Bisnis & Kerja Sampingan

Iklan Kreatif Berikut Bisa Jadi Pemantik Ide Bisnis Kreatif

iklan kreatif

Ajaib.co.id – Iklan kreatif adalah iklan yang mampu membuat khalayak menjadi ingat dan merasa unik dengan produk maupun merek tertentu. Peran pemasara ini sangatlah penting dalam dunia usaha.

Kamu yang memiliki sebuah usaha tentu ingin merek dagang milikmu terkenal bukan? Lalu, iklan seperti apa yang bisa kita gunakan untuk memasarkan produk kita? Sebelum melangkah lebih jauh, kita harus tahu dulu jenis iklan berdasarkan isinya sebagai berikut:

Iklan Penawaran (Niaga)

Iklan penawaran atau niaga adalah iklan yang paling sering kita lihat dan yang kita kenal sebagai iklan pada umumnya. Iklan ini berisi tawaran barang maupun jasa, misalnya makanan, kosmetik, jasa kurir, ojek online, dan sebagainya.

Iklan Layanan Masyarakat

Iklan layanan masyarakat dibuat oleh lembaga atau instansi yang berisi informasi sosialisasi atau pesan dengan topik tertentu kepada masyarakat. Contoh iklan layanan masyarakat di antaranya, iklan pemilu, iklan imbauan menghadapi wabah penyakit, iklan imunisasi, dan lain-lain.

Iklan Pengumuman atau Pemberitahuan

Seperti namanya, iklan pengumuman atau pemberitahuan berisi pengumuman tentang suatu hal, misalnya event atau berita duka cita.

Iklan Permintaan

Dalam istilah lain, iklan permintaan disebut dengan iklan lowongan kerja karena memang sebagian besar berupa lowongan kerja. Pada intinya, perusahaan atau individu memiliki permintaan karyawan baru untuk menjalankan perusahaannya.

Selain mengembangkan ide, kamu juga perlu mengetahui pentingnya sebuah iklan kreatif. Mari simak pentingnya sebuah iklan kreatif berikut.

Pentingnya Iklan Kreatif Bagi Sebuah Bisnis

Khusus untuk keberhasilan bisnis, iklan tidak boleh sembarang iklan. Iklan harus dibuat sekreatif dan semenarik mungkin untuk memperkenalkan produk maupun layanan. Memangnya, kenapa sih iklan bisnis harus kreatif? Berikut ini alasannya:

Produkmu Mudah Dikenal

Jika kamu menerapkan jenis pemasaran ini dalam bisnismu, hal ini membuka peluang bagi produkmu untuk dikenal. Ide kreatif yang kamu munculkan dalam sebuah pemasaran mampu membuat khalayak menjadi ingat terhadap bisnis, merek, dan produkmu.

Membangkitkan Rasa Ingin Tahu

Jenis pemasaran ini dituntut untuk menyampaikan sebanyak-banyaknya informasi dengan cara yang singkat dan unik. Kamu yang ingin produkmu membangkitkan rasa ingin tahu khalayak, sudah pasti harus membuat kreasi yang unik untuk produkmu. Ide yang kamu tuangkan dalam iklan kreatif tentu akan membuat khalayak bertanya-tanya, penasaran, dan kemudian berburu produkmu.

Memberikan Kesan Unik Bagi Khalayak

Jenis pemasaran ini akan membangkitkan kesan unik bagi khalayak yang melihat iklanmu. Bayangkan saja, di dunia ini ada banyak sekali merek dagang yang bersaing satu sama lain untuk produk sejenis. Lalu apa yang membuatnya berbeda?

Salah satu jawabannya tentu saja iklan kreatif. Hanya karena sebuah iklan, produk yang sama bisa mendapat atensi yang berbeda dari khalayak. Oleh karena itu, jenis pemasaran yang kamu buat haruslah unik dan orisinal untuk diingat.

Menjadi Produk Top of Mind

Jika pariwara yang kamu sebarkan berhasil, bukan tidak mungkin produk atau merek dagangmu akan menjadi top of mind. Produk top of mind adalah produk yang menjadi nomor satu dinbenak khalayak. Contohnya, bayangkan ada berbagai merek air mineral.

Namun yang terlintas di benak khalayak adalah bahwa air minum itu hanya merek A. Apalagi jika sampai ke tahap menyebut air mineral dengan merek A padahal air mineral yang dibeli mereknya berbeda. Tentu kesadaran khalayak akan merek tersebut sangat menguntungkan bagi perusahaan terkait.

Setelah mengetahui pentingnya iklan kreatif, kini saatnya kita ulas mengenai bisnis apa saja yang dapat menggunakan jenis pemasaran ini . Pada dasarnya, iklan kreatif dapat digunakan untuk bisnis apa saja. Iklan kreatif menekankan pada keunikan dan orisinalitas sebuah ide.

Tujuannya adalah untuk membangun sebuah kesadaran merek maupun untuk tujuan penjualan. Iklan kreatif juga dapat digunakan untuk berbagai kepentingan, baik komersial maupun nonkomersial. Berikut jenis-jenis bisnis yang cocok untuk menggunakan jenis pemasaran ini:

Bisnis Makanan atau Minuman

Bisnis makanan atau minuman adalah bisnis yang umum kamu temui. Biasanya bisnis makanan atau minuman memiliki iklan-iklan yang unik untuk menarik perhatian khalayak.

Bisnis Fashion

Kamu yang memiliki bisnis di dunia fashion juga perlu menuangkan ide-ide yang unik. Sebab kamu tidak hanya menjual pakaian tetapi juga merek untuk si pembeli. Pastikan produk fashion yang kamu tawarkan adalah produk yang unik dari segi mode dan merek.

Bisnis Jasa

Bisnis jasa adalah salah satu usaha yang cocok menggunakan iklan kreatif. Kamu bisa membuat iklan kreatif yang menarik perhatian pengguna. Harapannya pengguna jasa akan tertarik menggunakan jasa yang kamu tawarkan. Caranya, kamu hanya perlu menuangkan ide kreatif yang kamu miliki dalam sebuah iklan yang menyajikan solusi.

Ingin tahu seperti apa sih iklan kreatif itu? Berikut beberapa contoh inspirasi iklan kreatif yang bisa kamu jadikan acuan untuk memantik ide kreatifmu.

Iklan FedEx

iklan kreatif fedex
Sumber: www.oneclub.org

Iklan kreatif di atas merupakan salah satu contoh iklan kreatif yang mengena di benak khalayak. Tanpa harus banyak berkata-kata, iklan tersebut mampu menyampaikan pesan yang dimaksud dengan sederhana dan tepat sasaran. Gambar di atas menunjukkan bahwa dengan menggunakan jasa pengiriman FedEx, barang yang berasal dari benua lain pun dapat kita terima dengan mudah seolah hanya menyampaikan barang ke tetangga.

Iklan Mobil Honda

Perusahaan otomotif Honda asal Negeri Sakura ini memiliki iklan kreatif berupa video yang menampilkan tangan yang sedang memegang mainan mobil-mobilan. Mobil-mobilan tersebut secara acak dapat diubah-ubah menjadi berbagai produk otomotif produksi Honda, mulai dari sepeda motor, mobil, robot, hingga pesawat terbang. Video tersebut tidak menjelaskan banyak hal dengan kata-kata tetapi memberikan kita pemahaman akan produk-produk yang dihasilkan oleh perusahaan Honda.

Iklan Mobil BMW

iklan kreatif bmw m3
Sumber: 786magazine.com

Iklan kreatif mobil BMW di atas dapat mentransfer ide kreatif dalam sebuah iklan singkat yang mengena. Tanpa diberi penjelasan panjang lebar, khalayak akan tahu bahwa BMW seri New M3 merupakan seri mobil yang memiliki kecepatan tinggi. Kecepatan tinggi tersebut disimbolkan dengan tangan superhero The Flash yang dapat berlari secepat kilat.

Indonesia pun punya banyak iklan kreatif. Ini dia iklan kreatif lainnya yang berasal dari Indonesia:

Iklan Rokok Djarum 76

Iklan tersebut menggambarkan seorang jin dengan pakaian adat Jawa yang datang untuk memberi permintaan kepada orang-orang. Seri iklan tersebut juga bervariasi. Hal unik dari iklan kreatif ini adalah pada ikon jin berpakaian Jawa yang diusung dalam iklan tersebut. Keunikan ikon tersebut dapat menjadi pengingat di tengah masyarakat beserta unsur komedi yang diangkatnya. Kata-kata khasnya adalah “Kuberi tiga permintaan!”.

Iklan Air Mineral Aqua

Iklan air mineral Aqua sendiri menekankan bahwa kekurangan air mineral menyebabkan hilangnya fokus. Ide kreatif tersebut diwujudkan melalui adegan-adegan sederhana yang menunjukkan adanya kegagalan fokus saat berkomunikasi dengan orang lain dikarenakan kurang minum air mineral. Kata-kata yang terkenal dari iklan ini yakni #adaAqua. Iklan tersebut juga berseri dan terdapat unsur komedi di dalamnya.

Produk-produk seperti Aqua, Rokok Djarum hingga produk yang mendunia seperti Honda, BMW dan FedEX merupakan perusahaan ataupun bisnis yang menggunakan ide kreatif untuk dijadikan sebuah iklan kreatif. Menarik bukan? Kamu yang memiliki bisnis rumahan maupun yang sedang berkembang juga bisa menggunakan iklan kreatif. Bagaimana caranya? Ini dia tipsnya.

Pangsa Pasar, Media, dan Penyampaian Pesan

Penting bagi kamu untuk mengidentifikasi pangsa pasar dari bisnismu. Tentukan segmentasi dari iklan yang akan kamu buat. Setelah menetukan hal tersebut, kamu akan lebih mudah menyesuaikan media yang akan kamu gunakan.

Setelah menentukan segmentasi, kamu perlu memilih media yang tepat untuk bisnismu. Media iklan bisa melalui media sosial, iklan di YouTube, web series, brosur, baliho, dan sebagainya. Sesuaikan dengan biaya dan segmentasi dari bisnismu. Kalau mau pilih yang tidak perlu biaya besar, kamu bisa memulai iklan kreatifmu melalui media sosial secara gratis.

Pesan yang jelas memang memudahkan khalayak untuk mengerti. Namun pesan yang unik akan membuat khalayak terus teringat dan penasaran. Susunlah kata-kata dalam pesan dengan singkat, padat dan jelas serta mengena.

Tambahkan pula ilustrasi atau gambar yang relevan dengan pesan yang kamu sampaikan. Usahakan pesan tersebut erat dengan keseharian khalayak. Jadi, khalayak mudah merasa familiar dengan iklan maupun produk yang kamu miliki.

Ide kreatif untuk membuat iklan kreatif bisa muncul dari mana saja. Jadi kembangkan terus imajinasi liarmu.

Artikel Terkait