Inilah 8 Jenis Asuransi di Indonesia yang Perlu Diketahui

jenis asuransi di Indonesia
jenis asuransi di indonesia

Bagi kamu yang ingin memanfaatkan asuransi, tentunya kamu perlu tahu apa saja jenis asuransi di Indonesia. Oleh karenanya, redaksi Ajaib akan menjabarkan jenis asuransi di Indonesia sebagai berikut ini.

Asuransi merupakan alternatif investasi yang dinilai sangat baik dan bisa meminimalisir atas kejadian tak terduga. Asuransi dinilai sangat menguntungkan untuk kehidupan pribadi ataupun berkeluarga di masa depan.

Definisi asuransi menurut web Otoritas Jasa Keuangan merupakan perjanjian antara penyedia jasa asuransi dengan masyarakat. Nantinya, masyarakat sebagai tertanggung diwajibkan untuk membayar sejumlah premi atau uang. Uang ini nanti bakal dijadikan pergantian untuk risiko berupa kerugia, kerusakan, kematian, dan kehilangan keuntungan yang diharapkan.

Asuransi ada banyak jenisnya. Setidaknya ada delapan jenis asuransi di Indonesia yang wajib kamu ketahui. Apa saja itu? Simak selengkapnya di artikel ini.

Asuransi kesehatan

Asuransi pertama yang akan kami bahas adalah yang paling populer di kalangan pekerja, yakni asuransi kesehatan. Asuransi ini sangat kental engan kesehatan. Perusahaan menengah hingga besar selalu memberikan asuransi kesehatan kepada setiap pegawainya yang sudah menjadi bagian tetap. Biasanya ada dua jenis yang diberikan, yakni asuransi rawat jalan dan rawat inap.

Namun, asuransi kesehatan bisa kamu dapatkan dengan cara individu atau untuk orang lain, misalnya keluarga.

Risiko yang dilindungi dari asuransi kesehatan antara lain: sakit, cedera atau terluka, hingga kematian akibat kecelakaan kerja.

Manfaat: Pergantian biaya perawatan sepenuhnya ditanggung oleh perusahaan asuransi kesehatan.

Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa memberikan perlindungan khusus atas risiko kematian atau kondisi ketika seseorang tak lagi bisa mencari nafkah, misalnya akibat kecelakaan. Sebagai contoh, jika kamu seorang yang ikut dalam asuransi jiwa meninggal dunia, maka pihak tertanggung bakal mendapatkan dana asuransinya.

Biasanya, yang menjadi tertanggung adalah keluarga kamu. Misalnya, orang tua, istri, dan anak-anak. Dengan asuransi jiwa ini, kelangsungan hidup anak-anak kamu akan dilindungi, meski kamu sudah meninggal dunia.

Risiko yang dilindungi dari asuransi jiwa: kematian, keadaan fatal sehingga tak bisa lagi mencari nafkah.

Manfaat: Asuransi ini melindungi masa depan keuangan ketika pencari nafkah dalam keluarga berhalangan secara permanen (meninggal atau mengalami cacat permanen).

Asuransi Kendaraan

Bagi kamu yang memiliki kendaraan, baik itu mobil atau motor, kamu wajib punya asuransi kendaraan. Sebab, asuransi jenis ini melindungi risiko dari hal-hal buruk yang bisa saja terjadi pada kendaraan kamu Seperti asuransi kendaraan mobil misalnya, yang terdiri dari dua jenis, yakni asuransi total loss only dan all risk.

Perlindungan asuransi jenis ini mencakup kehilangan hingga kerusakan total yang dialami kendaraan. Sementara proteksi all risk termasuk lecet pada body mobil, yang sering terjadi akibat senggolan di jalan. Umumnya jenis asuransi ini lebih banyak dibeli untuk kendaraan produksi lama. Namun untuk kendaraan baru, yang dibeli secara kredit biasanya juga dilindungi dengan jenis all risk.

Risiko yang dilindungi dari asuransi kendaraan antara lain: kerusakan atau kehilangan kendaraan.

Manfaat: Jenis asuransi ini bisa mengurangi kerugian akibat insiden yang melibatkan kendaraan yang dimiliki.

Asuransi Properti

Sesuai dengan namanya, asuransi ini melindungi barang-barang properti dan aset milik kamu jika ada sebuah tragedi. Tragedi yang dimaksud dalam hal ini seperti pencurian, kerusakan atas bencana alam, hingga kebakaran. Properti yang dilindungi antara lain, rumah, ruko, hingga gedung bertingkat. Bila rumah kamu berada dalam daerah rawan, seperti banjir yang sering terjadi di Jakarta, asuransi properti layak dipertimbangkan.

Risiko yang dilindungi dari asuransi properti antara lain: kehilangan aset properti.

Manfaat: Asuransi ini membantu kamu mengurangi tingkat kerugian akibat musibah yang menimpa properti.

Asuransi Perjalanan

Untuk yang hobi jalan-jalan ke luar kota atau luar negeri, kamu layak mempertimbangkan asuransi perjalanan. Sebab, asuransi ini melindungi kamu dari risiko yang bisa terjadi dalam perjalanan, seperti koper yang hilang di bandara. Bahkan musibah yang lebih serius pun bisa diklaim, seperti sakit dalam perjalanan, hingga kecelakaan.

Risiko yang dilindungi asuransi perjalanan adalah: sakit, kehilangan barang, kecelakaan, meninggal, pesawat delay.

Manfaat: Asuransi ini membantu kamu meringankan biaya yang timbul akibat insiden yang terjadi saat dalam perjalanan.

Asuransi Bisnis

Bagi seorang pebisnis, tentu sudah paham dengan asuransi jenis ini. Pasalnya, bisnis punya risiko yang bisa saja menimpa aset hingga peralatan kerja, bahkan karyawannya. Karyawan dalam sebuah perusahaan bakal mendapat asuransi kesehatan sebagai bagian dari fitur asuransi bisnis.

Risiko yang dilindungi dari asuransi bisnis antara lain: kehilangan atau berkurangnya aset sehingga berpengaruh pada bisnis.

Manfaat: Asuransi jenis ini biasanya berjaga-jaga bila bisnis tidak lancar dan bisa menjadi daya tarik agar karyawan bisa tenang bekerja.

Asuransi Pendidikan

Sejak dulu hingga sekarang, pendidikan sangatlah penting untuk menata masa depan. Karena faktor tersebut, asuransi pendidikan membantu kamu memberikan perlindungan tentang kepastian pendidikan anak dalam berkeluarga.

Asuransi ini sangat populer sejak dua tahun terakhir. Sebab, banyak orang tua yang menyadari biaya pendidikan semakin besar setiap tahunnya. Asuransi ini sering dimanfaatkan untuk merencanakan pendidikan anak dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi di luar negeri.

Risiko yang dilindungi dari asuransi pendidikan antara lain: biaya pendidikan anak.

Manfaat: Asuransi ini meringankan kamu dalam hal pengeluaran untuk membiayai pendidikan anak hingga jenjang kuliah.

Asuransi Disabilitas

Sebagai pemberi perlindungan, jenis asuransi ini mungkin tak selalu dibutuhkan semua orang. Asuransi disabilitas adalah asuransi yang menjadi payung atas risiko yang membuat seseorang menjadi difabel atau cacat. Mereka yang kerjanya di bidang berisiko tinggi adalah yang paling membutuhkan.

Termasuk tentara yang kerap bertugas di wilayah rawan. Bila pemilik polis jenis asuransi ini mengalami disabilitas, misalnya kelumpuhan, akan ada uang pertanggungan sebagai perlindungan finansial.

Risiko yang dilindungi dari asuransi ini adalah: penyandang disabilitas.

Manfaat: Asuransi ini menjaga kelangsungan kehidupan ketika tak lagi bisa mencari nafkah seperti sebelumnya.

Itulah delapan jenis asuransi di Indonesia yang perlu kamu ketahui. Kira-kira, jenis asuransi mana yang cocok untuk kamu?

Bacaan menarik lainnya:

OJK. (2019). Statistik Perasuransian Indonesia, 2019. Otoritas Jasa Keuangan.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait