Milenial

Lakukan Beberapa Hal Ini Sebelum Tukar Tambah Mobil

seorang pria menyerahkan kunci mobil pada pria lainnya

Ajaib.co.id – Teknologi pada setiap mobil dari tahun ke tahun terus mengalami perkembangan. Hal ini menjadi objek utama para produsen mobil dalam berinovasi dan mengeluarkan produk terbaru dengan teknologi yang baru juga. Selain memberikan tambahan keamanan dan kemudahan dalam mengendarai mobil, hal ini juga menjadi taktik jitu untuk menarik pasar agar beralih ke merek suatu mobil yang baru saja mengeluarkan produk terbarunya.

Alhasil, hal ini menjadi ajang para penikmat mobil untuk mengganti kendaraannya ke jenis yang terbaru. Dengan desain, mesin, dan teknologi yang baru, tentu menambah semangat mereka untuk mengganti mobil. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan mobil keluaran terbaru tersebut adalah dengan tukar tambah.

Untuk melakukan tukar tambah mobil, kamu sebagai pemilik mobil bisa melakukannya di beberapa diler dan showroom mobil. Akan tetapi, sebelum memutuskan untuk tukar tambah mobil, kamu harus memperhatikan beberapa hal yang akan menunjang penilaian harga mobil oleh pihak diler resmi atau showroom.

Hal ini berkaitan dengan kondisi mobil meliputi kondisi badan mobil, mesin, jarak tempuh, dan hal-hal yang mempengaruhi harga jual mobil. Nah, untuk mendapatkan nilai taksiran dari mobil yang dimiliki pada saat melakukan proses tukar tambah, ada beberapa hal yang bisa kamu perhatikan dan lakukan untuk mendapatkan harga jual yang menguntungkan. Berikut penjelasannya.

Memoles Ulang Bagian Mesin dan Bodi Mobil

Untuk menambah nilai jual dari mobil yang kamu miliki, usahakan untuk rajin dalam merawatnya. Perawatan bisa dilakukan mulai dari bagian mesin dengan melakukan servis rutin, penggantian oli, dan bagian penting lainnya. Sedangkan pada bagian bodi mobil, kamu bisa memeriksa baret-baret dan warna cat yang mulai pudar atau tidak mengkilap.

Dengan mengetahui bagian dari bodi mobil mana yang harus dipoles, kamu bisa menggunakan jasa poles mobil hingga membuat catnya kembali baru dan mengkilap. Hal ini dilakukan untuk menambah nilai jual saat kamu mengajukan penjualan mobil ke beberapa diler resmi. Dengan bodi mobil yang bagus, proses cek oleh teknisi resmi dapat menilai kondisi mobil sangat layak untuk dijual.

Sebisa Mungkin untuk Menjual Mobil Sebelum Jarak Tempuh di Angka 80.000 km

Hal yang menjadi nilai tambah dari penjualan mobil bekas biasanya ada pada jarak tempuh mobil. Di tahun pertama, biasanya harga jual mobil akan turun sebesar 25%. Hal ini juga didukung dengan jarak tempuh suatu mobil yang sudah melebihi angka 80.000 km. Kondisi jarak tempuh ini mempengaruhi kondisi mobil meliputi kualitas, durabilitas, dan kenyamanan saat dikendarai.

Bagi kamu yang tidak menggunakan mobil sebagai alat transportasi harian atau tidak untuk jalan jauh, ada kemungkinan angka 80.000 km bisa ditempuh cukup lama alias bertahun-tahun sehingga ada kemungkinan bisa untuk menjual mobil sebelum mencapai jarak tempuh tersebut.

Selalu Cek Harga Mobil di Pasaran

Sebelum melakukan tukar tambah mobil yang kamu miliki, selalu update tentang harga merek mobil tersebut di pasaran. Kamu bisa mengeceknya melalui situs jual beli mobil bekas atau beberapa diler resmi yang menjual merek mobil tersebut. Berapa harga rata-rata para penjual dalam memasarkan merek mobil tersebut.

Dengan mengetahui harga pasar, kamu bisa menyesuaikan harga yang akan dipasang dengan menilainya berdasarkan kondisi mobil. Hal ini dilakukan agar kamu terhindar dari taksiran harga yang rendah.

Memilih Diler yang Resmi dan Tepercaya

Tukar tambah mobil biasanya dilakukan di beberapa diler mobil. Oleh karena itu, kamu harus memilih diler-diler resmi ketika akan mengajukan tukar tambah. Selain keamanan dan nilai jual yang pastinya sesuai pasaran, kamu juga bisa menemukan pilihan mobil yang menjadi incaran karena diler resmi biasanya memiliki stok pilihan mobil yang lengkap.

Tukar Tambah di Pameran Otomotif

Untuk mendapatkan harga mobil yang menjadi incaran kamu dengan potongan harga bisa dilakukan melalui pameran otomotif seperti Indonesia Motor Show atau GIIAS hingga GAIKINDO Indonesia International Auto Show atau GIIAS. Biasanya beberapa diler resmi yang bergabung menjadi tenant di acara tersebut akan menyediakan stok baru dengan potongan harga spesial. Oleh karena itu, ajang pameran otomotif bisa menjadi pilihan untuk kamu kunjungi saat akan tukar tambah mobil.

Menggunakan Aktivasi Asuransi

Menggunakan layanan asuransi pada mobil yang kamu miliki akan menambah daya jual mobil nantinya. Di mana, hal ini berarti kamu sebagai pemilik mobil memiliki rasa kepedulian dalam merawat kendaraan yang dimiliki tersebut. Ada banyak layanan asuransi mobil yang dapat digunakan untuk melindungi mobil dari kejadian yang tidak diinginkan seperti bodi mobil penyok, pecah kaca, dan masih banyak lainnya.

Setelah mengetahui beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memutuskan tukar tambah mobil, kamu bisa memulai untuk mencari diler-diler resmi dan tepercaya yang menawarkan tukar tambah mobil dengan jenis baru. Ketika proses pengecekan kondisi mobil yang kamu miliki juga akan berjalan dengan lancar karena kondisi yang terawat.

Hal ini jelas akan mempengaruhi harga taksiran pada mobil yang dimiliki. Dengan begitu, kamu dapat mempersiapkan biaya tambahan yang harus dikeluarkan untuk membeli mobil baru. Tentunya dengan nilai yang tidak terlalu besar selisihnya dari nilai jual mobil kamu sebelumnya karena kondisi dan perawatan baik.

Memilih diler resmi untuk melakukan proses tukar tambah mobil juga sama halnya dengan memilih platform resmi untuk berinvestasi. Kamu bisa memilih layanan investasi yang telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Indonesia Stock Exchange (IDX) seperti aplikasi Ajaib. Ajaib merupakan media investasi online yang dapat membantu kamu berinvestasi di instrumen reksa dana dan saham.

Investasi saham melalui Ajaib akan memberikan kemudahan bagi kamu dalam memilih emiten-emiten saham. Mulai dari keuntungan pembagian dividen hingga capital gain pada saham yang dimiliki. Selain itu, kamu bisa membuat rekening saham agar bisa bertransaksi saham langsung dari aplikasi Ajaib yang dapat diakses melalui smartphone. Investasi saham di Ajaib tentu akan membantu kamu dalam melakukan perencanaan keuangan untuk kebutuhan di masa mendatang. Jadi tunggu apalagi, download aplikasi Ajaib di smartphone kamu dan temukan kemudahan dalam berinvestasi sekarang.

Artikel Terkait