Bisnis & Kerja Sampingan

Cara Belanja di Alibaba dengan Aman dari Indonesia

alibaba

Sebagai salah satu e-commerce terbesar di dunia, Alibaba adalah situs e-commerce yang menjual berbagai macam barang murah dan berkualitas. Banyak sekali pembeli dari Indonesia yang kepincut, namun sayangnya masih banyak yang belum tahu bagaimana cara belanja di Alibaba dengan aman.

Sebagai pembeli yang cerdas kita tentu akan berpikir dua kali jika ingin membeli suatu barang. Selain harga, kita juga pasti akan mempertimbangkan kualitas dari suatu produk sebelum membelinya.

Mengapa Barang-Barang yang Dijual di Alibaba Bisa Murah?

Banyak masyarakat yang membeli berbagai macam barang di Alibaba untuk dijual kembali, lantaran harga barang yang dijual relatif lebih murah. Lantas, apa yang membuat barang-barang yang dijual di Alibaba bisa tergolong murah? Ini dia rahasianya.

1. Produk yang Dijual Buatan Lokal

Walaupun situs e-commerce Alibaba sudah mendunia, namun barang-barang yang dijual adalah produk-produk buatan negara Tiongkok.

Sehingga, barang-barang yang dijual di Alibaba bukanlah barang-barang branded. Alhasil, harga barang yang dijual pun menjadi lebih murah.

2. Penjual di Alibaba Adalah Pemain Besar

Selain produk yang dijual adalah produk lokal buatan Tiongkok, penjual di Alibaba bukanlah para pedagang kecil, melainkan mereka adalah pedagang yang sudah berskala besar.

Sehingga, mereka bisa memproduksi barang dalam jumlah yang banyak dengan keuntungan bisa menekan biaya produksi sekecil mungkin. Alhasil, para pedagang tersebut bisa menjual produknya di Alibaba dengan harga murah.

3. Harga Material

Harga bahan baku sangat berkaitan erat dengan harga jual suatu barang di pasar. Di Tiongkok, harga bahan baku tergolong murah karena banyak produsen material lokal di sana.

Para pedagang besar di Alibaba bisa menekan biaya material yang sudah murah tersebut hingga sekecil mungkin dengan melakukan pembelian material dalam jumlah yang banyak.

Dengan biaya produksi yang lebih murah, mereka bisa menjual barang dagangannya lebih murah di Alibaba.

Barang-Barang Murah dan Berkualitas di Alibaba yang Laris Manis Dibeli Pelanggan

1. Elektronik

Barang-barang elektronik asal Tiongkok memang sangat diminati di Indonesia. Salah satunya adalah ponsel pintar asal Tiongkok seperti Xiaomi, Huawei, dan Oppo.

Walaupun ketiga merek HP tersebut masih kalah populer dibanding Samsung yang sama-sama HP berbasis Android. Namun dari segi spesifikasi ketiga merek HP tersebut tidak kalah dibanding Samsung dengan keunggulan punya harga yang relatif lebih murah.

2. Aksesoris Gadget

Bukan hanya perangkat elektronik saja asal Tiongkok yang laris manis dibeli oleh masyarakat Indonesia. Aksesoris gadget pun demikian seperti screen protector, kabel data, headphone, dan headset.

3. Aksesoris Wanita

Barang made in China selanjutnya yang sering dibeli oleh masyarakat Indonesia adalah aksesoris untuk wanita, mulai dari jepit rambut, bando, tusuk konde, dll.

4. Fashion

Barang-barang fashion dari negara Tiongkok juga banyak dilirik oleh masyarakat Indonesia mulai dari sepatu, pakaian, kemeja, dll. Semua produk fashion asal Tiongkok ini biasanya dijual dengan harga yang terjangkau dan berkualitas cukup baik.

Selain keempat barang yang sudah disebutkan oleh redaksi Ajaib di atas, ada pula barang-barang made in China lainnya seperti kosmetik, bahan pangan, dan medis yang umumnya sering dibeli oleh masyarakat Indonesia.

Cara Belanja di Alibaba dengan Aman

Kamu bisa mencari dan membeli barang-barang made in China tersebut dengan harga yang murah namun berkualitas di situs e-commerce Alibaba.

