Bisnis & Kerja Sampingan

6 Tips Mendirikan Bisnis Oleh-oleh Seperti Krisna Bali

Ajaib.co.id – Krisna Bali adalah salah satu jaringan bisnis oleh-oleh ternama asal Bali. Krisna Bali merupakan toko yang menjual berbagai macam oleh-oleh khas Bali.

Bisnis oleh-oleh menjadi peluang usaha yang layak untuk dijalankan. Kamu yang ingin mendirikan bisnis oleh-oleh perlu melihat bagaimana cara Krisna Bali berhasil menjadi ikon oleh-oleh khas Bali tidak hanya untuk wisatawan lokal, tapi juga wisatawan mancanegara.

Ini Dia Tips Mendirikan Bisnis Seperti Krisna Bali!

Berikut adalah tips untuk mendirikan bisnis oleh-oleh yang laku di pasaran.

1. Persiapkan modal yang sesuai

Hal pertama yang perlu kamu persiapkan untuk membangun bisnis oleh-oleh seperti Krisna Bali adalah modal yang cukup dan sesuai dengan kebutuhan.

Modal ini penting karena jadi sumber kamu dalam mempersiapkan hal-hal krusial seperti menyewa tempat untuk bisnis dan membeli bahan baku produk. Jadi, modal harus dipersiapkan paling awal agar kamu tidak kebingungan memulainya.

Modal untuk oleh-oleh bisnis besarannya tergantung pada jenis bisnis oleh-oleh yang mau kamu mulai. Jika kamu ingin langsung memulai bisnis yang besar, modal yang kamu siapkan harus banyak. 

Tidak masalah juga jika kamu memulai bisnis yang kecil dulu. Apabila kamu melakukannya dengan benar pun kamu bisa membuat bisnisnya jadi besar suatu saat nanti.

2. Memilih lokasi bisnis strategis

Bisnis oleh-oleh paling bagus berada di lokasi strategis. Itulah yang Krisna Bali lakukan pada tokonya yang berada di lokasi terbaik di Bali. Ukuran toko Krisna juga luas, sehingga para pembeli bisa melihat dengan leluasa.

Kamu perlu melakukan riset terlebih dulu untuk menemukan lokasi yang tepat. Kamu bisa menemukan lokasinya di tempat yang ramai, yaitu lokasi dekat tempat wisata, lokasi dekat terminal, lokasi dekat bandara, dan lainnya.

Yang harus diperhitungkan berikutnya adalah lokasi strategis ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Kamu harus berhasil memilih lokasi bisnis yang harga sewanya bisa kamu bayar. 

3. Tentukan produk andalan yang akan dijual

Kamu perlu memilih produk berkualitas untuk ditawarkan kepada konsumen. Karena kamu mau mendirikan usaha oleh-oleh, pastinya produk yang dijual fungsinya untuk oleh-oleh.

Seperti di Krisna Bali kamu bisa menemukan berbagai macam produk mulai dari oleh-oleh kue khas Bali, keripik, dan makanan lainnya.

Selain produk makanan, ada juga produk berupa benda-benda unik seperti kaos bergambar ikon Bali, gantungan kunci, sepatu, dan lainnya.

Kamu bisa mengikuti Krisna Bali yang mengincar pasar cukup luas, sehingga menjual berbagai macam produk oleh-oleh. Tentunya untuk menyediakan produk andalan itu kamu membutuhkan modal yang cukup juga.

4. Produk daerah tapi dikemas secara modern

Produk yang kamu jual itu sangat boleh berasal dari buatan tangan lokal. Biasanya hal itu yang membuat produknya semakin mahal. Contohnya, oleh-oleh ukiran khas Bali yang mendunia dan difavoritkan oleh turis mancanegara.

Namun, kamu bisa mengemasnya dengan sentuhan yang modern. Misalnya, kamu membuat kartu pos yang memiliki gambar ikon kota. Sentuhan modern akan membuat produk yang kamu jual cepat laku. 

Kamu juga perlu fokus menjual produk oleh-oleh khusus satu wilayah. Jangan membuat orang kebingungan seperti menjual produk oleh-oleh khas Sumatera Barat di Bandung. Atau menjual produk yang berasal dari berbagai macam daerah. Cukup fokus pada satu wilayah saja agar positioning produk yang kamu punya semakin kuat.

4. Pasarkan secara online

Krisna Bali mudah dikenal oleh para pelancong selain karena tokonya sudah ada di mana-mana, mereka tetap melakukan promosi secara online

Salah satu buktinya adalah toko ini memiliki situs web resmi aktif yang menyimpan berbagai macam informasi penting.

Di situs webnya kamu bisa menemukan alamat lengkap berbagai cabang toko yang bisa dikunjungi, jenis produk apa saja yang dijual, dan nomor kontak yang bisa dihubungi untuk berbagai macam pertanyaan.

Situs web miliknya membantu pelanggan untuk lebih mengenal toko. Ini juga yang kamu perlu persiapkan ketika ingin membuka usaha oleh-oleh yang sukses. Buat situs web canggih yang mudah dipahami oleh pengunjung. Kamu membutuhkan budget khusus untuk membangun situs web tersebut.

5. Dahulukan pelayanan yang layak

Untuk mendirikan bisnis oleh-oleh, pelayanan yang layak pada pelanggan adalah yang utama. Kamu perlu menyediakan nomor yang bisa dihubungi pelanggan untuk keluhan dan menyampaikan kritik.

Ada juga pelayanan langsung di toko seperti membantu pelanggan menemukan produk yang dicarinya. Atau kamu juga bisa menyediakan layanan pengiriman oleh-oleh untuk pelanggan yang tidak ingin membawa oleh-olehnya sendiri dikarenakan muatannya sudah penuh. 

Memudahkan pelanggan akan membuat mereka kembali berbelanja di toko milikmu. 

6. Kerja sama dengan tour and travel

Untuk bisa mendatangkan pelanggan lebih banyak, kamu bisa bekerja sama dengan pihak tour and travel. Pihak agensi perjalanan bisa menjadikan toko oleh-oleh milikmu sebagai tempat yang wajib dikunjungi untuk rombongan wisatawan dari agensinya.

Cara ini menguntungkan untuk dilakukan. Kamu bisa bekerja sama dengan pihak agen perjalanan dan membagi keuntungan dari banyaknya pelanggan yang dibawa oleh pihak agen.

Kamu bisa memilih agen perjalanan yang tidak pernah sepi mendatangkan para wisatawan.

Itulah tips mendirikan bisnis oleh-oleh yang sukses seperti Krisna Bali yang menjadi ikon oleh-oleh khas Bali. Untuk sukses mendirikan usaha oleh-oleh itu, kamu membutuhkan strategi yang tepat dan harus berani menerima tantangan juga karena mendirikan bisnis ini pastinya tidak mudah. 

Kamu akan menemukan banyak saingan dan bidang wisata saat ini sedang terpuruk akibat pandemi. Jadi, kamu perlu bersiap menghadapi segala macam risikonya.

Artikel Terkait