Saham

Langkah-Langkah Membeli Saham untuk Investor Pemula

langkah-langkah membeli saham
Stock Market Graphs

Belum tahu langkah-langkah membeli saham? Jangan khawatir, redaksi Ajaib akan membagikan langkah-langkah membeli saham agar investor pemula bisa lebih mudah mengerti. Untuk itu, simak ulasan berikut ini.

Berinvestasi dalam saham adalah cara terbaik untuk menumbuhkan kekayaan. Beberapa cerita sukses mengenai keberhasilan dengan berinvestasi pasti membuatmu tertarik untuk segera berinvestasi di pasar saham yang luas. Dan kamu sudah memiliki dana untuk berinvestasi, atau hanya memiliki ratusan ribu rupiah untuk mencoba berinvestasi. Tetapi bagaimana kamu memulai investasi saham? Ikuti langkah-langkah membeli saham untuk pemula

Langkah-langkah Membeli Saham

Putuskan Bagaimana Kamu Ingin Berinvestasi dalam Saham

Ada beberapa cara untuk mendekati investasi saham. Pilih opsi di bawah ini yang paling mewakili bagaimana kamu ingin berinvestasi, dan bagaimana kamu ingin memilih saham tempat kamu berinvestasi.

  • “Aku tipe DIY (Do It Yourself) dan tertarik untuk memilih saham dan dana saham untuk diri saya sendiri.” 
  • “Saya tahu saham bisa menjadi investasi yang hebat, tetapi saya ingin seseorang mengelola proses untuk saya.” kamu mungkin menjadi kandidat yang baik untuk penasihat robo, layanan yang menawarkan manajemen investasi murah. Hampir semua perusahaan pialang besar menawarkan layanan ini, yang menginvestasikan uang kamu untuk kamu berdasarkan tujuan spesifik kamu. Jika kamu adalah tipe ini, investasi dengan AJAIB adalah pilihan yang cocok untukmu.

Setelah kamu memiliki preferensi di dalam pikiran dan mengerti bagaimana kamu akan berinvestasi dengan cara apa, kamu siap berbelanja dan memiliki sebuah akun investasi.

Buka Akun Investasi

Secara umum, untuk berinvestasi di saham, kamu memerlukan akun investasi. Untuk tipe hands-on, ini biasanya berarti akun broker. Bagi mereka yang ingin sedikit bantuan, membuka akun melalui robo-advisor adalah pilihan yang masuk akal. Kami memecah kedua proses di bawah ini.

Ketahui Perbedaan antara Saham dan Reksa Dana Saham

Pergi rute DIY? Jangan khawatir. Investasi saham tidak harus rumit. Bagi kebanyakan orang, investasi pasar saham berarti memilih di antara dua jenis investasi ini:

  • Reksa dana saham atau dana yang diperdagangkan di bursa. Reksa dana ini memungkinkan kamu membeli potongan kecil dari banyak saham yang berbeda dalam satu transaksi. Dana indeks dan ETF adalah sejenis reksa dana yang melacak indeks; misalnya, dana Standard & Poor’s 500 mereplikasi indeks itu dengan membeli saham perusahaan di dalamnya. Ketika kamu berinvestasi dalam dana, kamu juga memiliki bagian kecil dari masing-masing perusahaan tersebut. Kamu dapat mengumpulkan beberapa dana untuk membangun portofolio yang beragam. 
  • Saham individu. Jika kamu mengejar perusahaan tertentu, kamu dapat membeli satu saham atau beberapa saham sebagai cara untuk mencelupkan kaki kamu ke dalam perairan perdagangan saham. Membangun portofolio yang terdiversifikasi dari banyak saham individu itu mungkin, tetapi dibutuhkan investasi yang signifikan.

Kelebihan reksa dana saham adalah bahwa mereka secara inheren didiversifikasi, yang mengurangi risiko kamu. Tapi mereka tidak mungkin naik secara meteorik karena beberapa saham individu. Keuntungan dari masing-masing saham adalah bahwa pilihan yang bijak dapat menguntungkan dengan hasil yang banyak, tetapi kemungkinan bahwa setiap saham akan membuat kamu kaya sangat tipis.

Bagi sebagian besar investor – terutama mereka yang menginvestasikan tabungan pensiun mereka – membangun portofolio yang terutama terdiri dari reksa dana adalah pilihan yang jelas. Kamu juga dapat memulainya dengan investasi di platform AJAIB, platform ini memberikan pilihan investasi reksa dana hingga dana pensiun untuk kamu.

Tetapkan Anggaran

Investor baru sering memiliki dua pertanyaan dalam langkah proses ini:

  • Berapa banyak uang yang saya perlukan untuk mulai berinvestasi di saham? Jumlah uang yang kamu butuhkan untuk membeli satu saham tergantung pada seberapa mahal saham tersebut. (Harga saham dapat berkisar dari hanya beberapa ratusan ribu rupiah hingga ratusan juta rupiah.) Jika kamu ingin menggunakan reksa dana dan memiliki anggaran yang kecil, dana yang diperdagangkan di bursa mungkin merupakan taruhan terbaik kamu. 
  • Berapa banyak uang yang harus saya investasikan dalam saham? Jika kamu berinvestasi melalui dana, sudahkah kamu menyebutkan ini sebagai preferensi kamu? Kamu dapat mengalokasikan sebagian besar portofolio kamu ke dana saham, terutama jika kamu memiliki cakrawala waktu yang lama. Investasi 30 tahun untuk pensiun mungkin memiliki keuntungan hingga 80% dari portofolionya dalam dana saham; sisanya adalah dana obligasi. Stok individual adalah cerita lain. Kami menyarankan kamu menyimpannya hingga 10% atau kurang dari portofolio investasi kamu.

Mulai Berinvestasi

Investasi saham dipenuhi dengan strategi dan pendekatan yang rumit, namun beberapa investor paling sukses telah melakukan lebih dari sekadar untuk tetap pada dasar-dasarnya. Itu umumnya berarti menggunakan dana untuk sebagian besar portofolio kamu – Warren Buffett dengan terkenal mengatakan dana indeks S&P 500 yang murah adalah investasi terbaik yang dapat dilakukan kebanyakan orang Amerika – dan memilih saham individual hanya jika kamu percaya pada potensi perusahaan untuk jangka panjang. Pertumbuhan.

Jika saham individu menarik bagi kamu, belajar untuk meneliti saham layak waktu kamu. Jika kamu berencana untuk tetap menggunakan reksa dana, membangun portofolio sederhana berbasis luas, opsi berbiaya rendah harus menjadi tujuan kamu. Kamu bisa menggunakan platform Ajaib untuk memulainya, dengan menginvestasikan dana dari hanya ratusan ribu, kamu dapat memiliki pilihan investasi yang beragam. Ajaib juga sudah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk membuat pengalaman investasimu menjadi lebih tenang dan aman. Yuk, mulai investasi sekarang! Kamu dapat mengunduh aplikasi Ajaib di iOS dan Android, gratis!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait