Jenis-Jenis Asuransi yang Ada di Indonesia Serta Urgensinya

jenis-jenis asuransi
jenis-jenis asuransi

Jenis-jenis asuransi yang ditawarkan di Indonesia memang begitu beragam, di mana setiap jenis asuransi yang ingin dipilih menawarkan keuntungan dan manfaat yang disesuaikan berdasarkan kebutuhan kamu saat ini.

Dengan begitu banyaknya jenis asuransi yang kini ditawarkan oleh para perusahaan asuransi membuat kamu menjadi sulit untuk menentukan pilihan asuransi mana yang ingin dibeli.

Memilih suatu produk apapun, tidak boleh dipilih secara asal-asalan jika kamu ingin mendapatkan manfaat maksimal dari produk yang kamu beli tersebut. Hal ini juga berlaku untuk pemilihan jenis asuransi yang ada di Indonesia saat ini.

Ngomong-ngomong, sudah ada yang tahu belum, ada berapa jenis asuransi yang ditawarkan di Indonesia? Setidaknya, saat ini ada 10 jenis asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi kepada kamu. Berikut 10 jenis asuransi yang ada di Indonesia:

Asuransi Kesehatan

Jenis asuransi ini pasti familiar di telinga kamu semua, karena manfaat dari asuransi kesehatan adalah memberikan perlindungan ketika kamu jatuh sakit. Asuransi kesehatan layaknya seperti BPJS, yang membedakan hanyalah jumlah biaya yang perlu dibayarkan setiap bulannya saja. Umumnya, biaya premi bulanan untuk asuransi kesehatan lebih mahal ketimbang BPJS.

Hal ini dikarenakan, asuransi kesehatan dijadikan sebagai dana darurat atau dana tambahan untuk biaya kesehatan yang tidak ditanggung oleh BPJS itu sendiri. Kamu bisa menggunakan asuransi kesehatan berdasarkan kontrak polis di rumah sakit yang memang sudah menjadi mitra dari asuransi yang kamu beli tersebut.

Jadi, baik itu asuransi kesehatan dan BPJS, kedua-duanya sama-sama penting untuk dimiliki dan saling melengkapi satu dengan yang lain.

Asuransi Jiwa

Berbeda halnya dengan jenis asuransi kesehatan, asuransi jiwa memberikan keuntungan secara finansial bagi pemilik polis yang meninggal dunia. Di mana, hal ini sangat bermanfaat untuk meringankan beban keuangan bagi anggota yang ditinggalkan.

Asuransi jiwa ini sangat cocok sekali bagi kamu sebagai kepala rumah tangga, yang tentunya memiliki tanggung jawab untuk menafkahi keluargamu, yaitu pasangan dan anak tercinta.

Asuransi Kendaraan

Saat ini memiliki kendaraan pribadi memang sudah menjadi sebuah kebutuhan. Oleh karena itu, kegunaan dari kendaraan pribadi tersebut begitu diandalkan untuk menunjang aktivitas sehari-hari pengguna. Inilah salah satu alasan mengapa jenis asuransi kendaraan semakin populer di masyarakat Indonesia.

Keuntungan dan manfaat dari asuransi kendaraan ini untuk melindungi kendaraan milikmu jika sewaktu-waktu mengalami kerusakan seperti tabrakan, tertimpa pohon, akibat kerusuhan, dll. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan pertanggungan jika mobil yang dikendarai menabrak orang lain dan menimbulkan cedera pada orang tersebut.

Asuransi Pendidikan

Tentu kamu memiliki keinginan di suatu hari untuk bisa menyekolahkan anakmu setinggi-tingginya. Jika demikian, asuransi pendidikan menjadi solusi terbaik untuk hal tersebut. Ini juga tak terlepas dari semakin tingginya biaya pendidikan di Indonesia dari waktu ke waktu.

Bukan hanya pendaftaran siswa baru saja melainkan juga ada biaya-biaya lainnya seperti uang buku, uang gedung, uang seragam, dll. Ini semua biaya-biaya yang perlu kamu keluarkan untuk membiayai pendidikan anakmu hingga ke jenjang pendidikan tertinggi.

Dengan memiliki asuransi pendidikan, kamu tak perlu takut lagi dengan hal tersebut karena akan ditanggung oleh asuransi pendidikan yang dimiliki.

