Milenial

ENFP adalah Tipe Kepribadian Langka, Cek Faktanya di Sini!

ENFP Adalah

Setiap orang memiliki tipe kepribadian yang berbeda-beda mulai dari ekstrovert, ambivert, dan introvert. Namun sebenarnya ada 16 tipe kepribadian menurut MBTI, salah satunya adalah tipe kepribadian yang sangat langka dan jarang ditemukan di masyarakat yakni ENFP.

ENFP adalah singkatan  dari kata Extraverted (E), Intuitive (N), Feeling (F), dan Perceiving (P), orang-orang yang memiliki tipe kepribadian ini memiliki jiwa bebas dan terbuka.

Namun sayangnya tipe kepribadian ENFP ini jarang sekali ditemukan pada diri seseorang, lantaran hanya dimiliki oleh sekitar 5 – 7% populasi manusia di dunia menurut Center for Applications of Psychology Type. Mayoritas orang yang memiliki tipe kepribadian ENFP adalah wanita dan  jarang ditemukan pada pria.

Sehingga, tak heran jika banyak orang di luar sana yang penasaran tentang tipe kepribadian ENFP ini. Biar kamu gak semakin penasaran, mari kita simak penjelasan mengenai apa itu ENFP agar kamu semakin mengenalinya.

ENFP Adalah

Di awal artikel, redaksi Ajaib sedikit banyaknya sudah menjelaskan apa itu ENFP, namun redaksi Ajaib belum menjelaskan satu per satu arti dari ENFP tersebut. 

Extraverted (E)

Kamu jangan bingung ketika mendengar istilah extraverted, lantaran istilah ini sebenarnya adalah kata lain dari ekstrovert. Ekstrovert adalah orang-orang yang memiliki kepribadian aktif dan terbuka dengan segala hal.

Intuitive (N)

Orang-orang yang memiliki kepribadian intuitive biasanya memiliki karakter sangat imaginatif, memiliki rasa ingin tahu yang besar, dan punya cara berpikir yang terbuka.

Feeling (F)

Kepribadian feeling adalah kepribadian yang melibatkan kecerdasan emosi dan perasaan.

Perceiving (P)

Tipe perceiving adalah orang-orang yang memiliki sikap adaptif, fleksibel, dan dapat bertindak secara random ketika ada beragam peluang yang muncul.

Keempat kepribadian yang sudah dijelaskan di atas adalah ciri kepribadian yang akan kamu temukan pada orang-orang yang memiliki sifat ENFP. 

Fakta Menarik Tentang ENFP

ENFP adalah tipe kepribadian yang unik, sehingga banyak orang yang sulit untuk mengenali karakter dan sifat ENFP itu seperti apa. Berikut adalah fakta menarik tentang ENFP.

Apakah ENFP Pendiam?

Tanpa disadari kamu pasti pernah berteman dengan orang ENFP. Fakta menarik dari orang ENFP adalah mereka bisa terlihat aktif ketika berada di tengah-tengah orang introvert. 

Namun ketika mereka berada di tengah-tengah orang ekstrovert, mereka akan menjadi pribadi yang pendiam. Jika kamu pernah menemukan sifat ini pada orang-orang di sekitarmu, kamu bisa mengenali sifat dan karakter mereka sebagai ENFP.

Apakah ENFP Gampang Jatuh Cinta?

Selain terkadang orang ENFP bisa memiliki sifat pendiam, orang ENFP juga seringkali dianggap mudah jatuh cinta kepada seseorang. Fakta ini tidak terlepas dari karakter orang ENFP yang sangat ekspresif dan terbuka di saat mereka sedang jatuh cinta kepada seseorang.

Selain itu, orang ENFP juga memiliki sifat yang tidak akan menyia-nyiakan peluang yang ada. Calon pasangan yang cocok dengan orang ENFP adalah INFJ, ENTJ, ISFJ, dan ENFJ. Keempat tipe kepribadian tersebut dianggap cocok jika berpasangan dengan orang ENFP karena tidak memiliki kepribadian perceiving dan bisa saling melengkapi satu sama lain.

Orang ENFP Cocok dengan Pekerjaan Apa?

Orang ENFP sangat cocok bekerja di bidang kreatif, karena mereka memiliki sifat imajinatif dan juga kreatif. Sehingga bekerja di bidang kreatif dianggap cocok.

Ada beberapa jenis pekerjaan yang bisa ditekuni oleh orang ENFP seperti menjadi penulis, editor, reporter, desain grafis, dan fotografer.

Ciri-ciri Kepribadian ENFP

Orang-orang yang memiliki sifat ENFP umumnya memiliki ciri-ciri kepribadian sebagai berikut:

1. Punya Banyak Ide Kreatif

Kamu tidak usah heran jika menemukan ada banyak orang ENFP yang bekerja di industri kreatif. Lantaran, mereka adalah orang-orang yang memang memiliki banyak ide kreatif di kepalanya.

Hal ini dikarenakan orang ENFP memiliki kepribadian intuitive yang membuat mereka memiliki imaginatif yang tinggi.

2. Punya Rasa Ingin Tahu yang Besar

Memiliki rasa ingin tahu yang besar adalah salah satu ciri kepribadian ENFP. Kepribadian intuitive yang melekat pada orang ENFP, hal ini membuat mereka memiliki rasa ingin tahu yang besar. 

Terkadang mereka tidak puas dengan informasi yang diperoleh, dan berusaha untuk mencari tahu lebih banyak terkait informasi tersebut lewat berbagai cara.

3. Mudah Berteman

Sifat bebas dan terbuka adalah sifat yang membuat orang ENFP memiliki pergaulan yang luas. Hal ini didorong dengan adanya kepribadian ekstrovert yang memudahkan mereka untuk bergaul dengan orang lain dan bisa beradaptasi dengan cepat dengan lingkungan baru.

4. Mudah Bosan 

Jika kamu mudah merasa bosan ketika melakukan suatu hal yang berulang-ulang, bisa jadi kamu memiliki kepribadian ENFP. Untuk mengatasinya, kamu bisa meluangkan waktu untuk melakukan kegiatan yang disukai untuk menghilangkan rasa bosan tersebut.

5. Memiliki Jiwa Pemimpin

Dengan kemampuan komunikasi yang dimiliki, orang ENFP cocok ditempatkan sebagai pemimpin di suatu tim. Selain kemampuan komunikasi yang menonjol, orang ENFP juga bisa diandalkan dalam menyelesaikan suatu permasalahan melalui ide-ide kreatif yang ada di kepalanya.

Kelebihan dan Kekurangan Orang-orang yang Memiliki Kepribadian ENFP

Sebagai manusia yang tidak sempurna, kita pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Tak terkecuali, bagi kamu yang memiliki kepribadian ENFP. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan orang-orang yang memiliki kepribadian ENFP:

Apa Kelebihan ENFP?

  • Memiliki rasa empati yang tinggi.
  • Memiliki banyak ide kreatif.
  • Memiliki sikap fleksibel.
  • Memiliki kemampuan komunikasi yang baik.
  • Selalu semangat dan ceria.
  • Memiliki kepribadian yang hangat.
  • Sangat antusias dengan berbagai hal.
  • Spontan.

Apa Kekurangan ENFP?

  • Terlalu emosional karena sering melibatkan emosi dan perasaan.
  • Mudah mengalami stres karena cenderung mudah bosan dengan pekerjaan yang berulang-ulang.
  • Sulit diatur karena memiliki jiwa bebas.
  • Sering overthinking.

Investasi Apa yang Cocok dengan ENFP?

Kepribadian ENFP memiliki tujuan keuangan yang idealis, sehingga mereka akan berinvestasi ke instrumen keuangan yang dianggap paling ideal untuk meraih tujuan keuangan yang spesifik. 

Tipe kepribadian ENFP adalah orang-orang yang tidak takut mengambil risiko. Oleh karenanya, salah satu pilihan investasi yang cocok bagi orang ENFP adalah saham. Saham adalah instrumen keuangan yang punya tingkat return yang tinggi namun juga memiliki risiko cukup besar, dan cocok bagi tujuan keuangan jangka panjang. 

Bagi kamu yang tertarik investasi saham di pasar modal, kamu bisa investasi saham di aplikasi Ajaib 100% online. 

Artikel Terkait