Bagi kamu yang masih bingung bagaimana cara belanja di Alibaba, kamu bisa mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Cara Membuat Akun di Alibaba.com

Cara belanja di Alibaba dengan aman yang perlu kamu ketahui pertama adalah kamu perlu melakukan pendaftaran akun terlebih dahulu dengan cara:

  • Mengunjungi situs Alibaba.com.
  • Kemudian, kamu bisa pilih menu “Join Free” yang berada di atas halaman utama.
  • Selanjutnya, kamu akan diminta untuk mengisi dan melengkapi informasi data pribadi. Lalu, jika kamu sudah selesai mengisi informasi data pribadi tersebut. Kamu bisa klik “Agree and Register”.
  • Berikutnya, kamu perlu memasukkan kode verifikasi pada kolom yang tersedia dan klik “Submit”.
  • Jika tahapan pembuatan akun ini sudah kamu selesaikan, kamu sudah bisa menggunakan akun tersebut untuk berbelanja di Alibaba.com.

2. Cara Belanja di Alibaba dengan Aman dari Indonesia

  • Setelah kamu sudah selesai membuat akun di Alibaba.com, kamu bisa berbelanja barang dengan melakukan pencarian produk yang ingin dibeli melalui menu Categories, My Market, dan Search Box.
  • Jika kamu sudah menemukan barang yang ingin dibeli, kamu bisa melakukan order dengan menghubungi supplier untuk menanyakan beberapa hal di antaranya; jasa pengiriman dan harga produk.
  • Selanjutnya, kamu bisa memilih metode pengiriman barang. Jika tujuan pengiriman barangmu ke Indonesia, kamu bisa memilih jasa pengiriman DHL atau EMS.
  • Selesaikan transaksimu dengan melakukan pembayaran. Jika kamu ingin membayar dengan rupiah, kamu bisa pilih layanan Western Union yang bisa dilayani di POS Indonesia, Alfamart, Indomaret, dan Pegadaian.

Setelah kamu menyelesaikan transaksi pembelian produk di situs Alibaba.com, kamu hanya tinggal menunggu barang yang dibeli tersebut dikirimkan dari Tiongkok ke alamatmu. Waktu pengiriman tersebut bisa memakan waktu yang cukup lama karena harus melalui proses pengecekkan di Bea Cukai.

Saat ini kamu bisa mencari berbagai barang made in China di Alibaba.com dengan menggunakan bahasa Indonesia dan menggunakan mata uang rupiah.

Walaupun harga barang-barang yang dijual tergolong murah, namun situs Alibaba.com hanya melayani pembelian grosir atau dalam jumlah yang banyak. Jika kamu ingin membeli barang-barang made in China secara eceran sebaiknya kamu berbelanja di situs AliExpress tanpa adanya jumlah minimum pembelian.

Oleh karenanya, banyak pembeli yang memanfaatkan harga jual barang di Alibaba.com yang murah untuk dijual kembali di Indonesia.

Demikianlah penjelasan bagaimana cara belanja di Alibaba.com dengan aman dari Indonesia yang bisa dijadikan opsi bagi kamu yang ingin membeli barang-barang murah namun berkualitas dari negara Tiongkok.

Kebiasaan berbelanja berbagai macam barang di toko online boleh-boleh saja, asalkan kamu berbelanja barang-barang tersebut sesuai dengan kebutuhan dan jangan sampai kebiasaan ini menganggu keuanganmu. Alangkah baiknya, uang yang kamu punya jangan dihabiskan untuk belanja online tetapi sisihkanlah sebagian uangmu untuk diinvestasikan di reksa dana dan saham di aplikasi Ajaib.

Mulai Investasi di Ajaib Sekuritas Sekarang!

Masa depan kamu tentu akan menjadi lebih terjamin dan aman secara finansial bila kamu berinvestasi bukan? Ajaib Sekuritas hadir untuk memberikan pengalaman investasi yang lebih aman dan tepercaya. Mulai perjalanan investasimu bersama Ajaib Sekuritas sekarang, karena proses pendaftarannya yang mudah dan 100% online, tanpa memerlukan modal yang besar.

Berbagai layanan dan indeks saham juga tersedia dalam rangka mendukung investasimu agar semakin maksimal! Mulai dari saham, reksa dana, margin trading, day trading, dan layanan bagi nasabah premium, Ajaib Prime, bisa kamu temukan di aplikasi Ajaib Sekuritas.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, download aplikasi Ajaib Sekuritas sekarang!

Artikel Terkait