Asuransi Perjalanan

Bagi kamu yang super sibuk dengan banyak melakukan kunjungan kerja atau perjalanan dinas ke luar kota ataupun luar negeri. Jenis asuransi perjalanan domestik ataupun internasional bisa melindungi kamu dari risiko kerugian. Misalnya saja kecelakaan, keterlambatan pesawat, pembatalan penerbangan, kehilangan koper, dll.

Hal tersebut menjadi keuntungan bagi kamu pemilik asuransi perjalanan di mana kamu akan mendapatkan biaya pertanggungan. Kamu akan dikenakan biaya per hari ketika membeli asuransi perjalanan tergantung dari berapa lama perjalanan dinas yang dilakukan.

Asuransi Properti

Aset tak bergerak juga tidak boleh luput dari perhatian kamu. Apalagi jika aset tak bergerak tersebut adalah sebuah properti atau rumah selain harganya yang terus mengalami peningkatan setiap tahunnya dan bisa dijadikan investasi cuan besar.

Kamu juga perlu memiliki asuransi properti untuk rumahmu, karena jenis asuransi ini fokus terhadap tanggungan dari rumahmu yang tiba-tiba bisa mengalami hal yang tak terduga seperti konsleting listrik yang menimbulkan kebakaran. Pihak asuransi akan mengganti kerugian finansial yang kamu alami tersebut.

Asuransi Bisnis

Jenis asuransi ini berfokus terhadap perlindungan bisnismu seperti menjamin asuransi kesehatan, asuransi jiwa untuk karyawanmu. Yang mana, seiring dengan tuntutan zaman saat ini karyawan merupakan aset paling berharga bagi setiap perusahaan.

Sehingga sudah layak dan menjadi kewajiban bagi perusahaan untuk memberikan perlindungan yang maksimal bagi para karyawannya agar mereka merasa nyaman ketika bekerja.

Asuransi Kelautan

Transportasi lewat laut memang banyak digunakan di Indonesia, tak terlepas dari fakta bahwa wilayah Indonesia didominasi oleh laut. Jenis asuransi kelautan ini memang dikhususkan bagi kamu yang memiliki usaha di jasa kelautan seperti kapal barang dan sebagainya.

Dengan jenis asuransi ini, kamu akan mendapatkan proteksi dari risiko kerugian seperti kapal mengalami kerusakan serta orang-orang atau penumpang yang mengalami kecelakaan ketika menggunakan jasamu.

Asuransi Kredit

Asuransi kredit memberikan perlindungan bagi pihak bank dan lembaga keuangan lainnya yang memberikan pinjaman uang kepada nasabah. Jika sewaktu-waktu, debitur tersebut tidak mampu melunasi utang kepada pihak bank yang memberikan pinjaman, asuransi kredit akan memproteksi hal tersebut dan menanggung kerugian yang dialami pihak pemberi pinjaman tersebut.

Asuransi Umum

Penggantian kerugian yang dialami oleh tertanggung yang meliputi asuransi kendaraan, asuransi perjalanan, asuransi pengangkutan, asuransi komersial, asuransi properti, dan asuransi kesehatan.

Jenis-jenis Asuransi Berdasarkan Urutan Kebutuhannya

Setelah mengetahui 10 jenis asuransi yang ada di Indonesia, yang menjadi pertanyaan adalah dari kesepuluh jenis asuransi di atas, jenis asuransi mana yang perlu kamu prioritas terlebih dahulu. Berikut ini urutannya:

  • Asuransi kesehatan
  • Asuransi jiwa
  • Pendidikan
  • Properti
  • Asuransi kendaraan

Kelima jenis asuransi ini menjadi asuransi prioritas yang disarankan untuk dimiliki oleh generasi milenial. Itulah 10 jenis asuransi yang perlu kamu ketahui sebelum kamu membelinya, cerdas dan bijaklah dalam memilih jenis asuransi yang sesuai dengan kebutuhan jika ingin mendapatkan manfaat dan keuntungan asuransi yang maksimal.

Bacaan menarik lainnya:

OJK. (2019). Statistik Perasuransian Indonesia, 2019. Otoritas Jasa Keuangan.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait