Rumah Tangga Masa Kini

Ide Hadiah Ulang Tahun Murah Tapi Tidak Murahan

5 Ide Hadiah Ulang Tahun Murah Tapi Tidak Murahan

Ajaib.co.id – Hari ulang tahun adalah sebuah momen yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap orang. Momen bahagia tersebut akan terasa lengkap dengan rangkaian kejutan-kejutan kecil yang muncul dari orang terkasih, keluarga, sahabat atau kekasih. Sebagai orang terdekat, kamu pasti ingin memberikan hadiah ulang tahun terbaik untuk orang spesial yang merayakan ulang tahunnya. Tapi, perlu kamu ingat bahwa hadiah tidak melulu tentang barang-barang mahal.

Lalu, terkadang dalam mencari hadiah-hadiah murah, terkadang terlihat tidak sesuai atau malu-maluin. Nah, daripada momen tersebut membuat kamu malu, ada baiknya jika kamu mencari inspirasi ide unik dalam menyiapkan hadiah ulang tahun yang berkesan dan tidak murahan.

Daftar Kado Ulang Tahun Unik yang Bisa Jadi Inspirasi

Berikut adalah hadiah-hadiah berkesan yang tidak memerlukan banyak uang, namun akan dikenang sebagai hadiah yang berkesan. Berikut beberapa ide hadiah ulang tahun murah tapi tetap memiliki nilai

#1 Ucapan-ucapan unik dari orang terdekat

Ini adalah suatu hal yang paling sederhana dan tidak membutuhkan modal banyak. Misalnya saja, kamu mengumpulkan ucapan dan harapan dari orang-orang terdekat dan menuliskannya kedalam kertas. Kemudian gulunglah kertas dan dimasukkan kedalam botol wine bekas yang sudah dibersihkan. Setelah itu hiasi botol dengan sesuatu yang menarik, bisa berbentuk bunga atau tali-tali akar.

#2 Video khusus yang dikumpulkan

Hadiah selanjutanya yang bisa menjadi ide adalah sebuah video ucapan bersama oran terdekat atau video yang menunjukkan kenangan lama, rangkailah video-video tersebut dalam bentuk editan yang menarik dan latar musik yang asik. Usaha kamu dalam membuat video, bisa membuat seorang yang berulang tahun merasa spesial. Ini menjadi pilihan kado ulang tahun terbaik untuk orang terdekat, baik sahabat, pacar, ataupun orang tua. Dengan membuat video khusus ucapan selamat ulang tahun, mereka sebagai penerimanya akan merasa spesial dan tidak pernah akan melupakan video tersebut hingga jangka waktu yang sangat lama, bahkan hingga mereka tua.

#3 Makanan Favorit

Membuat makanan favorit di hari spesial adalah sebuah hal yang paling berkesan. Dalam proses membuat, kita pastinya akan berusaha lebih keras daripada biasanya untuk menciptakan masakan yang paling enak. Ini akan lebih berkesan daripadan hanya membeli makanan yang sudah jadi. Setelah jadi, kamu bisa menambahkan lilin di atasnya sebagai pengganti kue ulang tahun.

#4 Bucket Snack

Siapa yang tidak suka snack? Cokelat, permen, atau makanan ringan lainnya bisa dijadikan referensi untuk membuat bucket. Bucket snack, dapat disusun layaknya bucket bunga pada umumnya. Namun dibutuhkan usaha dan kesabaran yang sangat besar dalam merangkainya agar terlihat cantik. Tambahkan pita dan wrapping paper untuk hiasannya agar lebih menarik.

#5 Buat kompilasi lagu favorit

Jika yang berulang tahun adalah kekasih, beberapa hal yang romantis mungkin bisa Anda berikan kepada pasangan, misalnya saja lagu favorit saat menghabiskan waktu bersama. Kumpulkan lagu-lagu yang mengingatkan masa-masa romantis atau yang kamu dan pasanganmu sukai bersama. Selanjutnya kamu bisa dapat merangkumnya dalam bentuk CD kompilasi, atau video yang menunjukkan foto bersama, atau playlist musik dalam spotify.

#6 Perhiasan Emas

Selain itu, kamu juga bisa memberikannya perhiasan emas. Ini bisa menjadi hadiah yang romantis dan juga sangat bernilai. Jika kamu tidak memiliki uang yang cukup, kamu bisa membeli perhiasan dengan harga yang lebih murah. Biasanya emas dengan nilai karat di bawah 24 memiliki harga emas yang lebih terjangkau.

#7 Sketsa Wajah

Bagi kamu yang ingin memberikan kado ke pada orang terdekat dan tidak ingin dilupakan, serta menjadi kenang-kenangan, kamu bisa memilih memberikan hadiah sketsa wajah. Untuk mendapatkannya mudah, kamu bisa mencarinya di online shop atau website yang menyediakan jasa sketsa wajah. Kamu bisa mendapatkan beragam harga, mulai dari yang terjangkau hingga yang mahal, semuanya bisa disesuaikan dengan uang yang kamu miliki.

#8 Tanaman Hias

Saat ini banyak orang yang mulai menyukai tanaman hias berwarna hijau. Meski tidak hidup, ini juga bisa membuat pikiran lebih fresh. Mungkin belum banyak orang terpikir untuk memberikan kado tanaman hias. Sehingga, ini bisa jadi salah satu ide unik yang bisa kamu berikan ke sahabat. Kamu bisa berikan tanaman hias antimainstream, seperti kaktus berukuran mini. Agar semakin memberikan kesan, kamu bisa memberikan hias dalam pot gerabah kecil, kemudian berikan ucapan selamat ulang tahun di bagian depan pot.

#9 Action Figure

Ada beberapa orang yang suka mengumpulkan action figure unik dengan karakter atau tokoh kesayangannya. Dengan memberikan action figure sebagai hadiah, mereka akan sangat beruntung karena memiliki sahabat baik seperti dirimu yang memahami apa yang mereka inginkan.

Namun, harga action figure ini biasanya cukup mahal dan tersedia dalam jumlah terbatas, sehingga bagi kamu yang berniat memberikan kado ini, pastikan kamu nabung dulu dari jauh-jauh hari atau bisa mengajak beberapa teman kamu untuk patungan. Selain itu, pastikan juga action figure yang akan diberikan itu belum dimiliki oleh sahabatmu.

Itulah beberapa hadiah ulang tahun yang bisa kamu berikan kepada teman, sahabat, pacar, ataupun keluarga. Jadi, sudah tau mana yang cocok untuk mereka? Dengan memberi kado ulang tahun bagi mereka tepat di hari ulang tahunnya, mereka akan merasa senang dan juga merasa diperhatikan oleh kamu. Namun, pastikan kamu membeli kado yang bermanfaat untuknya. Jika ingin memberi kado barang seperti sepatu, baju, jam tangan, jaket, dan sebagainya, pastikan kamu membeli kado yang memang dibutuhkan dan akan digunakan untuk keseharian mereka. Agar kamu tidak salah memilih, cobalah ikuti beberapa tips di bawah ini sebelum membeli kado ulang tahun sahabatmu, orang tuamu, pacarmu, ataupun orang terdekat lainnya.

Tips Memilih Kado Ulang Tahun yang Tepat

#1 Pilihlah hadiah dengan kemasan lucu dan unik

Pertama kali yang akan dilihat ketika kamu memberikan kado adalah penampilan dari kado itu sendiri. Ini menjadi penting dan memberikan nilai tersendiri. Biasanya, mereka akan sayang membuang bingkisan tersebut karena sangking uniknya. Sebuah kado dengan kemasan yang menarik dan unik akan terlihat cantik walaupun tidak dibungkus dengan kertas kado.

Terdapat banyak jenis hadiah yang memiliki kemasan menarik, seperti makanan, bath salts, kosmetik, tea set, permen lucu, dan sebagainya. Belakangan ini, terarium juga menjadi barang yang cukup populer untuk dijadikan hadiah. Namun, saat ini orang-orang juga mulai menyukai herbarium yaitu kumpulan bunga yang diawetkan dan direndam di dalam minyak khusus, kemudian disimpan di botol bening.

#2 Ketahui barang yang telah lama diidamkan

Ketika di sela-sela obrolah, sahabatmu ataupun orang tuamu yang ingin diberikan kado mengatakan sedang menginginkan suatu barang, kamu bisa memberikan barang tersebut di hari ulang tahunnya. Sehingga, kamu tidak perlu bingung memilih dan ia pun akan menyukai hadiah tersebut.

Namun, jika dirasa barang yang mereka inginkan memiliki harga yang terlalu mahal, kamu bisa mengajak beberapa teman untuk patungan dan membeli hadiah tersebut untuknya. Nah, untuk memberikan efek terkejut, hindari untuk menanyakan langsung pada mereka itentang apa yang mereka ingunkan. Cobalah kamu mengingat-ingat, benda apa yang sedang mereka inginkan dan sedang membuat mereka tertarik, namunbelum dimilikinya.

#3 Cobalah memberikan barang yang habis terpakai

Biasanya banyak orang yang memilih untuk memberikan kado yang bisa disimpan dan dinikmati jangka panjang. Padahal, ada beberapa barang yang bisa kamu berikan dan tetap memberikan dampak positif bagi penerima, misalnya saja sabun mandi. Di mana, kini kamu bisa memberikan sabun mandi yang dihias ataupun dengan model yang menarik.

Ketika barang ini habis, mereka tetap akan merasa berkesan dengan hadiah yang kamu berikan. Namun, usahakan untuk memberikan barang dengan harga yang sedikit lebih mahal dibanding dengan yang biasa kamu gunakan.

Jika kamu memberi makanan, pilihlah makanan dengan rasa yang lezat. Sangat baik untuk memilih makanan yang jarang dibeli, tetapi ingin kamu coba. Cokelat dan karamel adalah ide hadiah yang baik karena dapat dijadikan camilan oleh sahabatmu. Kamu juga bisa memberikan cokelat mahal yang belum pernah kamu coba tetapi kamu yakin bahwa rasanya lezat. Tidak ada salahnya memberikan makanan mahal untuk dikonsumsi oleh sahabatmu di hari spesialnya.

#4 Berikan hadiah yang ukurannya sebesar telapak tangan

Ada baiknya juka kamu tidak memberikan hadiah yang ukurannya sangat besar. Di mana, mereka akan merasa repot ketika membawanya pulang. Namun, jika kamu ingin tetap memberikannya, pastikan kamu bertanya kepada mereka sebelum memberikannya. Misalnya, apakah hari ini ia bawa kendaraan sendiri atau naik angkutan umim, dan sebagainya.

Namun, ada baiknya kamu membeli hadiah yang kecil dan tidak terlalu berat, sehingga mereka bisa membawanya dengan mudah dan tidak merepotkan. Selain itu, kamu juga tidak perlu bertanya mengenai bagaimana mereka pulang hari itu.

#5 Berikan hadiah yang bertuliskan nama mereka

Setiap orang akan lebih terkesan jika menerima hadiah yang bertuliskan namanya. Kamu bisa memilih penulisan yang sesuai dengan bentuk hadiahnya, apakah berupa tulisan nama atau hanya inisial. Ada beberapa toko menyediakan layanan untuk menambahkan nama pada produk yang dijualnya. Hal ini dapat membuat hadiah kamu terasa lebih istimewa. Misalnya ketika kamu ingin membelikan kalung emas, kamu bisa memberikan liontik dengan inisial huruf pertamanya di dalam kalung tersebut. Atau ketika kamu ingin memberikan cincin, kamu bisa menuliskan namanaya di dalam lingkaran cincin.

#6 Pilih hadiah sesuai usia dan hubungannya dengan kamu

Selain itu, kamu juga harus memastikan bahwa hadiah yang kamu berikan telah sesuai dengan usian mereka dan juga kedekatan hubungan kamu dengannya. Misalnya, jika kamu ingin memberikan kado untuk anak-anak atau remaja, kamu bisa memberikannya tas sekolah ataupun kebutuhan sekolah lainnya. Di mana, benda-benda yang kamu pilih bisa digunakan untuk kebutuhan dan keseharian mereka di sekolah misalnya, notebook lucu, pulpen, atau kosmetik seperti lip balm dan hand cream, buku komik, novel, dan sebagainya.

Sedangkan, ketika kamu ingin membeli kado untuk rekan kerja, kamu bisa memberikan kado yang lebih casual. Pilihlah hadiah yang sesuai, tetapi tidak terlalu mahal, karena biasanya jika terlalu mahal, mereka akan merasa sungkan di dalam diri dan jadi ingin membalas memberi hadiah dengan harga yang sama mahalnya. Untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa memberinya kopi atau teh yang mereka sukai. Dengan memberikan hadiah yang sesuai, mereka akan senang menerimanya dan itu juga akan terpakai.

Nah, berbeda jika kamu ingin memberikannya kepada orang tua, berikan hadiah yang berkualitas. Ini menjadi poin penting yang harus kamu perhatikan dibandingkan kemasan hadiah. Biasanya, orang seusia mereka akan lebih paham dalam menilai kualitas suatu benda. Untuk menyenangkan mereka, pilihlah hadiah dengan kualitas baik, serta terbuat dari material yang bagus dan aman.

Itulah beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika ingin membeli kado untuk orang terdekat. Pastikan kamu tidak melupakan ucapan di dalam kado ya, sertai dengan ucapan, doa, dan juga harapan untuk mereka.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait