Bisnis & Kerja Sampingan

Berapa Modal Usaha Laundry Kiloan? Ini Hal-Hal yang Dibutuhkan

modal usaha laundry

Ajaib.co.id – Usaha laundry kiloan adalah salah satu bisnis yang menjanjikan saat ini, selain punya target pasar yang luas, modal usaha laundry yang dibutuhkan juga tergolong tidak besar. Tak heran, bila banyak orang di luar sana yang tertarik untuk membuka bisnis satu ini.

Membuka bisnis laundry kiloan sama halnya seperti kamu membuka jenis-jenis usaha lainnya yang ada di luar sana. Modal usaha bukanlah satu-satunya hal yang perlu persiapkan. Melainkan, ada sejumlah hal lainnya yang perlu kamu ketahui agar bisnis laundry bisa sukses.

Modal Usaha Laundry

Walaupun modal usaha bukanlah satu-satunya hal yang perlu kamu persiapkan. Namun modal usaha adalah hal yang tidak bisa kamu pisahkan saat ingin memulai suatu bisnis. Mengapa?

Lantaran, modal usaha yang kamu miliki bisa digunakan untuk menunjang bisnis dan meningkatkan nilai jual. Dalam hal ini, kamu bisa menggunakan modal usaha yang dimiliki untuk pengadaan mesin cuci hingga promosi bisnis.

Idealnya kamu perlu mempersiapkan modal buka usaha laundry dari jauh-jauh hari. Misalnya kamu bisa menggunakan uang hasil tabungan untuk dijadikan modal usaha. Cara ini dianggap lebih aman dibanding kamu langsung mengajukan pinjaman uang di bank.

Meminjam uang di bank untuk modal usaha sebaiknya dilakukan ketika bisnis laundry kiloan milikmu sudah berjalan. Biasanya, uang hasil pinjaman ini nantinya bisa kamu gunakan untuk mengembangkan bisnis.

Karena selama masa pinjaman, ada bunga berjalan yang perlu kamu bayarkan. Sehingga, jika kamu menggunakan uang hasil pinjaman tersebut untuk mengembangkan bisnis dan memperbesar potensi keuntungan bisnis. Kamu bisa membayar utang tersebut lewat keuntungan bisnis yang diperoleh dari pengembangan bisnis yang dilakukan.

Bagi kamu yang tertarik untuk membuka usaha laundry, kamu bisa memulai bisnis satu ini dengan modal mulai dari Rp10 jutaan. Dengan rincian biaya sebagai berikut:

  • Mesin cuci 2 unit = Rp4 juta.
  • Setrika 5 unit = Rp500 ribu.
  • Timbangan digital 1 unit = Rp250 ribu.
  • Meja dan kursi 1 set = Rp300 ribu.
  • Pemasangan spanduk dan lain-lain = Rp500 ribu.
  • Dekorasi ruangan = Rp1 juta.

Biaya investasi awal yang perlu kamu persiapkan untuk pengadaan barang hingga dekorasi ruangan yakni sebesar Rp8,05 juta. Namun biaya ini belum termasuk biaya operasional bulanan yang perlu kamu bayarkan sebagai berikut:

  • Tagihan listrik 1 bulan = Rp500 ribu.
  • Gaji karyawan = Rp800 ribu.
  • Deterjen 20 bungkus (1kg) = Rp500 kg.
  • Pewangi 15 bungkus (1kg) = Rp150 ribu.
  • Biaya bensin antar-jemput 1 bulan = Rp150 ribu.
  • Air 1 bulan = Rp300 ribu.
  • Biaya lain-lain = Rp200 ribu.

Selama satu bulan setidaknya kamu perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp2,6 juta. Jadi, total modal usaha laundry kiloan yang perlu kamu persiapkan untuk memulai bisnis satu ini adalah Rp10,65 juta. Rincian biaya ini dikutip dari GoBiz.

Langkah Awal Buka Usaha Laundry

Agar bisnis laundry yang kamu jalani bisa berjalan sukses, kamu perlu mengetahui langkah-langkah awal buka usaha laundry berikut ini.

Mempersiapkan modal

Kamu bisa mempersiapkan modal usaha laundry dari hasil uang tabungan maupun investasi yang bisa dipersiapkan dari jauh-jauh hari. Sebaiknya, jangan gunakan uang hasil pinjaman di bank untuk membiayai usaha laundry milikmu di awal.

Tentukan Lokasi

Langkah selanjutnya adalah menentukan lokasi bisnis. Kamu bisa memilih lokasi bisnis yang dekat dengan kos-kosan, karena akan ada banyak anak kos yang membutuhkan jasa laundry untuk mencuci pakaian kotor mereka setiap harinya.

Membeli Peralatan

Ketika modal usaha buka usaha laundry sudah disiapkan dan lokasi sudah ditentukan, langkah selanjutnya adalah mulai membeli berbagai peralatan untuk membuka usaha laundry. Mulai dari mesin cuci, setrika, meja, lemari, timbangan, hingga gantungan baju.

Tahu Cara Mencuci yang Benar

Untuk jenis-jenis pakaian tertentu, kamu perlu mencuci pakaian tersebut dengan benar dan tepat. Jika tidak, kamu bisa merusak pakaian tersebut.

Bila hal ini terjadi kepada pelanggan kamu. Sudah pasti mereka akan meminta ganti rugi dan membuat nama baik usaha laundry kamu menjadi jelek di mata pelanggan. Oleh sebab itu, kamu perlu mengetahui cara mencuci pakaian yang benar agar tak buntung saat menjalani usaha satu ini.

Riset Pasar

Agar bisa bersaing dengan kompetitor lainnya, kamu perlu melakukan riset pasar untuk menentukan berapa jasa pencucian yang nanti akan bisnismu tawarkan. Kamu bisa menentukan biaya jasa pencucian ini dengan mempertimbangkan biaya operasional hingga harga pasaran.

Selain kelima langkah di atas, jangan lupa untuk membuat logo usaha atau spanduk yang bisa kamu pasang di depan toko. Alhasil, orang-orang yang berada di sekitar tokomu bisa tahu usahamu tersebut.

Keuntungan Usaha Laundry

Bukan hanya modal usaha laundry yang tergolong minim, melainkan ada sejumlah alasan mengapa banyak orang di luar sana tertarik untuk membuka usaha laundry. Ini dia keuntungan membuka usaha laundry.

Target Pasar Luas

Dengan target pasar yang luas, hal ini tentu dapat memudahkan kamu untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan. Dalam hal ini, pemilihan lokasi bisnis punya peranan yang penting dalam membantu bisnis kamu untuk menjangkau pelanggan yang lebih banyak.

Mudah Dijalankan

Setiap orang bisa menjalankan bisnis laundry asalkan kamu sudah tahu bagaimana cara memulai bisnis satu ini agar berjalan lancar seperti yang sudah redaksi Ajaib jelaskan di poin sebelumnya. Dengan risiko bisnis yang minim, tentu hal ini sangat cocok bagi para pebisnis pemula.

Modal Usaha Membuka Laundry Minim

Dengan modal usaha mulai dari Rp10 jutaan, kamu sudah bisa membuka usaha laundry dengan melengkapi berbagai peralatan mencuci yang dibutuhkan untuk menunjang bisnismu.

Tips Promosi Usaha Laundry

Untuk memaksimalkan potensi keuntungan dari bisnis laundry yang kamu bangun. Kamu bisa memanfaatkan 4 media berikut untuk memasarkan jasa laundry kiloan milikmu.

Kartu Nama

Kamu bisa mencetak kartu nama yang dilengkapi dengan informasi tentang bisnis laundry milikmu, seperti nomor telepon hingga alamat bisnis. Kartu nama ini bisa kamu bagikan kepada tetangga maupun keluarga terdekat.

Spanduk atau Signage

Hingga saat ini media promosi dengan memanfaatkan spanduk masih menjadi cara pemasaran yang efektif untuk dilakukan. Kamu bisa membuat beberapa spanduk yang berisikan informasi seperti harga hingga nama / logo dari usaha laundry milikmu. Dengan begitu, masyarakat sekitar menjadi tahu bahwa ada bisnis laundry yang baru buka di sekitaran mereka tinggal.

Selain itu, kamu juga bisa memasang signage di depan lokasi bisnis. Pemasangan signage ini bisa menjadi media promosi yang efektif. Oleh sebab itu, kamu bisa mendesain signane semenarik mungkin yang dapat disesuaikan dengan usaha yang sedang kamu jalani. Jika kamu berbisnis laundry, kamu bisa mendesain signage dengan tema kebersihan.

Maksimalkan Pemasaran Digital

Tips promosi usaha laundry berikutnya dengan memanfaatkan berbagai platform digital yang ada saat ini. Misalnya memanfaatkan sosial media sebagai media promosi, kamu bisa memposting berbagai promo atau diskon menarik dari bisnis laundry milikmu di Instagram dan sosial media lainnya.

Selain itu, kamu juga bisa memposting price list dan lain sebagainya guna menarik pelanggan untuk datang ke lokasi bisnismu. Itulah tips promosi usaha laundry yang bisa terapkan agar bisnismu semakin banyak dikenal dan mendapatkan banyak pelanggan.

Agar usaha laundry yang kamu geluti bisa berjalan sukses dan lancar, kamu perlu mempertimbangkan beberapa hal sebelum memutuskan untuk berbisnis laundry kiloan. Mulai dari modal usaha laundry kiloan, bagaimana cara memulainya, hingga menerapkan cara pemasaran yang efektif.

Artikel Terkait