Investasi

Binary Trading: Pengertian, Keuntungan, dan Tips

Binary Trading

Ajaib.co.id – Binary Trading atau juga dikenal sebagai binary option trading adalah jenis trading atau perdagangan dengan opsi pembayaran tetap, di mana kamu dapat memprediksi hasil dari dua hasil. 

Jika prediksi kamu benar, kamu menerima pembayaran yang disepakati. Jika tidak, kamu kehilangan uang pembayaran awal kamu, dan tidak lebih. Ini disebut ‘biner’ karena hanya ada dua hasil – menang atau kalah.

Trading binary sangat bergantung pada dua pilihan naik atau turun, karena itulah sebutan binary ini muncul, yang berarti dua pilihan.

Sebelum trading, kamu harus memilih apakah sebuah pasangan mata uang akan naik atau turun, kemudian setelah rentang waktu habis, jika prediksi kamu benar, maka kamu akan mendapatkan keuntungan, sedangkan jika prediksi kamu salah, maka kamu akan rugi berdasarkan perjanjian di awal.

Dalam trading jenis ini, biasanya akan menggunakan sebuah platform otomatis yang akan memasukkan setiap order kamu dan melakukan perhitungan kerugian dan keuntungan yang kamu dapatkan.

Keuntungan dari Binary Trading

Selain kesederhanaan proposisi ‘ya atau tidak’, binary options trading platform juga sangat fleksibel. Ini memberi kamu kemampuan lebih untuk melakukan trading di pasar, berikut adalah keuntungan dari binary option trading.

  1. Perdagangan di pasar yang mendasarinya juga meliputi forex, indeks saham, komoditas, dan banyak lagi.
  2. Memprediksi pergerakan pasar menggunakan jenis perdagangan naik / turun, sentuh / tidak sentuh, dan masuk / keluar.
  3. Durasi trading (option expires) yang fleksibel, yakni dari 10 detik hingga 365 hari.
  4. Mendapatkan untung yang berlipat ganda. Kerugian terbatas pada pembayaran atau setoran awal kamu dan tidak lebih.
  5. Memulainya dengan harga yang murah dengan aplikasi di smartphone.

Jadi, jika kamu tertarik dengan binary trading. Berikut adalah beberapa tips yang benar-benar dapat membantumu untuk memulainya dalam waktu dekat.

1. Tentukan Batas

Kamu perlu menentukan tepi atau batasan trading kamu secara objektif. Ini berarti, kamu harus mengidentifikasi variabel yang menentukan keunggulan kamu.

Seperti menentukan put option dan call option dengan strike price di titik yang kamu inginkan. Jangan lupa expiry time-nya.

Variabel harus sejelas mungkin. Sehingga setiap perdagangan ditindaklanjuti seobjektif mungkin. Tidak ada variabel yang harus ditentukan oleh suasana hati kamu setiap kali kamu melihat peluang.

Menentukan batas adalah salah satu cara terbaik untuk menekan angka kerugian yang bisa saja terjadi, dan juga mengatur keuntungan dengan benar dan sistematis.      

2. Tentukan Risiko

Risiko untuk masing-masing perdagangan yang kamu lakukan harus ditentukan sebelumnya. Kamu bisa mengatakan kamu berisiko hanya 10% dari modal trading kamu per perdagangan. Atau 5% dari modal, atau berapapun persentase yang kamu inginkan. 

Tapi kamu harus tetap pada presentasi itu. Tidak peduli seberapa percaya diri kamu setelah menang beruntun. Tetaplah bertahan pada persentase risiko yang kamu tentukan, dan jangan biarkan kepercayaan dirimu mengalahkan hal logis yang dapat dengan jelas diukur.

Jangan menambahkan persentase risiko walaupun kamu menang secara beruntun, dan membiarkan trading-mu menjadi sia-sia saat keberuntungan tidak memihak.

3. Terima Risiko

Kamu harus menerima risikonya. Menerima risiko dan mengetahui ada risiko, tidak berarti hal yang sama. Kamu harus melepaskan rasa ‘tanpa risiko’ di setiap perdagangan. 

Setiap perdagangan bisa jadi menyebalkan atau kamu belum beruntung. Segalanya dan apapun bisa terjadi. Akibatnya, tidak peduli seberapa bagus pengaturannya, kamu mungkin akan kalah.  

4. Jangan Ragu

Lakukan trading yang kamu yakini tanpa ragu-ragu. Jika kamu melihat peluang, sesuai dengan strategi kamu, jangan ragu-ragu untuk mulai menyelaminya. Jangan ragu atau berpikir dua kali. 

Jangan biarkan ketakutan kamu menghalangi kamu untuk bertindak berdasarkan apa yang kamu yakini, dan tidak ada orang lain yang bisa mendefinisikan sebuah peluang. 

5. Pantau Kerentanan 

Kamu harus terus memantau kerentanan kamu untuk menghindari kesalahan. Kesalahan karena suasana hati atau ketakutan kamu akan menyebabkan kerugian besar pada trading-mu.        

6. Stop Loss

Kamu perlu mendefinisikan stop loss. Untuk trading opsi biner, untuk setiap posisi, ada rentang waktu di mana kamu dapat menarik diri dari perdagangan. 

Jika perdagangan ada pada suatu titik tertentu, dan trading itu sudah ada pada titik yang telah kamu rancang untuk kamu perbaiki, jangan ragu untuk keluar dari perdagangan. Menghindari dan memperbaiki lebih baik daripada harus kehilangan semuanya. 

7. Bertindak Tanpa Ragu

Kamu perlu bertindak berdasarkan poin-poin di atas tanpa ragu-ragu. Jika sesuatu membuatmu yakin maka ambilah kesempatan itu dan jika kamu ragu, maka jangan memilih untuk melanjutkannya.    

Ada satu hal yang perlu kamu ketahui. Kamu mungkin melupakan segalanya saat trading, tetapi jangan lupa dengan frasa berikut:

“Perdagangan (trading) bukan tentang mengetahui apa yang terjadi selanjutnya. Ini tentang memiliki keunggulan.”

Percayalah bahwa metode yang kamu gunakan saat ini untuk trading hanya 20% dari apa yang menentukan total keberhasilan kamu. 

Apa yang menentukan 80% lainnya? Kamu mungkin ingin bertanya dan mendalaminya. Justru, 80% lainnya ditentukan oleh hal-hal psikologis yang menuntunmu selama trading.

Jadi, jika kamu mengalami kekalahan saat trading (losing trade), kamu harus meyakinkan dirimu untuk tetap tenang dan berhenti sejenak, mengoreksi kesalahan yang sudah kamu buat selama trading. Jangan menjadi seorang yang keras kepala terhadap diri sendiri, kamu adalah kritikus terbaik untuk dirimu sendiri.

Apakah kamu dapat terus melakukan hal yang sama persis, tanpa harus berpikir dua kali setelah empat perdagangan mengalami kekalahan beruntun? Sangat diragukan.

Jadi berhentilah sejenak dan pikirkan langkah selanjutnya untukmu. Di trading selanjutnya, lakukan yang lebih baik dengan mengetahui kesalahan-kesalahan sebelumnya.

Artikel Terkait