Cryptocurrency

Ingin Belajar Crypto, Bingung Mulai Dari Mana? Ini Penjelasannya!

belajar-crypto

Ajaib.co.id – Dalam dua tahun terakhir, popularitas cryptocurrency atau mata uang digital terus berkembang pesat sebagai salah satu instrumen investasi maupun trading. Hal ini dipicu oleh banyaknya orang yang meraih keuntungan besar dalam waktu cepat. Padahal, mekanisme cryptocurrency tidak sesederhana itu karena ada sejumlah hal yang harus dipertimbangkan sebelum memulainya.

Bagi kamu yang ingin belajar crypto, ada sejumlah hal penting yang harus diperhatikan. Di mana, hal tersebut menyangkut uang yang kamu investasikan ke instrumen crypto sehingga membutuhkan persiapan secara tepat.

Lalu, bagaimana jika ingin mulai belajar crypto khususnya mereka yang asing dengan investasi atau pemula di dunia investasi terutama cryptocurrency? Yuk, simak pembahasan berikut ini.

Apa Itu Cryptocurrency

Langkah pertama yang harus dilakukan saat mulai belajar crypto adalah mengetahui definisi dari cryptocurrency itu sendiri. Di mana, cryptocurrency atau sering disebut crypto merupakan mata uang digital atau virtual yang diciptakan sebagai alat tukar. Mata uang digital ini menggunakan sistem kriptografi sebagai langkah mengamankan maupun memverifikasi setiap transaksi serta mengendalikan pembuatan unit-unit atau token baru.

Mengacu pada BitDegree yang mendefinisikan cryptocurrency melalui penjelasan berdasarkan karakteristik dan kegunaannya, maka cryptocurrency bisa dijelaskan sebagai berikut:

  • Digital yaitu cryptocurrency bersifat digital yang tidak memiliki bentuk fisik maupun dipegang seperti mata uang pada umumnya.
  • Peer-to-peer, di mana crypto bisa digunakan dalam transaksi dari satu orang secara online yang membuat transaksi lebih aman dan dapat dikontrol oleh setiap pengguna sehingga penting untuk melakukan riset terlebih dahulu agar terhindar dari penipuan.
  • Global yaitu bisa dilakukan antar negara secara cepat yang tidak terpengaruh oleh pergerakan kurs.
  • Terenkripsi, di mana setiap pengguna akan mendapatkan kode maupun alamat tersendiri yang berisi kombinasi angka dan huruf saat bertransaksi crypto sehingga pengguna lain tidak dapat mengetahui identitas asli pengirim dan membuat privasi semakin terjaga.
  • Terdesentralisasi yang artinya cryptocurrency bekerja melalui jaringan bernama blockchain tanpa adanya otoritas pusat seperti bank maupun pemerintah sehingga setiap transaksi transparan dan membuat semua orang bertanggung jawab terkait aset mereka sendiri.
  • Trustless yang berarti setiap pengguna tidak perlu percaya dengan siapa pun di dalam sistem sehingga harus lebih berhati-hati serta menjaga aset mereka sendiri. Jika sampai hilang, maka hampir bisa dipastikan mustahil untuk mengembalikannya.

Oleh karena itu, penting bagi para pemula untuk memahami pengertian dan unsur di dalamnya ketika mulai belajar crypto.

Jenis-Jenis Cryptocurrency

Hal selanjutnya yang harus diketahui saat mulai belajar crypto bagi pemula adalah mengetahui jenis-jenis dari cryptocurrency. Mengingat, ada banyak jenis cryptocurrency yang tersebar dan bisa dipilih sesuai analisa ke depannya. Adapun jenis-jenis cryptocurrency yang dimaksud di antaranya:

1. Bitcoin

Menjadi jenis mata uang digital pertama, Bitcoin memiliki peran penting dalam dunia cryptocurrency. Selain harga Bitcoin yang berada di pucuk antara koin-koin lainnya, pergerakan harga Bitcoin memberikan pengaruh besar bagi jenis cryptocurrency lainnya. Walaupun ada mata uang digital lainnya yang memiliki prospek baik, namun Bitcoin masih dipilih oleh banyak orang untuk bertransaksi.

Uniknya, penemu Bitcoin bernama Satoshi Nakamoto, masih belum bisa diketahui secara pasti identitas aslinya. Apakah nama tersebut merupakan nama orang, organisasi, maupun kelompok, masih belum diketahui.

2. Altcoin

Selanjutnya ada jenis cryptocurrency bernama Altcoin yang merupakan aset alternatif Bitcoin seperti Ethereum, Ripple, Chainlink, Cardano, Litecoin dan lain sebagainya. Di mana, jenis aset crypto ini memposisikan diri mereka menjadi aset transaksional yang mampu melakukan pembayaran serta transfer secara cepat melalui teknologi blockchain.

