Bisnis & Kerja Sampingan

Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Memulai Bisnis Peternakan

bisnis peternakan

Ajaib.co.id – Bisnis peternakan bisa menjadi pilihan untuk memulai usaha karena permintaan akan hewan ternak sangat tinggi. Namun jangan terburu-buru, karena ada beberapa hal penting yang perlu kamu perhatikan. Untuk itu, ada baiknya kamu simak ulasan berikut ini.

Tujuan dari setiap bisnis yang dibangun adalah menghasilkan keuntungan. Misalnya saja, bisnis peternakan atau hewan ternak, tujuannya yaitu memperoleh keuntungan.

Akan tetapi, cara untuk memperoleh keuntungan tersebut yang menjadi perbedaan. Hal ini karena bisnis peternakan membutuhkan berbagai pertimbangan ketika kamu memilih jenis bisnis ini.

Selain modal yang tidak sedikit, kamu juga harus merawat hewan ternak tersebut hingga bisa sehat, kuat, dan layak untuk dijual, bahkan dengan harga tinggi.

Hal ini jelas pemahaman yang harus kamu ketahui seperti jenis makanan, vitamin, cara merawat, dan masih banyak lainnya. Oleh karena itu, berikut ini penjelasan yang bisa menjadi pemahaman hal-hal yang harus diperhatikan ketika memutuskan untuk membangun bisnis peternakan.

Memilih Jenis Bibit Unggul secara Tepat

Ketika memulai bisnis peternakan, hal yang dilakukan di awal adalah membeli bibit unggul secara tepat. Walau harganya mahal, bibit unggul ini akan menjadi produk yang terjamin dan berkualitas. Hal ini jelas akan mempengaruhi bisnis kamu ke depan, di mana hewan ternak kamu akan sehat, kuat, dan bernilai tinggi.

Pemilihan bibit unggul ini jelas berlaku pada semua jenis hewan ternak yang akan dipilih. Mulai dari unggas, kambing, domba, sapi, dan jenis lainnya. Hal ini berarti kamu harus memahami pengetahuan tentang bibit unggul secara baik.

Hewan ternak mana yang merupakan bibit unggul dan mana yang tidak. Bagaimana cara mengembangbiakkan jenis hewan yang merupakan bibit unggul dan larangan untuk mengembangbiakkan hewan bibit unggul dengan yang tidak.

Hal ini sangat penting dilakukan bagi pemilik bisnis peternakan dalam mempertahankan kualitas hewan ternak yang dimiliki.

Memberikan Makanan dan Vitamin Ternak

Untuk menghasilkan kualitas hewan ternak yang bernilai tinggi, di mana hewan ternak memiliki tubuh sehat, kuat, dan bobotnya ideal, dipengaruhi oleh asupan secara tepat. Pilihlah produsen pakan ternak yang sudah terverifikasi dalam menyalurkan pakan ternak. Hal ini jelas dapat mempertahankan bobot ideal hewan ternak ke depan.

Selain pemilihan pakan ternak, jangan lupa juga untuk memberikan vitamin ternak secara rutin. Hal ini dilakukan untuk menghindari hewan ternak dari berbagai macam serangan penyakit. Pemberian vitamin ini tentu harus disesuaikan dengan kebutuhan setiap hewan ternak, di mana takaran vitamin dan waktu pemberian harus diperhatikan secara baik.

Ketika makanan dan vitamin ternak sudah terpenuhi, kualitas yang akan dihasilkan dari setiap hewan ternak pastinya tinggi. Kamu tidak perlu lagi khawatir akan kualitas yang dihasilkan.

Apalagi kamu sudah menjadi salah satu penyedia hewan ternak untuk kebutuhan beberapa tempat seperti restoran, pasar swalayan, hingga hotel. Hal ini karena kualitas dan keamanan setiap hewan ternak yang kamu jual sudah terjamin.

Memperhatikan Tempat dan Kebersihan Kandang secara Tepat

Memiliki bisnis ternak berarti harus peduli dengan hewan ternak yang dimiliki. Selain perawatan dan makanan yang diberikan, kebersihan kandang juga harus diperhatikan.

Hal ini jelas akan memberikan kenyamanan pada hewan ternak dan juga lingkungan sekitar. Ketika membangun sebuah bisnis peternakan, tempat atau lokasi harus dipilih secara baik dan tepat.

Hewan ternak yang dimiliki tentu menghasilkan limbah ternak yang dapat menghasilkan bau tidak sedap dan juga berbagai macam penyakit yang dapat tersebar. Di dalam bisnis ternak, tentu sudah diatur regulasi yang harus dipatuhi ketika kamu akan membangun sebuah peternakan.

Pilihlah lokasi yang cukup strategis dan jauh dari lingkungan penduduk. Hal ini untuk meminimalisir gangguan yang dapat terjadi di lingkungan sekitar peternakan.

Setelah kamu memahami beberapa hal yang penting untuk diperhatikan sebelum membuka bisnis peternakan, tentukan jenis hewan ternak mana yang sekiranya cocok dan memiliki peluang cukup besar. Nah, berikut ini beberapa jenis bisnis peternakan yang bisa kamu pilih untuk memulai usaha:

Peternakan Sapi Potong

Kebutuhan akan daging sapi di beberapa negara termasuk Indonesia tentu sangat tinggi. Apalagi kini mulai banyak bermunculan restoran yang menyajikan masakan dengan daging sapi sebagai bahan utama. Akan tetapi, ketersediaan daging di Indonesia masih belum bisa memenuhi permintaan pasar sehingga impor daging pun harus dilakukan.

Hal ini yang membuat bisnis peternakan sapi merupakan peluang usaha yang sangat menguntungkan. Jika kamu memiliki modal cukup besar, kamu bisa memulai untuk bisnis peternakan sapi. Namun, perhatikan juga lokasi yang menjadi kandang dan ketersediaan bibit unggul agar produk yang kamu hasilkan mampu bersaing karena kualitas tinggi.

Peternakan Ayam Petelur

Konsumsi telur di Indonesia sudah tidak bisa dipisahkan lagi dari menu harian. Telur yang kaya akan protein ini bisa dijadikan peluang bisnis yang menguntungkan yaitu dengan bisnis peternakan ayam petelur.

Kamu bisa memulai bisnis ini dengan mencari lahan atau tempat yang umumnya jauh dari pemukiman padat. Lalu, pilihlah bibit unggul dari jenis ayam untuk menghasilkan telur yang berkualitas. Ketika sudah musim bertelur, kamu bisa memanen hasilnya setiap hari.

Peternakan Kambing

Bisnis peternakan berikutnya yang memiliki peluang besar untuk menghasilkan keuntungan adalah peternakan kambing. Di mana, permintaan daging kambing oleh beberapa pengusaha kuliner yang menyajikan masakan dengan bahan kambing cukup tinggi.

Ditambah, ketika mendekati hari raya Idul Qurban, permintaan akan kambing juga meningkat tajam. Tidak heran jika peternakan kambing bisa menjadi pilihan.

Peternakan Ikan Lele

Peternakan ikan lele sangat eratnya dengan bisnis kuliner pecel lele yang ada di mana-mana. Hal ini yang membuat permintaan ikan lele juga tidak kalah tinggi. Apalagi perawatan ikan lele ini tidak terlalu sulit dan modalnya pun tidak sebesar bisnis peternakan lainnya. jika kamu tertarik dengan bisnis yang satu ini kamu bisa memulainya.

Masih ada beberapa bisnis peternakan yang bisa menjadi pilihan kamu dalam memulai usaha. Apalagi permintaan akan daging hewan ternak terus meningkat, seiring bermunculannya bisnis kuliner di mana-mana. Kamu harus melihat fenomena ini sebagai peluang untuk membuka usaha khususnya di bidang peternakan untuk mendapatkan keuntungan.

Di dalam berbisnis, dibutuhkan keberanian untuk siap menghadapi hal-hal yang dapat terjadi di depan, baik keuntungan hingga kerugian. Jika kamu belum siap akan hal tersebut, kamu masih bisa mencari alternatif lain untuk mendapatkan keuntungan yaitu dengan berinvestasi. Salah satu investasi yang dapat menghasilkan keuntungan adalah investasi reksa dana.

Apalagi kini investasi reksa dana bisa dilakukan secara online melalui smartphone yaitu dengan menggunakan aplikasi Ajaib. Ajaib merupakan media investasi yang dapat membantu kamu berinvestasi khususnya pada reksa dana.

Dengan menggunakan Ajaib, kamu dapat menemukan jenis reksa dana mana yang cocok dengan kebutuhan seperti reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana saham, dan masih banyak lainnya.

Yuk, download aplikasi Ajaib di smartphone kamu dan temukan kemudahan dalam berinvestasi sekarang.

Bacaan menarik lainnya:

Coulter, M. (2002). Strategic Management in Action.SecondEdition. New Jersey :Prentice-Hall


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait