Milenial

Anti Repot, Kini Cek BPKB Online Bisa Dilakukan melalui Smartphone

Kebutuhan akan kendaraan bermotor, baik mobil dan motor sekalipun, kini sudah menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian orang. Pasalnya, kendaraan tersebut dapat menunjang aktivitas harian mereka sebagai alat transportasi. Hal ini terkadang yang membuat orang ingin memiliki kendaraan walaupun kondisinya bekas atau second.

Tidak ada yang salah ketika kamu memutuskan untuk membeli kendaraan bekas dibanding baru. Dari segi harga jelas lebih murah mobil bekas dan kamu bisa memilih kondisi kendaraan yang masih sangat bagus. Hal yang harus diperhatikan ketika membeli mobil bekas, selain kondisi kendaraan, surat-surat dari kendaraan tersebut seperti BPKB dan STNK merupakan hal terpenting.

Cek BKPB online dan STNK melalui smartphone adalah salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui keaslian dari berkas-berkas kendaraan tersebut. Hal ini dilakukan untuk menghindari praktik pemalsuan pada surat-surat kendaraan yang kini marak terjadi. Bisa saja, surat kendaraan yang kamu miliki masuk dalam kategori surat-surat kendaraan palsu.

Oleh karena itu, penting untuk cek BPKB online atau langsung datang langsung ke samsat. Lalu, bagaimana cara mengetahui surat-surat kendaraan yang dimiliki, baik BPKB dan STNK, bisa dikatakan asli? Apalagi kini praktik pemalsuan juga melampirkan tanda tangan hingga cap dari Kepolisian Daerah atau Polda. Nah, simak penjelasan berikut ini agar kamu dapat mengetahui cara memeriksa keaslian dari surat-surat kendaraan yang dimiliki.

Cara Memastikan Keaslian BPKB

Buku Pemilik Kendaraan Bermotor atau disingkat BPKB merupakan salah satu bukti yang menunjukan kepemilikan atas kendaraan. Keberadaan BPKB pada suatu kendaraan tentu memiliki peran penting. Misalnya saja pada saat kamu ingin menjual kendaraan yang dimiliki, BPKB merupakan bukti sah bahwa kamu merupakan pemilik resmi dan kendaraan yang akan kamu jual tersebut bukanlah kendaraan bodong.

Nah, untuk memastikan keaslian suatu BPKB, kamu bisa mengetahuinya dengan cara berikut:

  • Memeriksa halaman depan atau cover dari BPKB, dokumen asli menggunakan bahan dengan warna lebih mengkilap dibandingkan dokumen palsu yang memiliki warna buram
  • Memeriksa hologram yang ada di halaman pertama BPKB, untuk mengetahui keasliannya bisa dilakukan dengan menerawang hologram. Jika warna saat diterawang abu-abu, maka dokumen bisa dipastikan asli, sementara jika warna berubah-ubah, maka dokumen bisa dibilang palsu.
  • Memeriksa nomor seri yang ada di bagian bawah hologram halaman pertama. Kamu bisa memastikannya dengan mengecek langsung ke pihak kepolisian lalu lintas.
  • Pada bagian identitas, dapat dilakukan pengecekan data pemilik kendaraan dan data kendaraan pada BPKB asli, sementara pada BPKB palsu, data pemilik kendaraan biasanya tidak berubah.
  • Memeriksa halaman ke 14 pada BPKB dengan lambang korlantas yang terlihat timbul saat diterangi sinar ultraviolet dan sedikit kasar jika dirasakan. Sementara pada BPKB palsu biasanya tekstur kertas rata.

Cara Memastikan Keaslian STNK

Surat Tanda Naik Kendaraan atau STNK merupakan surat izin dari kendaraan yang dimiliki untuk dapat dikendarai di jalan. STNK merupakan berkas penting yang harus dibawa oleh setiap pengendara ketika mereka menggunakan kendaraannya. Di mana, STNK berisi data kendaraan berupa nomor polisi atau plat kendaraan, warna motor, nama pemilik kendaraan, dan masih banyak lainnya.

STNK memiliki masa atau periode selama 5 tahun dan harus diperbarui melalui samsat. Untuk memastikan keaslian dari STNK, kamu bisa melakukannya dengan cara berikut:

  • Menyesuaikan data yang ada di STNK dengan contoh fisik kendaraan seperti jenis kendaraan, merek kendaraan, warna kendaraan, kapasitas mesin, dan nomor polisi.
  • Memeriksa tanda tangan serta cap yang ada di STNK.
  • Memeriksa nomor rangka pada kendaraan dan menyesuaikannya dengan data yang ada di STNK. Biasanya nomor rangka ada di bagian badan kendaraan.
  • Memeriksa nomor mesin pada kendaraan dan menyesuaikannya dengan data yang ada di STNK. Hal ini sama dengan menyesuaikan nomor rangka, hanya saja nomor mesin biasanya tertera pada bagian mesin kendaraan.
  • Membawa semua kelengkapan dokumen, baik STNK dan BPKB langsung ke Samsat.

Melakukan Cek BPKB Online Melalui Smartphone

Kepolisian RI memfasilitasi setiap pemilik kendaraan untuk memastikan keaslian dari surat-surat kendaraannya berupa BPKB dan STNK secara online dengan mengakses beberapa situs melalui smartphone. Hal ini dilakukan untuk membuat setiap pemilik kendaraan yang tidak memiliki waktu untuk berkunjung ke Samsat dalam memeriksa keaslian surat-surat kendaraan yang dimiliki.

Dengan mengunjungi beberapa situs yang dibedakan melalui wilayah atau provinsi masing-masing pemilik kendaraan, kamu bisa cek BPKB online secara mudah. Berikut beberapa situs yang dimaksud di antaranya:

DKI Jakarta

Dengan mengunjungi situs di http://samsat-pkb2.jakarta.go.id/ atau melalui pesan singkat berupa sms dengan format:

  • Ketik METRO
  • Spasi plat nomor kendaraan
  • Kirim ke 1717

Jawa Barat

Dengan mengunjungi situs di https://bapenda.jabarprov.go.id/infopkb/ atau melalui pesan singkat berupa sms dengan format:

  • Ketik poldajbr
  • Spasi plat nomor kendaraan
  • Kirim ke 3977

Jawa Timur

Dengan mengunjungi situs di https://www.esamsat.jatimprov.go.id/ atau melalui pesan singkat berupa sms dengan format:

  • Ketik JATIM
  • Spasi plat nomor kendaraan
  • Kirim ke 7070

Jawa Tengah

Dengan mengunjungi situs di https://dppad.jatengprov.go.id/ atau melalui pesan singkat berupa sms dengan format:

  • Ketik JATENG
  • Spasi plat nomor kendaraan
  • Kirim ke 9600

Nah, kemudahan dalam melakukan cek BPKB online atau STNK pada kendaraan yang kamu miliki adalah bentuk kepedulian untuk menghindari praktik pemalsuan surat-surat kendaraan yang dapat terjadi sewaktu-waktu. Apalagi bagi kamu yang biasa membeli kendaraan dengan kondisi bekas atau bahasa kerennya preloved.

Tidak hanya cek BPKB online saja yang bisa kamu lakukan melalui smartphone, namun kini kamu juga bisa berinvestasi saham dan reksa dana secara online dengan menggunakan aplikasi Ajaib. Ajaib merupakan media investasi online yang dapat membantu kamu berinvestasi. Dengan memilih saham atau reksa dana pada emiten saham serta manajer investasi yang terjamin keamanannya.

Sama halnya dengan cek BPKB online, investasi di Ajaib juga dijamin keamanannya karena Ajaib sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Kamu tidak perlu khawatir dan takut dana yang diinvestasikan akan hilang. Jadi tunggu apalagi, download aplikasi Ajaib di smartphone kamu dan temukan kemudahan dalam berinvestasi sekarang.

Artikel Terkait