baru saja. Mobil dalam kondisi bekas juga bisa diajukan kredit tersebut. Hal ini pasti menguntungkan dan juga memudahkan bagi kamu yang ingin punya mobil. Terutama, bagi kamu yang hanya miliki sejumlah dana yang terbatas.

Jika kamu tidak memiliki dana yang terlalu besar untuk membeli sebuah mobil, maka bisa melakukan pengajuan kredit sebagai pilihan. Bahkan, jika dana yang kamu miliki benar-benar terbatas, maka kredit mobil bekas juga bisa jadi pertimbanganmu.

Sudah pasti kamu tidak ingin mengalami sejumlah masalah atau bahkan kerugian atas pengajuan kredit yang dilakukan. Maka dari itu, sangat penting untuk mempertimbangkan dan juga memperhitungkan segala hal dengan matang.

Perlu diketahui, bahwa kredit kendaraan baru maupun bekas pasti memiliki kelebihan dan juga kekurangan. Apapun kondisi mobil yang ingin kamu kredit, tentu bisa menguntungkan jika kamu bisa mendapatkan manfaat maksimal dari pengajuan kredit tersebut.

Maka dari itu, agar mendapatkan manfaat yang maksimal, simak perbedaan dari kredit mobil baru dan mobil bekas untuk pertimbanganmu nantinya.

Besaran Suku Bunga

Saat mengucurkan dana kredit, lembaga keuangan seperti bank atau institusi lainnya pasti akan mempertimbangkan bermacam risiko yang akan ditanggung.

Kredit kendaraan bekas sudah pasti akan memiliki sejumlah risiko yang lebih tinggi bagi bank. Maka, bisa saja bank atau lembaga jasa keuangan akan menerapkan sejumlah bunga yang lebih tinggi pada kredit mobil bekas.

Besaran Uang Muka

Saat kamu berniat membeli sebuah kendaraan dengan cara kredit, maka satu hal yang wajib dipenuhi ialah menyediakan sejumlah uang muka. Jika peraturan dari Bank Indonesia, saat ingin mengajukan kredit kendaraan kamu harus menyiapkan uang muka minimal sebesar 25 persen hingga 30 persen dari harga kendaraan yang akan dibeli.

Sebagai contoh, jika kamu bermaksud untuk membeli mobil baru dengan kisaran harga Rp200 juta, maka setidaknya harus menyiapkan uang muka sebesar Rp50 juta-60 juta. Nominal itu bisa dikatakan sangat besar bagi kamu yang hanya memiliki dana terbatas.

Sementara, juka kamu mengajukan kredit mobil bekas dengan harga yang berada di kisaran Rp100 juta, maka kamu hanya perlu menyiapkan dana uang muka sebesar Rp25 juta-30 juta saja.

Garansi

Saat mengajukan kredit mobil yang memiliki kondisi masih baru, tentu akan mendapatkan garansi yang masih berlaku. Dengan adanya garansi tersebut, membuatmu lebih nyaman dan juga tenang. Lain halnya saat kamu membeli sebuah mobil bekas, terutama jika tahun produksi kendaraan yang dibeli sudah cukup lama. Hasilnya, kamu tidak akan mendapatkan garansi saat membeli mobil bekas.

Itulah perbandingan antara membeli mobil kredit yang masih baru dan bekas. Semoga bisa jadi bahan pertimbanganmu yang ingin membeli sebuah mobil.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait