Investasi, Reksa Dana

Confirmation Letter untuk Investor Reksa Dana, Apa Itu?

Sebagai investor Ajaib, apakah kamu kerap kali menerima confirmation letter yang dikirimkan oleh Bank Kustodian ke alamat email-mu setiap bulannya? Tahukah kamu apa kegunaan confirmation letter tersebut? Kenapa kamu menerimanya? Apa yang harus dilakukan setelah menerimanya?

Agar tidak bingung, penting untuk memahami hal-hal umum yang perlu kamu ketahui tentang confirmation letter ini.

Apa itu Confirmation Letter?

Confirmation letter, kerap juga disebut e-statement atau surat konfirmasi, dikirimkan oleh Bank Kustodian sebagai bukti kepemilikanmu terhadap produk reksa dana di mana kamu menanamkan modal investasi.

Surat konfirmasi sebagai bukti kepemilikan suatu produk reksa dana ini tak ubahnya buku tabungan dan sertifikat deposito yang kamu dapatkan sebagai bukti kepemilikan produk perbankan yang kamu miliki.

Nah, dalam reksa dana, bukti kepemilikanmu dikirim berupa letter template, yakni surat konfirmasi.

Sebagai bukti kepemilikan, penting untuk menjaga baik-baik setiap email yang kamu terima dari bank kustodian yang berisikan surat konfirmasi ini.

Kapan Confirmation Letter Dikirim?

Jika kamu perhatikan lagi, surat konfirmasi ini akan kamu terima ketika transaksi investasi reksa danamu telah berhasil dikonfirmasi dan uangmu telah disimpan oleh Bank Kustodian. Kamu juga akan menerima surat konfirmasi ini setiap bulannya sebagai update dari kinerja produk reksa dana tersebut.

Email yang kamu terima kurang lebih seperti ini:

Setiap Bank Kustodian akan mengirim email yang berisi lampiran surat konfirmasi setelah kamu menyelesaikan transaksi.

Surat konfirmasi yang kamu terima ini berisi informasi dari detail transaksi yang telah kamu lakukan, terdapat juga rincian terkait nominal, biaya, serta harga reksa dana tersebut.

Setiap email akan berisi informasi mengenai rincian produk reksa dana di mana kamu berinvestasi.
Selain ketika transaksimu telah berhasil, kamu juga akan menerima surat konfirmasi di setiap awal bulan.

Kenapa Confirmation Letter Dikirim Setiap Bulan?

Selain sebagai konfirmasi ketika transaksimu telah berhasil, surat konfirmasi ini juga akan kamu terima setiap bulannya untuk memberikan informasi terkait mutasi transaksi yang terjadi selama satu bulan dan nilai saldo yang tercatat di akhir bulan sebelumnya.

Informasi setiap awal bulan yang bisa kamu dapatkan dari surat konfirmasi berupa rincian mutasi transaksi.

Siapa Pengirim Confirmation Letter?

Surat konfirmasi yang kamu terima dikirim bukan oleh Ajaib, melainkan oleh Bank Kustudian. Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memang menetapkan Bank Kustodian sebagai pihak yang berwenang mengirimkan surat konfirmasi kepada para investor reksa dana.

Masih ingatkah kamu apa itu Bank Kustodian?

Bank Kustodian merupakan lembaga yang bertanggung jawab menjalankan tugas sebagai administrator dan pengawas dari dana yang kamu investasikan di produk reksa dana tertentu.

Bank Kustodian yang mengirim surat konfirmasi kepadamu bisa berbeda-beda tergantung produk reksa dana di mana kamu berinvestasi.

Surat Konfirmasi bisa dikirim oleh Bank Kustodian yang berbeda-beda tergantung produk-produk reksa dana yang kamu pilih.

Bank Kustodian juga berperan untuk mengamankan aset keuangan investor reksa dana. Tugas administrator yang dijalankan Bank Kustodian yakni mencatat berbagai aktivitas yang berkaitan dengan Manajer Investasi (MI) atau investor reksa dana itu sendiri. Sedangkan aset yang dimaksud adalah segala jenis sekuritas dan aset berharga lainnya.

Bank Kustodian ditunjuk oleh Manajer Investasi selaku pihak yang berwenang mengelola investasimu.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Menerima Surat Konfirmasi?

Dikarenakan fungsi utama surat konfirmasi adalah bukti kepemilikan terhadap unit reksa dana tempatmu berinvestasi, kamu tidak perlu membalas email dari Bank Kustodian tersebut.

Hal yang perlu kamu lakukan adalah membaca dan menelaah rincian besaran investasi yang kamu miliki pada tiap-tiap reksa dana.

Jadi, kamu tidak perlu kaget jika kamu menerima surat konfirmasi setiap bulannya. Ingat juga bahwa surat konfirmasi ini bukan permintaan pembayaran atau semacamnya.

Justru, sebagai investor Ajaib, kamu dapat membawa surat konfirmasi ini ke Bank Kustodian yang mengirimnya jika terjadi hal yang tidak diinginkan dengan aplikasi Ajaib yang membuatmu tidak dapat melihat informasi terkait investasi reksa danamu.

Namun, jangan khawatir, Ajaib akan selalu memberimu informasi terlebih dahulu jika terdapat kendala pada sistem kami.

Semangat berinvestasi! Selalu ingat untuk berinvestasi secara rutin dan menerapkan metode diversifikasi, ya. Ingat pula, investor yang bijaksana tidak perlu terburu-buru menarik investasinya karena investasi rutin dalam kurun waktu jangka panjang berpotensi mendatangkan keuntungan lebih besar.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Artikel Terkait