3. Token Utilitas

Jenis aset cryptocurrency lainnya yaitu token utilitas yang hadir sebagai faksi lain di dalam ruang crypto. Di mana, token utilitas ini masing-masing memiliki peran untuk proyek yang lebih besar hingga melayani fungsi pada ekosistem yang ditujukan dalam solusi tertentu.

4. Stablecoin

Selanjutnya ada stablecoin yang mematok nilainya ke berbagai mata uang maupun aset nasional seperti emas. Di mana, mata uang dolar AS yang menjadi patokan paling sering atau utama.

Stablecoin sendiri memiliki pergerakan yang cenderung cukup stagnan atau tidak naik dan turun secara cepat. Selain itu, jenis aset ini memberi pengguna pilihan dalam menjual aset bernilai sama dengan mata uang nasional.

Seiring perkembangannya, muncul sejumlah jenis aset cryptocurrency lainnya yang memiliki nilai tertentu, salah satunya adalah NFT atau Non Fungible Token. Hal ini juga penting untuk diketahui para pemula saat memulai belajar crypto.

Kelebihan dan Kekurangan Crypto

Kehadiran cryptocurrency bukan tanpa tujuan dan manfaat bagi perkembangan teknologi. Di mana, ada sejumlah kelebihan yang ditawarkan pada penggunaan crypto, di antaranya:

  • Bersifat universal dengan hampir seluruh negara di dunia mengenal cryptocurrency sehingga memungkinkan aktivitas transfer dilakukan antar negara tanpa adanya hambatan maupun pihak ketiga karena semua pihak menggunakan cryptocurrency.
  • Transaksi menjadi lebih cepat dengan proses yang membutuhkan hitungan waktu beberapa menit sampai jam antar negara.
  • Lebih transparan karena semua transaksi dapat terdeteksi melalui sistem blockchain yang meliputi informasi dengan huruf dan angka acak, namun identitas pengirim maupun penerima tidak dapat diketahui.
  • Memiliki kendali penuh karena menggunakan sistem yang terdesentralisasi tanpa adanya campur tangan pihak ketiga.

Di balik kelebihan yang ditawarkan saat menggunakan cryptocurrency, ada juga kekurangan yang menjadi perhatian penting saat mulai belajar crypto. Berikut sejumlah kekurangan yang dimaksud:

  • Rawan akan kejahatan karena masih banyaknya oknum-oknum yang memanfaatkan crypto untuk kejahatan yang tidak dapat dilacak seperti pembobolan dompet digital, penipuan bursa tempat membeli crypto, dan masih banyak lagi.
  • Beberapa negara masih menganggap crypto ilegal dan di Indonesia sendiri beberapa aset crypto yang diperbolehkan seperti Bitcoin, Ethereum, Ripple, Cardano, dan lain sebagainya dengan status legal.
  • Risiko hilang sangat besar karena akses crypto membutuhkan password sehingga saat password yang digunakan hilang atau lupa, maka risiko aset bisa didapatkan kembali adalah mustahil.

Tips Mudah Belajar Crypto bagi Pemula

Bagi kamu yang belajar crypto tertarik untuk memulai cryptocurrency karena sudah memahami penjelasan dan jenis-jenisnya, ada beberapa tips mudah yang bisa menjadi acuan sebagai pemula. Berikut sejumlah tips mudah yang dapat dilakukan, di antaranya:

  • Melakukan riset sebelum mulai investasi crypto dengan tipe maupun jenis-jenis apa yang sekiranya cocok sesuai pemahaman kamu sehingga dapat memutuskan untuk membeli mata uang digital mana yang tepat.
  • Memahami risiko dalam berinvestasi crypto adalah langkah selanjutnya yang harus diperhatikan. Oleh karena itu, penting untuk membuat manajemen resiko agar bisa mengetahui skenario untung dan rugi.
  • Mengetahui legalitas dari bursa crypto yang dipilih karena ada banyak kasus penipuan yang mengatasnamakan bursa resmi.
  • Memastikan keamanan akun dan transaksi di bursa crypto dengan memastikan bursa telah menggunakan sistem keamanan ekstra seperti end-to-encryption atau sistem keamanan lainnya.

Mencari tahu bagaimana memulai investasi dengan memilih instrumen investasi secara tepat adalah hal penting yang harus dilakukan termasuk belajar crypto. Apalagi kecanggihan teknologi semakin memudahkan siapapun untuk berinvestasi secara cepat melalui smartphone. Namun, jika instrumen cryptocurrency masih dianggap terlalu berisiko, kamu bisa memilih instrumen lainnya seperti saham.

Apalagi investasi saham saat ini bisa dilakukan secara online melalui Ajaib. Media investasi online ini akan membantu kamu berinvestasi di instrumen saham secara mudah. Membuat rekening saham secara online langsung dari smartphone.

Jadi tunggu apalagi? Yuk, download aplikasi Ajaib di smartphone untuk mulai investasi pertama kamu sekarang.

Artikel Terkait