Keuntungan Menggunakan Asuransi BNI Life

Asuransi BNI Life

Ajaib.co.id – Saat ini masih banyak orang yang masih merasa khawatir atas jaminan kesehatannya. Padahal mereka telah membeli produk asuransi. Walaupun membayar premi yang mahal, produk asuransi tidak meng-cover biaya perawatan atas penyakitnya. Bagaimana dengan Asuransi BNI Life?

Apa itu Asuransi BNI Life?

Sebelum kamu mengetahui BNI Life, kamu harus mengetahui terlebih dulu apa itu asuransi? Menurut Wikipedia, asuransi adalah pertanggungan atau perjanjian antara dua belah pihak, di mana pihak satu berkewajiban membayar iuran/kontribusi/premi. Sedangkan, pihak lainnya memiliki kewajiban memberikan jaminan sepenuhnya kepada pembayar iuran/kontribusi/premi jika terjadi sesuatu yang menimpa pihak pertama atau barang miliknya sesuai dengan perjanjian yang sudah dibuat).

Sedangkan, asuransi kesehatan merupakan produk pertanggungan yang menjamin kesehatan seseorang atau pembeli asuransi itu sendiri. BNI LIfe merupakan salah satu asuransi yang menawarkan produk asuransi kesehatan. Asuransi yang dimiliki oleh Bank Nasional Indonesia (BNI) ini memiliki beberapa produk, salah satunya BNI Life Plan Multi Protection. Produk BNI Life Plan Multi Protection memberikan jaminan atas ketersediaan dana kepada kamu di masa yang akan datang melalui biaya premi yang dibayarkan tiap bulannya.

Selain itu, produk asuransi kesehatan milik BNI Life ini juga memberi asuransi tambahan. Sehingga, kamu bisa memperoleh jaminan atau perlindungan kesehatan dengan maksimal. Dengan begitu, kamu tak perlu khawatir saat harus mengalami risiko penyakit kritis. 

Produk Asuransi Kesehatan BNI Life

Sebagai salah satu penyedia produk asuransi di Indonesia, BNI memiliki beberapa produk asuransi kesehatan yang dapat kamu gunakan dan menjamin kesehatan kamu sebagai nasabahnya, apa saja itu?

#1 Asuransi Individu

a. Optima Medica

Optima Medica merupakan produk asuransi kesehatan dari BNI Life yang memberikan berbagai pilihan paket perlindungan kesehatan dengan pilihan santunan rawat inap di rumah sakit dan manfaat tambahan menarik seperti santunan harian, ICU, biaya operasi, hingga santunan meninggal dunia.

Asuransi ini memiliki berbagai keunggulan yang bisa kamu pertimbangkan sebagai asuransi kesehatan seperti:

  • Kebebasan memilih plan dan manfaat santunan untuk rawat inap di rumah sakit sesuai kebutuhan dan kemampuan.
  • Premi asuransi yang terbilang relatif murah dan dapat disesuaikan dengan usia dan plan yang diambil.
  • Pemberian santunan duka apabila tertanggung meninggal dunia yang akan diberikan kepada ahli waris.
  • Pengembalian premi pada akhir masa asuransi sebesar 50% dari total premi yang telah dibayarkan jika terjadi klaim atau pengembalian premi sebesar 75% jika tidak terjadi klaim.
  • Memberikan santunan harian meskipun nasabahnya telah dijamin oleh asuransi kesehatan lainnya.
  • Kebebasan memilih rumah sakit mana saja di seluruh dunia untuk melakukan rawat inap.
  • Perolehan santunan ganda bila kamu di rawat di ruang ICU atau ICCU (maksmal 10 hari perawatan) sebsar 2 kali dari santunan harian rumah sakit yang dipilih.
  • Pembayaran premi asuransi kesehatan yang fleksibel dan bisa dilakukan transfer, setor tunai, autodebet, BNI Plus atau cicilan kartu kredit

b. Spectra Health Care

Ini adalah produk asuransi kesehatan terbaik dari BNI Life yang dikhususkan bagi kamu dan keluargamu untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang maksimal serta pengobatan terbaik setiap saat akibat risiko penyakit atau kecelakaan.

Dengan asuransi ini, kamu akan mendapatkan uang penggantian 100% dari biaya rawat inap (tercatat dalam kuitansi) dengan batasan maksimum yang disesuaikan pada tabel manfaat. Selain rawat inap, asuransi ini juga memberikan penggantian biaya rawat jalan sebesar 80% (tercatat dalam kuitansi), dan biaya persalinan sebesar 100% (tercatat dalam kuitansi) sesuai tabel manfaat. Di bawah ini adallah keunggulan Asuransi kesehatan Spectra Health Care:

  • Penyediaan perawatan rumah sakit yang lengkap seperti: rawat inap, rawat jalan, atau santunan persalinan.
  • Premi asuransi yang terjangkau mulai dari Rp600 ribu per tahun dengan pilihan plan manfaat yang beragam dan sesuai kebutuhan.
  • Pembayaran klaim dapat dilakukan secara cashless atau reimbursment untuk rumah sakit pilihan yang bukan merupakan rekanan BNI Life.
  • Pilihan jenis perlindungan yang beragam dan sesuai kebutuhan, juga kemampuan bayar.
  • Diskon total premi sebesar 5% apabila kamu menyertakan keluarga atau pasangan.
  • Adanya pemberian manfaat One day Surgery dan kamar semi ICU pada perawatan rawat inap.
  • Mendapatkan santunan meninggal dunia dan pilihan asuransi tambahan rawat jalan serta persalinan,

c. Maksima Sehat

Maksima Sehat adalah produk asuransi kesehatan dari BNI Life yang memberikan manfaat kesehatan khusus untuk kamu dan keluarga kamu dari risiko penyakit maupun kecelakaan dan turut mendapatkan santunan kematian ketika tertanggung meninggal dunia. Pemberian manfaat ini didukung fitur no claim bonus yang memberikan bonus premi ketika kamu tidak melakukan klaim dalam jangka waktu tertentu. Ada beberapa keunggulan yang bisa kamu dapatkan seperti:

  • Adanya sistem pembayaran cashless dengan kartu khusus di rumah sakit rekanan BNI Life-AdMedika. Pembayaran metode ini juga berlaku untuk pembayaran manfaat rawat jalan, perawatan gigi, dan persalinan.
  • Kamu bisa mendapatkan no claim bonus sebesar 15% dari total premi tahunan yang telah dibayarkan di tahun sebelumnya ketika ingin melakukan perpanjangan polis, jika selama 1 tahun tidak mengajukan klaim.
  • Mendapatkan diskon 5% dari total premi ketika kamu memiliki polis asuransi BNI Life yang diperoleh dari distribusi bancassurance atau jika pemegang polis mengajak keluarga sebagai tertanggung tambahan.
  • Layanan jasa evakuasi medis internasional
  • Mendapatkan berbagai manfaat tambahan lain selain rawat inap seperti rawat jalan, perawatan gigi, dan persalinan.

#2 Asuransi Bisnis/Perusahaan

a. Optima Cash Plan

BNI Life Optima Cash Plan adalah produk asuransi terbaik untuk perusahaan yang memberikan manfaat santunan biaya kesehatan bagi karyawan. Manfaat yang diperoleh antara lain manfaat rawat inap, rawat jalan, pembedahan, hingga persalinan di rumah sakit yang disebabkan risiko penyakit ataupun kecelakaan. Produk asuransi ini diperuntukkan untuk memberikan jaminan kesehatan kepada karyawan agar tetap menjaga produktivitas dan memastikan kinerja yang optimal dan terbebas dari risiko penyakit. Jika menggunakan asuransi ini, kamu bisa mendapatkan banyak keunggulan seperti:

  • Jaminan penerimaan tanpa medical check-up
  • Tidak ada masa tunggu untuk penerimaan manfaat rawat inap, rawat jalan, atau pembedahan (berlaku minimum untuk 50 peserta)
  • Besaran manfaat yang diberikan mengikuti kebutuhan calon pemegang polis mulai Rp100.000.- hingga Rp2.000.000 per hari dengan pilihan 60, 90, 180, 270, dan 365 hari per tahun.
  • Pemberian manfaat rawat jalan sebesar 80-100% akibat penyakit atau kecelakaan dengan sistem reimbursment.
  • Pemberian manfaat perawatan dokter, pembelian obat, dan laboratorium yang akan diberikan dua kali manfaat santunan harian rawat inap.
  • Pemberian santunan biaya pembedahan atau operasi akibat penyakit atau kecelakaan.
  • Pemberian santunan persalinan untuk kelahiran normal atau tindakan caesar sebesar 10 kali manfaat santunan harian atau rawat inap.

b. Optima Group Health

Asuransi ini adalah produk asuransi kesehatan perusahaan yang memberikan jaminan dan perlindungan dengan berbagai paket perlindungan yang sesuai kebutuhan. Pemberian manfaat ini terdapat dalam paket-paket iantara lain manfaat rawat inap, rawat jalan, rawat, gigi, kacamata dan persalinan. Kamu bisa mendapatkan banyak keunggulan seperti:

  • Bebas memilih bebagai rumah sakit, dokter, apotek, atau laboratorium di seluruh dunia.
  • Pembayaran klaim asuransi bisa dilakukan melalui swipe card atau reimbursment.
  • Penetapan anggaran pengeluaran kesehatan karyawan yang bisa disesuaikan setiap tahun
  • Menyediakan berbagai jenis manfaat asuransi kesehatan mulai dari rawat inap, rawat jalan, wrat gigi, kacamata, serta persalinan

Keuntungan Menggunakan Asuransi Kesehatan BNI Life

Produk asuransi kesehatan BNI Life ini biaya premi yang dibayarkan akan dikelola dalam bentuk investasi. Kamu juga bisa memilih besaran biaya premi yang harus kamu bayarkan. Sebab, biaya premi sudah seharusnya tidak menambah beban pengeluaran dari nasabahnya.

Selain fleksibilitas pembayaran premi, berikut beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh asuransi BNI Life Plan Multi Protection kepada kamu.

1. Asuransi kesehatan BNI Life Plan Multi Protection dapat kamu miliki mulai dari usia 6 bulan hingga 60 tahun. Adapun anak yang berada dalam pertanggunganmu pun bisa memilikinya. Sementara, jangka kontrak yang disediakan ialah sampai dengan 80 tahun.

2. Kamu bisa mengetahui rincian dari pengelolaan dana yang sudah dibayarkan ke pihak asuransi.

3. Premi dasar yang harus dibayarkan ialah minimal Rp200.000 per bulan. Sedangkan untuk top up premi berkala Rp100.000 per bulan. Maka dari itu, top up premi berkala dalam satu tahun penuh hanya sebesar Rp1.200.000 saja.

4. Kamu bisa dengan leluasa memilih metode pembayaran premi bulanan, triwulan, atau setiap semester, atau mungkin kamu juga bisa langsung membayarkannya untuk satu tahun sekaligus.

Selain empat poin yang sudah disebutkan di atas, produk asuransi ini juga memberikan keringanan kepadamu dalam hal biaya administrasi pada tahun pertama saat kamu tercatat sebagai pemegang polis.

Kamu juga bisa menambahkan dana investasi dengan top up minimal Rp1.000.000 per transaksi. Semakin bertambahnya dana yang dimasukan sudah tentu berpengaruh pada besaran perolehan yang akan kamu peroleh nantinya.

Jadi berhati-hatilah memilih asuransi kesehatan untukmu dan keluarga. Jangan sampai kamu menilai asuransi dengan pelayanan terbaik adalah dengan membayar premi yang mahal.

Dengan tingginya biaya premi itu, sudah pasti kamu akan mengorbankan dana dari pos lainnya agar bisa terpenuhi premi tersebut. Akibatnya perencanaan keuangan yang sudah disusun jadi berantakan. Maka dari itu, penting bagi kamu untuk memilih produk asuransi kesehatan yang tepat.

Keuntungan Membeli Asuransi di BNI Life

Ada banyak alasan kenapa kamu harus membeli asuransi kesehatan melalui BNI Life secara online, yaitu:

a. Proses dilakukan online

Semua proses, mulai dari transaksi, proses aplikasi, update status, hingga pengecekan dilakukan secara online dengan sistem yang terintegrasi. Hal ini tentu dapat menghemat waktu kamu dibandingkan harus mengunjungi bank atau agen asuransi.

b. Biaya polis lebih murah

Dengan pengajuan asuransi secara online, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya mahal, ini kebalikan dari pembelian asuransi secara offline, di mana ketika membeli online, kamu tidak akan dikenakan pengurangan biaya distribusi dan infrastruktur sehingga pemegang polis mendapatkan asuransi dengan premi lebih rendah.

c. Banyak produk yang tersedia secara online

Karena pengajuannya secara online, kamu bisa secara leluasa memliih dan membandinkan banyak produk-produk asuransi yang tersedia dan tersebar di berbagai tempat. Hal ini akan membantu kamu memahami lebih dalam berbagai produk asuransi yang terseda sehingga calon nasabah dapat menjatuhkan pilihan ke produk yang tepat.

d. Portal asuransi yang menarik dan lengkap

Sebagain besar website pengajuan asuransi memiliki tampilan yang menarik dan formulir yang lebih lengkap untuk diisi, sehingga proses pengajuan bisa dilakukan dengan mengupload dokumen yang diperlukan dibandingkan harus menyiapkan secara offline.

e. Mendapatkan akses review produk

Dengan pengajuan online, kamu juga bisa melihat dan mendengarkan berbagai macam review dari produk asuransi yang kamu inginkan dari orang-orang yang sebelumnya pernah mengajukan produk tersebut sebagai referensi produk yang tepat.

Cara Melakukan Klaim Asuransi

Asuransi BNI Life memiliki beberapa macam layanan klaim yang dapat digunakan nasabah diantaranya adalah:

a. Klaim 27 Menit

Klaim 27 menit atau BNI Life Speedy Claim 27 adalah metode klaim asuransi kesehatan dari BNI Life untuk memproses pengajuan klaim dengan nominal hingga 10 juta rupiah. Kamu dapat mengajukan klaim dan pencairan selama kurang lebih 27 menit via transfer rekening. Layanan ini tersedia untuk klaim rawat inap, baik sebelum atau setelah rawat inap. Berikut ini adalah beberapa dokumen yang perlu disiapkan:

  • Mengisi formulir pengajuan klaim 27 menit
  • Resume medis yang telah diisi lengkap dan jelas
  • Kuitansi asli biaya perawatan
  • Rincian biaya yang lengkap dan jelas
  • Salinan hasil tertulis pemeriksaan diagnostik seperti : laboratorium, rontgen, dan lain-lain (jika dibutuhkan)
  • Rincian obat-obatan yang lengkap dan jelas
  • Pembayaran ke rekening peserta

Setelah kamu melengkapi dokumen tersebut, kamu bisa langsung datang dengan membawa seluruh berkas pengajuan lengkap dan jelas. Kemudian, Staf Customer Care akan melakukan analisis kelayakan proses layanan klaim 27 menit. Jika klaim dapat diproses, berikan form pengajuan layanan untuk diproses 27 menit yang sudah diisi. Jika tidak dapat diproses, pengajuan akan diarahkan ke proses klaim reguler. Kamu akan menerima tanda terima berkas pengajuan klaim dari Customer Care. Kemudian, Staff Customer Care akan mengirimkan SMS sebagai informasi klaim telah dibayarkan

b. Klaim One Day Service

Layanan ini digunakan untuk memproses klaim dalam jangka waktu 24 jam. Dengan layanan ini, penyelesaian pengajuan manfaat dapat dilakukan dalam kurun waktu 24-jam, di mana biasanya membutuhkan waktu rata-rata dalam 5 hari kerja. Pengajuan ini dapat dilakukan pada jam 08.00 – 15.00 WIB yang ditujukan untuk produk tradisional dengan proses percepatan layanan pembayaran seperti:

  • Jatuh Tempo Tahapan
  • Akhir Asuransi
  • Bonus Sehat
  • Penebusan Polis
  • Pinjaman Polis
  • Pembatalan polis dalam periode Cooling Off Periode
  • Pengembalian premi sekaligus untuk produk Anuitas

Untuk langkah-langkah pengajuannya, kamu harus memenuhi beberapa persyaratan seperti:

  • Pengajuan diajukan pihak Pemegang Polis
  • Nominal pembayaran maksimum: Rp100.000.000 (Seratus Juta Rupiah)
  • Menyiapkan dokumen pengajuan yang lengkap berupa formulir Layanan One Day Service di Walk In Customer Care atau kantor layanan BNI Life di wilayah kamu, kemudian lampirkan identitas diri yang masih berlaku (KTP, SIM, atau Passport).
  • Lampiran salinan buku tabungan atas nama pemegang polis
  • Menyerahkan Polis Asli untuk layanan : COP (Cooling Off Period), Penebusan Polis, Akhir Asuransi (Maturity) dan Pinjaman Polis

c. One Day Claim Service

One Day Claim Service adalah layanan klaim asuransi kesehatan produk individu dengan nominal hingga 50 juta dalam waktu 24-jam. Untuk nomor rekening tujuan klaim ini dapat melalui rekening BNI, Bank Mandiri, BCA. Untuk layanan klaim ini, produk asuransi yang dilayani adalah:

  • Klaim Hospital Cash Plan
  • Klaim Serenity Saver
  • Klaim Spectra Health Care
  • Klaim Maksima Sehat
  • Klaim Produk Kesehatan Individu Lainnya

Untuk melakukan klaim, kamu harus melengkapi beberapa dokumen seperti:

#1 Dokumen Hospital Cash Plan:

  • Formulir pengajuan klaim (asli)
  • Salinan Polis dan Ringkasan Polis
  • Salinan Bukti Identitas Diri Pemegang Polis
  • Resume Medis yang telah dilengkapi dan ditandatangani oleh dokter yang merawat (asli / Salinan yang dilegalisir)
  • Kuitansi perawatan dari rumah sakit tempat Tertanggung di rawat (asli / salinan yang dilegalisir)
  • Perincian biaya perawatan (asli / salinan yang dilegalisir)
  • Perincian biaya perawatan (asli / salinan yang dilegalisir)
  • Perincian biaya operasi (dr. Bedah, dr. Anestesi dan Kamar Operasi) bila terdapat tindakan operasi (asli/ salinan yang dilegalisir)
  • Salinan resep / perincian biaya obat-obatan (asli atau salinan yang dilegalisir)
  • Hasil pemeriksaan penunjang / diagnostik (Laboratorium, Radiologi, CT Scan, MRI, dll), asli / salinan yang legalisir
  • Surat kuasa pemaparan Rekam Medis dari Pemegang Polis/ Tertanggung (asli)
  • Salinan Buku Tabungan penerima manfaat

#2 Dokumen Spectra Health Care / Maksima Sehat / Serenity Saver / Produk Askes Individu lainnya

  • Formulir pengajuan klaim (asli)
  • Salinan Polis dan Ringkasan Polis
  • Salinan Bukti Identitas Diri Pemegang Polis
  • Resume Medis yang telah dilengkapi dan ditandatangani oleh dokter yang merawat (asli / Salinan yang dilegalisir)
  • Kuitansi perawatan dari rumah sakit tempat Tertanggung di rawat (asli)
  • Perincian biaya perawatan (asli / salinan yang dilegalisir)
  • Perincian biaya operasi (dr. Bedah, dr. Anestesi dan Kamar Operasi) bila terdapat tindakan operasi (asli/ salinan yang dilegalisir
  • Salinan resep / perincian biaya obat-obatan (asli atau salinan yang dilegalisir)
  • Hasil pemeriksaan penunjang / diagnostik (Laboratorium, Radiologi, CT Scan, MRI, dll), asli / salinan yang legalisir
  • Surat kuasa pemaparan Rekam Medis dari Pemegang Polis/ Tertanggung (asli)
  • Salinan Buku Tabungan penerima manfaat

Selain dokumen-dokumen di atas, kamu juga perlu memperhatikan beberapa ketentuan klaim seperti:

a. Bila melakukan klaim melalui kantor Pusat BNI Life:

  • Pembayaran klaim dilakukan pada hari yang sama bila berkas lengkap tanpa verifikasi lanjutan diterima hingga pukul 12.00 wib
  • Pembayaran klaim akan dilakukan keesokan hari setelah berkas lengkap tanpa verifikasi lanjutan diterima setelah pukul 12.00 wib

b. Melalui Kantor Layanan BNI Life:

  • Pembayaran klaim dilakukan pada hari yang sama bila berkas lengkap tanpa verifikasi lanjutan diterima hingga pukul 11.00 wib
  • Pembayaran klaim akan dilakukan keesokan hari setelah berkas lengkap tanpa verifikasi lanjutan diterima setelah pukul 11.00 wib

Itulah beberapa hal tentang asuransi BNI Life yang perlu kamu mengetahui. Dengan membeli asuransi, kamu bisa lebih tenang dalam menjalankan hidup. Di mana, kamu tidak perlu khawatir mengenai kesehatanmu di kemudian hari nanti. Tugasmu hanyalah menjaga kesehatan dan terus menjalankan hidup pola sehat. Yuk mulai mendaftar asuransi sekarang dan jalankan hidup dengan pola sehat.

Bacaan menarik lainnya:

Sastrawidjaja,M. Suparman. (1993) Hukum Asuransi. Bandung: Penerbit Alumni

Arif Effendi.(2016).Asuransi Syariah di Indonesia (Studi Tentang Peluang ke Depan Industri Asuransi Syariah Vol. 3 No. 2. Wahana Akademika


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait