Bisnis & Kerja Sampingan

Hasilkan Uang Saat Wabah Corona dengan 6 Cara Jitu Ini

hasilkan uang

Ajaib.co.id – Karena pandemi covid-19, banyak orang yang buntu dalam mencari cara hasilkan uang. Pasalnya, banyak pekerjaan yang sebelumnya bisa hasilkan uang mendadak harus dihentikan karena bisa membuat virus corona terus menyebar. Lalu, apa yang harus dilakukan dalam hasilkan uang untuk sekarang ini?

Semenjak bulan Maret 2020, wabah virus corona memang telah melumpuhkan banyak aspek dalam kehidupan bermasyraakat di Indonesia, tak terkecuali dalam cara hasilkan uang. Bahkan, beberapa pekan ke belakang, makin banyak pengusaha yang gulung tikar ataupun pekerja yang terpaksa dirumahkan karena tidak ada aktivitas bisnis yang bisa dijalankan.

Yang membuat situasi ini seperti tanpa jalan keluar adalah susahnya untuk mencari pekerjaan di situasi wabah seperti ini. Sudah di-PHK, tidak bisa mencari pekerjaan pengganti, apalagi kamu juga dituntut untuk tetap di rumah. Lalu, bagaimana caranya untuk hasilkan uang?

Tentunya redaksi Ajaib punya jawabannya. Meskipun tengah pandemi virus corona, kamu tidak perlu khawatir. Pasalnya, banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan uang meski di situasi yang serba kepayahan ini. Cara mendapatkan uang ini tentunya tidak membuatmu berisiko terpapar virus ataupun menyebarkan virus.

Apa saja cara hasilkan uang tersebut? Simak paparannya berikut ini:

Instal Aplikasi Penghasil Uang

Tahukah kamu, sekarang ini ada banyak aplikasi untuk hasilkan uang jika kamu lakukan instruksi yang ada di aplikasi tersebut. Contohnya saja instruki untuk menonton video atau membaca artikel. Aplikasi-aplikasi penghasil uang ini juga ada banyak, beberapa di antaranya ada WHAFF Rewards, Cashpop, hingga BACA PLUS.

Mari ambil contoh untuk aplikasi BACA PLUS. Aplikasi ini bisa menghasilkan uang tanpa modal hanya dengan membaca artikel saja. Misalnya, kamu menemukan konten menarik, lalu membaca konten tersebut sampai habis, nantinya kamu bisa mendapatkan komisi dari BACA PLUS untuk membaca konten tersebut.

Untuk mendapat penghasilan dari BACA PLUS, pastinya kamu harus membacanya melalui aplikasi tersebut. Selain itu, ada hitung-hitungan berapa komisi yang akan kamu dapatkan dalam membaca artikel di aplikasi tersebut. Tertarik mencobanya? Aplikasi ini sudah tersedia di Google Play Store

Isi Survei Online

Merasa cara di atas masih kurang, kamu juga bisa mengisi survei online berbayar lho. Sekarang ini, memang ada banyak situs yang menawarkan hal ini. Biasanya, situs-situs yang menawarkan survei online berbayar ini siap membayarmu dengan uang, kupon belanja, barang, hingga pulsa.

Survei ini sendiri sebenarnya cukup mudah, karena kamu tidak perlu kemampuan khusus untuk mengisi survei online. Pertanyaan yang ditanyakan juga tergolong mudah, biasanya perusahaan hanya meminta opinimu untuk produk yang mereka tawarkan.

Webinar

Webinar belakangan ini sedang menjadi perhatian publik. Pasalnya, webinar atau yang dikenal sebagai seminar online membuat kamu tetap bisa belajar meski dalam kondisi social distancing sesuai dengan anjuran dari Pemerintah.

Untuk memulai webinar sendiri juga terbilang mudah. Karena, sekarang ini banyak platform yang sudah memfasilitasi belajar berbasis online ini, contohnya saja Zenius, Ruangguru, Wahana Edukasi, Cakap, Vokraf, hingga Pintaria.

Yang perlu kamu pikirkan sekarang, apakah kamu memiliki cukup kemampuan untuk menjadi tutor online dalam sebuah webinar?

Freelance Content Writer

Baik di tengah pandemi virus corona ataupun sebelum pandemi, cara menghasilkan uang dengan menjadi freelance writer memang cukup menggiurkan. Pasalnya, kamu bisa bekerja dari rumah dengan penghasilan yang lumayan.

Untuk penghasilannya sendiri, bervariatif. Misalnya, artikel buatan kamu dihargai Rp50 ribu untuk artikel 500 kata. Maka, dengan membuat 20 artikel saja, kamu sudah bisa mendapatkan uang hingga 1 juta rupiah. Tentu, ongkos tulis per artikel itu didapatkan dari kesepakatan kamu dengan perusahaan yang mempekerjakan kamu.

Selama pandemi, kebutuhan untuk memperbarui konten juga harus dipenuhi, karena itu freelance content writer memang bisa menjadi jawaban bagi kamu yang buntu dalam mencari penghasilan. Untuk mendapatkan pekerjaan ini, kamu bisa cari di banyak tempat, misal di media sosial, website perusahaan, hingga situs yang diperuntukkan untuk freelancer seperti Sribulancer.

Freelance Editor atau Proofreader

Untuk hasilkan uang tambahan lainnya, kamu juga bisa menjadi freelance editor atau proofreader. Masalah keahlian, menjadi editor atau proofreader tentunya lebih sulit daripada menjadi content writer. Pasalnya, selain bisa menulis, editor atau proofreader harus memiliki ketelitian serta wawasan dalam kemampuan menulis yang baik dan benar.

Pasalnya, kedua pekerjaan ini memang membutuhkan ketelitian untuk memeriksa kata per kata demi menjadikan produk tulisan itu padu dan enak untuk dibaca. Memeriksa kata per kata ini bukan hanya perihal kesalahan ketik saja lho, tetapi juga apakah sesuai dengan kaidah penulisan atau tidak.

Biasanya, Freelance Editor atau proofreader dibayar senilai Rp25.000 hingga Rp50.000. Lagi-lagi, angka ini ditentukan dengan kemampuan negosiasi dari kamu dan kemampuan finansial dari perusahaan yang mempekerjakan kamu.

Untuk mendapatkan pekerjaan ini, kamu juga bisa mencarinya di website perusahaan, media sosial, hingga platform untuk freelancer seperti Sribulancer ya.

Jual Barang Bekas Online

Jika kamu memang sudah begitu buntu, cara untuk menghasilkan uang dengan cepat di masa pandemi virus corona ini adalah dengan menjual barang bekas secara online. Tentunya, kamu harus memiliki barang bekas yang masih layak untuk dipakai dan dijual ya.

Jika kamu sudah memilah-milah apa saja barang bekas yang ingin dijual, kamu bisa langsung memasarkannya secara online. Cara pemasarannya sendiri bisa diunggah di media sosial, karena besar kemungkinan orang yang ada di lingkungan kamu ingin membeli barang bekas kamu. Hal ini dikarenakan kedekatan lokasi yang membuat mereka mudah untuk survei dan mengambil barang tersebut.

Yang kedua, bisa kamu pasarkan juga di marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, JD.ID hingga Carousell. Dengan memasarkan lewat marketplace, tentunya kamu bisa meraih lebih banyak calon pembeli.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghasilkan uang di tengah pandemi virus corona ini. Ada cara yang mudah, tetapi susah untuk mendapatkan penghasilan yang besar, tetapi ada juga cara yang butuh keahlian, tetapi penghasilannya cukup besar.

Jadi, cara mana yang mau kamu pakai?

Artikel Terkait