Cara Membuat Baju untuk Fashion atau Bisnis

cara membuat baju
cara membuat baju

Perkembangan teknologi saat ini cukup mempermudah pekerjaan manusia. Mendapatkan informasi saat inipun sangat mudah untuk dilakukan. Semisal kamu ingin membuat baju, mencari cara membuat baju di internet akan banyak pilihan.

Generasi milenial pastinya memiliki segudang bakat dan minat yang semuanya bisa berpotensi untuk dijadikan sebagai bisnis yang menghasilkan uang. Jika kamu pernah melihat baju yang fashionable namun harganya mahal, kini saatnya kamu membuatnya sendiri. Hal ini bisa menjadi peluang bisnis baju untuk kamu.

Berikut cara membuat baju yang bisa kamu lakukan untuk berbagai keperluan, baik itu baju gaun, baju untuk fashion, ataupun baju bisnis:

Mengukur Pola Sebelum Membuat Baju

Cara membuat baju yang pertama adalah kamu harus membuat polanya dahulu. Desainer profesional juga menerapkan cara ini sebelum mulai membuat bajunya. Langsung mengukur dan membuat pola diatas kain juga cukup efisien.

Setelah selesai membuat pola. Cara membuat baju berikutnya adalah menentukan ukuran yang sesuai dengan badanmu, jika baju ini akan kamu pakai. Saat mengukur kamu harus teliti agar baju tidak kebesaran atau kekecilan karena akan mempengaruhi kenyamananmu.

Mengukur Panjang Baju

Mengukur Panjang baju sesuai keinginanmu. Mengukurnya dimulai dari ujung pundak atas.

Lingkar Dada

Mengukur lingkar dada dimulai dari bawah ketiak dan lingkarkan ke badan kamu.

Lingkar Leher

Mengukur lingkar leher juga dengan lingkarkan pita meteran di bagian leher yang paling besar.

Panjang Lengan

Mengukur panjang lengan dimulai dari pundak bagian bawah.

Lebar Bahu

Mengukur lebar bahu dimulai dari titik bahu tertinggi pada leher sampai titik bahu terendah di ujung bahu bagian lengan.

Lingkar Pinggul

Mengukur pinggul dengan melingkarkan pita meteran. Lingkar pinggul biasanya 20cm dari pinggang.

Lingkar Pinggang

Lingkarkan meteran kamu pada pinggang bagian terkecil.

Lingkar Pergelangan Tangan

Ukur melingkar pergelangan tangan kamu.

Lingkar Kerung Lengan

Kerung lengan adalah bagian lengan yang dekat dengan bahu. Mengukurnya dengan melingkarkan meteran melewati ketiak.

Buat Pola Baju

Selesai mengukur, langkah selanjutnya adalah membuat pola untuk bagian-bagian baju yang lainnya. Seperti pola untuk bagian depan atau belakang. Gunakanlah pola-pola yang sudah kamu buat untuk memotong kain dari bagian depan baju.

Trik Memotong Kain

Cara membuat baju selanjutnya adalah memotong kain. Gelar kain pada permukaan yang rata. Potong kain mengikuti pola yang sudah kamu buat di atas kain tersebut agar sesuai ekspektasi. Potonglah dengan menambahkan 2 cm lebih lebar untuk jahitan.

Untuk bagian lengan. Potong dan pisahkan dengan bagian badan, lalu nanti disambung lagi dengan bagian badannya saat proses menjahitnya. Untuk bagian belakang baju, potong dan pisahkan dengan bagian depan.

Mulai Menjahit

Mulailah menjahit sesuai pola yang sudah ada. Dahulukan bagian badan yang terlebih dulu untuk mempermudah proses penjahitan. Balik kain sehingga bagian dalam kain menjadi bagian luar, lalu lipat 0,5 cm pada kedua sisinya. Kamu bisa gunakan setrika.

Cara membuat baju dengan mengikuti pola-pola untuk menjahit bagian baju yang lainnya. Untuk menjahit bagian leher, lipat 0,5 cm pada sisi leher lalu setrika sampai rata. B

uat tusuk lurus sepanjang garis leher agar tidak berantakan. Untuk bagian bawahnya, lipat lagi 0,5 cm, lalu setrika untuk mempermudah. Agar lebih rapi lagi, tiap pinggiran kain sebaiknya di obras, agar tidak berserabut. Kamu bisa menambahkan berbagai hiasan seperti renda, manik-manik atau apa saja untuk menunjukkan gaya kamu sendiri.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait