Emas

Hal-hal yang Membedakan Cincin Emas Putih dengan Emas Kuning

cincin emas putih

Ajaib.co.id – Ketahanan dan kekuatan cincin emas putih menjadi kelebihan dari jenis emas putih jika dibandingkan dengan emas kuning. Selain itu, apa lagi perbedaan dari kedua jenis emas ini?

Permintaan emas dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan secara pesat. Hal ini disebabkan karena nilai dari setiap emas juga terus meningkat setiap tahunnya. Bisa dikatakan nilai atau harga emas sangat jarang untuk turun.

Tidak heran jika emas menjadi instrumen investasi dengan risiko yang cukup rendah. Banyak orang yang membeli emas dan menyimpannya dalam jangka waktu tertentu, kemudian dijual dengan harga yang lebih besar dari harga beli.

Namun, apakah kamu tahu jika emas memiliki jenis lain selain emas kuning? Jenis emas yang dimaksud adalah emas putih. Lalu, apakah ada perbedaan dari kedua jenis emas tersebut, di mana cincin emas putih dengan cincin emas kuning apakah memiliki perbedaan?

Nah, untuk menjawab pertanyaan ini kamu bisa memahaminya melalui penjelasan berikut.

Perbedaan Emas Putih dan Emas Kuning

Emas putih merupakan jenis emas yang terdiri dari campuran emas, perak, serta platinum. Nilai kandungan dari campuran tersebut yaitu 75 persen pada emas serta 25 persen pada perak dan platinum.

Emas putih memiliki warna yang cenderung putih berkilau karena biasanya dilapisi dengan logam berwarna putih atau disebut rhodium untuk mempercantik tampilan emas putih.

Sementara pada jenis emas kuning, emas ini merupakan campuran antara 75 persen emas serta 25 persen kandungan tembaga dan seng. Untuk bentuk dari emas kuning sendiri pada umumnya yaitu emas perhiasan dan emas batangan. Warna emas kuning ini memang sangat cocok dijadikan perhiasan karena kesan yang dihadirkan yaitu klasik dan mewah.

Selain itu, emas kuning juga cocok pada orang yang rentan akan alergi karena tidak adanya kandungan nikel pada emas kuning. Jadi, kamu bisa menggunakan cincin emas kuning sebagai perhiasan dibanding cincin emas putih.

Jika dibandingkan dari segi harga, memang emas putih lebih mahal. Namun, emas kuning memiliki nilai yang lebih tinggi jika disimpan pada jangka panjang karena nilainya yang terus naik setiap tahun.

Daya Tahan Emas Putih dan Emas Kuning

Jika dibandingkan daya tahan dari kedua jenis emas ini, maka bisa dikatakan cincin emas putih yang terbuat dari jenis emas putih lebih tahan lama dibanding emas kuning. Hal ini karena cincin emas putih tersebut telah dilapisi dengan rhodium yang mampu membuatnya tahan lama daripada jenis emas kuning.

Sementara emas kuning hanya dicampurkan dengan kandungan yang membuatnya keras sehingga emas kuning akan lebih mudah tergores ketika bergesekan dengan benda keras lainnya.

Perawatan Emas Putih dan Emas Kuning

Jenis kandungan yang berbeda antara kedua emas ini membutuhkan perawatan yang berbeda pula. Di mana, emas kuning yang lembut dan memiliki ketahanan warna yang lemah sehingga jika ingin terus mempercantik warna emas kuning, dibutuhkan pemolesan.

Sementara pada emas putih lebih tahan lama dan warna yang memudar atau berubah tergantung dari seberapa sering kamu menggunakan emas putih dalam beraktivitas.

Kandungan Nikel pada Jenis Emas Putih dan Emas Kuning

Pada emas yang dijadikan perhiasan, beberapa produsen menggunakan campuran nikel pada emas tersebut. Kandungan nikel ini dapat mempengaruhi kulit penggunanya memiliki alergi atau gatal-gatal.

Pada emas putih, walau lapisan rhodium ada pada emas putih, namun jika lapisan ini memudar maka kulit akan bersentuhan langsung dengan emas yang ada kandungan nikelnya. Oleh karena itu, disarankan untuk memastikan kandungan nikel pada toko perhiasan yang kamu kunjungi. Hal ini untuk menghindari kejadian tersebut.

Perbedaan Harga pada Emas Putih dan Emas Kuning

Jika kamu mencari nilai pada jenis emas tertentu yang harganya mahal, maka emas putih adalah pilihannya. Walaupun nilai karat yang ada pada jenis emas putih dan emas kuning sama, namun lapisan rhodium pada emas putih membuat harga emas putih lebih mahal jika dibandingkan dengan emas kuning.

Oleh karena itu, kamu bisa memilih cincin emas putih sebagai perhiasan untuk acara seperti pernikahan atau pertunangan.

Kelebihan dan Kekurangan dari Jenis Emas Putih dengan Emas Kuning

Untuk lebih jelasnya dalam membandingkan kedua jenis emas ini kamu bisa mengacu pada kekurangan serta kelebihan yang ada ketika hendak membeli emas. Hal ini untuk menambah rasa yakin kamu dalam memilih jenis emas mana yang cocok. Berikut penjelasannya:

Kelebihan Emas Putih

  • Campuran logam dan lapisan rhodium menjadikan emas putih lebih kuat serta tahan lama.
  • Emas putih memiliki bobot yang ringan.
  • Tampilan emas putih lebih elegan dan modern karena warnanya yang putih keabu-abuan sangat cocok dijadikan perhiasan.
  • Warna dari emas putih juga akan membuat penggunanya lebih bersinar.

Kelebihan Emas Kuning

  • Risiko alergi pada penggunaan emas kuning sebagai perhiasan akan lebih rendah karena tidak adanya kandungan nikel.
  • Harga emas kuning lebih murah jika dibandingkan dengan emas putih.
  • Emas kuning tidak perlu dilapisi ulang dengan kandungan tertentu.
  • Warna emas kuning sangat cocok digunakan sebagai perhiasan yang ingin menampilkan kesan klasik dan mewah.

Kekurangan Emas Putih

  • Adanya kandungan nikel pada beberapa emas putih sehingga dapat menimbulkan alergi pada pengguna yang memiliki kulit sensitif.
  • Lapisan rhodium pada emas putih sangat mudah untuk pudar sehingga harus dilakukan pemolesan ulang.

Kekurangan Emas Kuning

  • Warna emas kuning hanya cocok digunakan pada beberapa pengguna yang memiliki kulit hangat sehingga pengguna dengan jenis kulit lain akan terlihat pucat dan pudar saat menggunakannya.
  • Dibutuhkan pemolesan secara berkala demi mempertahankan warna kilau emas kuning.
  • Emas kuning lebih mudah tergores.

Menggunakan emas sebagai perhiasan memang membutuhkan beberapa pertimbangan seperti yang sudah dijelaskan. Hal ini karena berhubungan dengan tampilan yang ingin didapatkan ketika menggunakan emas sebagai perhiasan.

Misalnya saja pada penggunaan cincin emas putih sebagai perhiasan di waktu pernikahan. Akan tetapi, jika kamu menggunakan emas sebagai media atau instrumen dalam berinvestasi, kamu bisa memilih jenis emas yang biasa diperjualbelikan dengan keuntungan besar.

Selain emas, ada juga instrumen investasi yang dapat digunakan untuk mendapatkan keuntungan dengan risiko rendah seperti reksa dana. Apalagi kini investasi reksa dana bisa dilakukan secara mudah dan praktis melalui smartphone dengan menggunakan aplikasi Ajaib. Ajaib merupakan media investasi yang dapat membantu kamu berinvestasi khususnya investasi reksa dana.

Ajaib juga memandu kamu untuk menemukan jenis reksa dana mana yang cocok dengan kebutuhan. Dengan menggunakan Ajaib, kamu bisa merencanakan keuangan kamu di masa mendatang seperti biaya untuk membeli mobil, rumah, biaya pernikahan, membuka usaha, dan lain sebagainya. Tentunya dengan keuntungan yang besar dan risiko rendah ketika berinvestasi reksa dana.

Jadi, kamu bisa mulai mencoba berinvestasi reksa dana dengan mudah di aplikasi Ajaib. Yuk, download aplikasi Ajaib di smartphone dan temukan kemudahan dalam berinvestasi sekarang.

Bacaan menarik lainnya:

Benepe, R. And Deshpande, A. (2010). Investing In Gold. Wall Street Transcript


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait