Harga Saham UNTR & Faktor yang Bisa Jadi Alasan untuk Meliriknya

Saham UNTR, Mesin Alat Berat, Kontraktor Penambangan,

Beberapa tahun belakangan ini Indonesia tengah melakukan pembangunan besar-besaran. Tidak hanya di pulau Jawa, tapi juga dilakukan di beberapa daerah di luar pulau Jawa. Tentu ini  memberikan iklim positif kepada pelaku usaha, terutama bagi mereka yang memiliki usaha yang berkaitan dengan alat-alat atau bahan-bahan yang dibutuhkan oleh suatu bangunan.  Sebut saja salah satu nya yang paling dibutuhkan adalah alat berat. Kebutuhan akan alat berat seperti Buldozer, Excavator, Mobile Crane, dsb, pastinya akan meningkat.

Mungkin ini akan menjadi inspirasi bagi kamu yang tengah terjun di dunia saham atau baru ingin memulai investasi saham. Ada beberapa pilihan saham yang unit usahanya berkaitan dengan alat berat, salah satunya United Tractors. Saat iniharga saham UNTR berada di sekitar 19 ribuan per saham, selain harga saham, mungkin ini beberapa faktor yang bisa menjadi alasan bagi kamu memilih United Tractors sebagai investasi saham.

Memiliki Sejarah Panjang

Perusahaan ini memiliki sejarah yang cukup panjang di dalam dunia usaha. Mulai didirikan pada tanggal 13 Oktober 1972. Kemudian United Tractor mulai melakukan penawaran umum saham perdananya di Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya pada 19 September 1989 menggunakan nama PT. United Tractors Tbk. (UNTR), dengan PT. Astra International Tbk sebagai pemegang saham mayoritas. Penawaran perdana saham ini menandai komitmen United Tractors untuk menjadi perusahaan kelas dunia berbasis solusi di bidang alat berat, pertambangan dan energi guna memberi manfaat bagi para pemangku kepentingan. Tak heran harga saham UNTR kini mencapai level 19 ribuan per saham.

Memiliki Kantor di Hampir Semua Penjuru Negeri

Salah satu indikator sebuah perusahaan yang cukup aman adalah ketika sudah memiliki kantor yang tidak hanya di satu atau dua daerah tetapi di hampir semua penjuru negeri. PT. United Tractors Tbk. (UNTR) saat ini memiliki jaringan distribusi mencakup 19 kantor cabang, 22 kantor pendukung, dan 11 kantor perwakilan di seluruh penjuru negeri ini.

Memiliki 3 Cabang Usaha

Tidak puas hanya menjadi distributor peralatan berat terbesar di Indonesia, perusahaan ini juga memainkan peran aktif di bidang kontraktor penambangan dan baru-baru ini telah memulai usaha pertambangan batu bara. UT menjalankan berbagai bisnisnya melalui tiga unit usaha yaitu Mesin Konstruksi, Kontraktor Penambangan dan Pertambangan.

a. Mesin Konstruksi

Unit usaha ini mengusung nama United Tractors menjalankan peran sebagai distributor alat berat terkemuka dan terbesar di Indonesia. Sebagai distributor tunggal produk UD Trucks, Komatsu, Scania, Bomag, Tadano, dan Komatsu Forest. Unit usaha Mesin Konstruksi ini menyediakan produk alat berat untuk digunakan di sektor pertambangan, perkebunan, konstruksi dan kehutanan serta untuk material handling dan transportasi.

b. Kontraktor Penambangan

United Tractors mendukung perusahaan-perusahaan tambang di Indonesia dengan menyediakan jasa penambangan melalui PT Pamapersada Nusantara (“PAMA”), yang didirikan pada tahun 1989. Memiliki kompetensi tinggi di bidang tambang, eksplorasi, penggalian, pengangkutan melalui jalan darat, pengangkutan melalui sungai dan pengapalan. PAMA membantu pemilik tambang untuk memanfaatkan potensi sumber daya alam sejak dari proses awal studi kelayakan, pembangunan infrastruktur, eksploitasi hingga perluasan tambang.

c. Pertambangan

United Tractors juga menjalankan usaha pertambangan batu bara melalui anak usahanya, PT Tuah Turangga Agung (“TTA”). Sebagai induk dari unit usaha pertambangan, TTA memegang kepemilikan atas sejumlah konsesi tambang batu bara dengan perkiraan total cadangan sebesar 400 juta ton (combined reserve) yang terdiri dari batu bara kualitas menengah dan kualitas tinggi.

Pembangunan di Indonesia masih terus akan berlanjut, ditambah ada rencana Ibu Kota Indonesia yang akan dipindahkan ke Kalimantan. Tentunya ini akan memberikan dampak terhadap perusahaan-perusahaan yang berkaitan dengan pembangunan, seperti PT. United Tractors Tbk. (UNTR).

Bukan tidak mungkin dengan gencarnya pembangunan akan membuat harga saham UNTR akan semakin meningkat. Saham ini mungkin bisa menjadi salah satu yang bisa kamu masukkan dalam daftar saham yang kamu ingin miliki, mungkin saja beberapa tahun kedepan akan memberikan untung pada investasimu.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait