Perencanaan Keuangan

Apakah Kamu Benar-benar Membutuhkan Financial Advisor?

Ajaib.co.id – Keuangan dan finansial sudah bukan barang baru lagi bagi masyarakat Indonesia. Internet menyediakan berbagai edukasi tentang finansial, mulai dari perencanaan keuangan, cara membayar utang, strategi menabung, hingga berinvestasi, semuanya gratis hanya bermodalkan jari. Lalu mengapa hingga saat ini masih banyak masyarakat yang membutuhkan dan menggunakan jasa financial advisor?

Hal ini dikarenakan ada kecenderungan di saat individu melakukannya sendiri, hasilnya tidak sebaik financial advisor dan waktu yang bisa kamu gunakan untuk hal lain malah dimanfaatkan untuk sesuatu yang hasilnya belum jelas. Namun, tidak ada yang salah dengan mengelola finansial secara mandiri jika memang kondisi keuangan tidak memadai.

Jika kamu memutuskan untuk menggunakan penasihat keuangan, pastikan yang menggunakan asas fiduciary. Apa itu fiduciary? Menempatkan kepentingan kamu sebagai klien di atas kepentingan si penasihat keuangan itu sendiri. Namun, fakta di lapangan sulit untuk dinilai karena mereka juga perlu menghasilkan uang. Pada akhirnya kamulah yang paling mengerti kondisi keuangan diri sendiri.

Mengelola keuangan diri sendiri tidak hanya memungkinkan kamu menghemat uang, tetapi juga menawarkan peluang untuk memastikan portofolio disesuaikan dengan toleransi risiko, preferensi, dan target finansial, karena kamu yang paling memahami dirimu lebih baik dari siapapun. 

Financial Advisor Memang Berpengalaman, Tapi

Informasi tentang keuangan dan finansial sudah tidak terbatas, siapapun dapat mengaksesnya secara gratis. Pertimbangkan untuk memanfaatkan peluang ini untuk meningkatkan pengetahuanmu tentang keuangan dan finansial. Dua puluh tahun yang lalu, misalnya, investor individu kerap kali meminta bantuan ke penasihat keuangan untuk mendapatkan informasi terkait saham terbaik. Saat ini, informasi tersebut tersedia untuk umum dan dapat diakses secara gratis. 

Kamu tidak perlu lagi financial advisor untuk berinvestasi dalam instrumen investasi yang sesuai dengan profil risiko karena Ajaib sebagai platform yang menyediakan instrumen reksa dana menawarkan kemudahan tersebut secara gratis. Investor hanya perlu menentukan profil risiko mulai dari konservatif, moderat hingga agresif yang nantinya Ajaib akan menyediakan sejumlah reksa dana yang sesuai dengan risiko tersebut.

Jika kamu ingin mengetahui tentang finansial dan keuangan secara lebih dalam, Ajaib juga menyediakan artikel yang dapat membantu kamu dalam berinvestasi, mulai dari strategi, mitos investasi, perencanaan keuangan, tips & trik memilih investasi yang sesuai dengan kondisi finansial dan profil risiko.

Komitmen Waktu

Financial advisor atau biasa dikenal penasihat keuangan sudah dari dulu menyuarakan keuntungan menggunakan jasa mereka, salah satunya analisis strategi investasi secara menyeluruh sehingga kamu hanya perlu bersantai menikmati keuntungannya. Namun sayangnya, saat ini sudah banyak teknologi finansial yang mengotomatisasikan proses perhitungan yang rumit menjadi investasi sederhana yang nyaman bagi semua investor.

Teknologi seperti robo-advisors menyeimbangkan portofolio investor secara otomatis dan mengalirkan keuntungan dengan cerdas sesuai dengan kondisi dan target finansial. Kemudahan ini membuat investor tidak perlu menghabiskan waktu untuk melakukan investasi secara manual karena metode ini akan membuat investor memiliki kontrol penuh atas uang mereka tanpa mempertaruhkan waktu yang berharga.

Pada akhirnya, platform investasi di ponsel seperti yang dimiliki Ajaib menjadi solusi karena dapat dioperasikan di mana saja dan kapan saja. Investor tidak perlu melakukan panggilan ke orang yang memberikan nasihat keuangan tentang strategi investasi yang akan dijalankan karena lewat aplikasi ponsel, investor dapat mengecek kinerja portofolio atau membuat penyesuaian sesederhana dengan satu sentuhan.

Biaya

Entah itu beban biaya komisi, biaya administrasi, biaya tarif perjam, atau biaya penjualan investasi, penasihat keuangan bisa menjadi sangat mahal dan justru menghabiskan uang. Meskipun terkesan kecil, jika biaya tersebut dihitung dalam jangka waktu panjang akan sangat terasa terhadap pengembalian investasi jangka panjang. Berdasarkan sebuah riset, biaya 1% selama 35% tahun saja dapat memangkas penghasilan mencapai 28%.

Jika jangka waktu investasi yang kamu terapkan lebih pendek dari 10 tahun, biaya 1 persen akan sangat terasa. Katakanlah kamu menghasilkan return 5% dan penasihat keuangan mendapatkan jatah 20%. Di kasus ini kamu telah mengorbankan sebagian besar return dari investasi, kamu telah menerima risikonya, dan kamu juga harus membayar jasa penasihat keuangan, bahkan ketika portofolio menunjukkan kerugian.

Jika memang kamu ingin menggunakan jasa financial advisor, pastikan mereka menggunakan asas fiduciary dan menawarkan biaya komisi yang lebih rendah untuk mengelola keuangan, sehingga sulit bagi mereka untuk menginvestasikan uang kamu instrumen investasi yang merugikan portofolio.

Jangan Berkompromi

Di masa lalu, investor individu dapat menghemat uang dengan mengelola investasi mereka sendiri atau membayar jasa penasihat keuangan. Namun kini tidak lagi demikian. Kamu tidak harus memilih antara menabung atau membuat keputusan yang lebih baik terkait masa depan keuangan.

Berbekal sumber daya yang tersedia saat ini, investor memiliki kendali penuh atas keuangan mereka untuk menggantikan jasa penasihat keuangan yang biayanya mahal. Investor yang memiliki kuasa penuh terhadap portofolionya akan memiliki kekuatan untuk mendapatkan lebih banyak keuntungan karena mereka dibekali dengan pengetahuan finansial yang membantu mereka mencapai target finansial.

Kamu sebagai investor tahu kebutuhan dan target finansial lebih baik dari siapapun. Semua yang dibutuhkan sudah kamu miliki, yaitu otak, tangan, dan ponsel/tablet. Teruslah berinvestasi sembari mempelajari finansial, maka kamu akan banyak lebih belajar dan lebih peduli untuk menikmati prosesnya. Jadi, mulai sekarang berhenti untuk berkompromi dan jangan mengandalkan orang lain untuk membuat keputusan yang tepat terkait finansial. Percayalah, kamu akan mendapatkan hasil yang lebih baik jika melakukan sendiri.

Sumber: Do you really need a financial advisor?, dengan perubahan seperlunya.

Artikel Terkait