Ekonomi

Ini Trik Menghindari Modus Penipuan Pinjaman Online

Ilustrasi Modus Penipuan Pinjaman Online
Ilustrasi Modus Penipuan Pinjaman Online

Ajaib.co.id – Di zaman yang sangat mengandalkan teknologi, pada layanan keuangan juga memanfaatkannya untuk mempermudah nasabahnya. Salah satunya adalah dengan hadirnya pinjaman online atau yang biasa disebut pinjol. Sudah banyak aplikasi dari para layanan keuangan yang menyediakan pinjaman tanpa agunan yang dapat diakses dengan mudah melalui smartphone untuk pengajuan maupun pembayarannya.

Dengan iming-iming kemudahan, ada banyak produk pinjaman uang yang disediakan. Pinjaman dana ini cepat cair. Sayangnya sejumlah dana yang keluar ini justru malah menjadi modus penipuan pinjaman online. Penipuan berkedok pinjaman online ini umumnya meminta sejumlah dana yang sering disebut dengan biaya administrasi.

Tak hanya itu saja, ada banyak ciri ciri modus penipuan pinjaman online yang bertebaran aplikasinya di smartphone. Seperti misalnya penyalahgunaan data pribadi hingga penggelapan uang. Bahkan banyak lembaga keuangan yang kurang bertanggung jawab karena tidak mencairkan dananya.

Ciri Ciri Pinjaman Online yang Terpercaya

Dalam melakukan transaksi keuangan online, tentu kamu harus lebih teliti supaya tidak terjebak dalam penipuan ini. Jangan sampai kamu mudah percaya karena kemudahan melakukan pinjamannya secara online. Berikut ini ciri dari pinjaman online yang terpercaya.

1. Terdaftar di OJK

Sebagai penyedia layanan keuangan, tentu perusahaan tersebut harus terdaftar dan diawasi secara resmi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kamu harus jeli ketika memilih perusahaan pinjaman online dan memastikan apakah perusahaan tersebut terdaftar oleh OJK atau tidak.

Sebagai lembaga pengawas jasa keuangan, OJK memiliki daftar-daftar penyedia pinjaman online yang telah terpercaya. Usahakan untuk menghindari perusahaan pinjaman online yang tidak terdaftar OJK.

2.  Persyaratan Pinjaman Masuk Akal

Selanjutnya adalah pastikan persyaratan untuk meminjam harus masuk akal. Biasanya aplikasi pinjaman online akan meminta foto e-KTP calon debitur, NPWP, dan bukti transaksi rekening bank selama 3 bulan terakhir. Malahan ada beberapa aplikasi pinjaman online yang meminta bukti riwayat kredit sebelumnya dan juga meminta akses ke aplikasi e-commerce agar bisa melihat kemana kamu pernah mengirim barang-barang pembelian belanja online kamu.

Jika kamu menemukan sebuah aplikasi pinjaman online yang meminta persyaratan yang sangat mudah bagi para calon debiturnya, kamu justru harus mencurigai tersebut. Jangan tergiur dengan mudahnya persyaratan. Semakin mudah, justru semakin berbahaya untuk kamu.

3.Mudah Dihubungi

Sebuah penyedia layanan keuangan tentunya harus mudah dihubungi. Maksudnya adalah mereka harus memiliki nomor customer service, alamat kantor yang jelas, dan hal-hal lainnya. Jika ada penyedia layanan yang tidak memiliki nomor telepon dan alamat kantor yang jelas, sebaiknya kamu langsung uninstall aplikasi tersebut.

Dengan adanya kontak yang jelas, tentu akan memudahkan kamu jika kedepannya terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Kamu bisa langsung menghubungi pihak pinjaman online dengan mudah. Termasuk bisa melakukan follow up terhadap pinjaman yang kamu lakukan.

4. Bunga yang Transparan

Penyedia pinjaman online harus sangat terbuka dengan proses pengajuan pinjaman dan transparansi besaran bunga. Mereka juga harus menjelaskan secara detail mengenai waktu atau tempo pembayaran. Selain itu, mereka juga harus menjelaskan bagaimana cara penagihan mereka kepada para debiturnya.

Maka dari itu, kamu juga bisa mengetahui besaran tagihan setelah bunga dan tidak ada bunga yang secara tiba-tiba naik dan justru akan sangat memberatkan kamu. Selain itu, dengan mengetahui cara penagihan mereka, pihak pinjaman online juga harus mematuhi prosedur yang mereka buat dan tidak akan mengganggu privasi kamu dan juga orang-orang terdekat kamu.

Banyak kasus yang menyebutkan bahwa aplikasi pinjaman online secara diam-diam justru mengambil daftar kontak yang ada di smartphone kamu. Ketika kamu telat bayar, mereka justru mengirimkan pesan ke semua kontak yang ada di smartphone kamu dan memberitahu mereka bahwa kamu memiliki tunggakan. Pasti ini akan sangat memalukan untuk kamu.

5.    Memiliki Situs Resmi

Ketika kamu ingin berbelanja suatu barang dengan nominal yang cukup mahal, biasanya kita akan melihatnya dulu apakah mereka memiliki situs resmi untuk mengecek kelayakan produknya. Sama halnya dengan pinjaman online.

Untuk mengecek kredibilitas layanan pinjaman online, tentu kita harus melihat apakah mereka memiliki situs resmi atau tidak. Biasanya, situs layanan keuangan memiliki berbagai informasi yang membuat mereka lebih terlihat kredibel, seperti nomor customer service, alamat kantor, dan lainnya.

Mengenal Kelebihan Pinjaman Online

Tentunya pinjaman online menjadi salah satu solusi yang banyak dipilih orang untuk mendapatkan pinjaman dengan mudah. Maka dari itu, kenali kelebihan dari pinjaman online seperti berikut ini.

1.    Praktis

Mudahnya mengakses aplikasi pinjaman online lewat smartphone tentu menjadi nilai tambah dan membuatnya lebih menarik bagi para calon debitur. Proses pengecekan kelayakan dokumen pun dilakukan secara online, tanpa harus bertatap muka sekalipun. Hanya butuh smartphone di genggaman dan internet.

2.    Proses Cepat

Proses pengecekan kelayakan debitur di aplikasi pinjaman online juga sangat cepat. Prosesnya hanya membutuhkan 3 hingga 7 hari kerja sejak pengajuan. Setelah disetujui, pencairan dana dapat dilakukan kurang dari 24 jam dan akan masuk ke rekening masing-masing. Setelah cair, kamu bisa langsung menggunakannya dengan mudah lewat mobile banking.

3.    Transparan

Sebelum kamu mengajukan pinjaman, kebanyakan aplikasi pinjaman online akan menunjukkan simulasi pinjaman sesuai nominal yang ingin diajukan. Dalam simulasi itu, terlihat berapa besaran bunga yang akan ditangguhkan kepada debitur, lengkap dengan tempo, dan tanggal jatuh temponya. Dengan begini, para calon debitur akan mendapatkan informasi lengkap mengenai pinjamannya.

Itulah beberapa hal-hal yang perlu kamu perhatikan mengenai pinjaman online dan dapat dijauhi dari modus penipuan pinjaman online. Nah, sebaiknya kamu melakukan pinjaman online untuk hal-hal yang lebih produktif ya, seperti untuk membuka usaha atau berinvestasi agar uang kamu bisa berkembang.

Sekarang investasi juga bisa dilakukan dengan mudah hanya lewat aplikasi, seperti melakukan pinjaman online. Kamu bisa melakukan investasi lewat aplikasi Ajaib, yaitu aplikasi yang memberikan layanan berupa investasi saham, investasi reksadana, dan juga trading saham. Sebagai layanan keuangan, aplikasi Ajaib juga terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Uang kamu akan berkembang bersama Ajaib dan juga aman.

Artikel Terkait