Bisnis & Kerja Sampingan

Ini 7 Ide Usaha Moncer Saat Hari Valentine

hari-valentine

Ajaib.co.id – Sudah menjadi perayaan sejuta umat, setiap tahunnya warga di belahan dunia merayakan Hari Valentine di tanggal 14 Februari. Perayaan ini identik dengan sebuah ritual dengan menunjukkan rasa kasih sayang. Seperti, memberikan bunga hingga cokelat pada orang terkasih.

Tentunya tradisi yang dilakukan dalam merayakan hari kasih sayang berbeda-beda di setiap negara. Dengan kekhasan masing-masing dalam memaknainya.

Untuk kamu yang ingin mencoba memulai bisnis, maka Hari Valentine  menjadi momen yang tepat. Hal ini karena di Hari Valentine tersebut menjadi kesempatan bagi sebagian orang untuk berbagi lebih banyak perhatian dan kasih sayang. Baik kepada pasangannya, orang tua, bahkan sahabat sendiri.

Sebagian besar dari kita biasanya merayakan Hari Valentine ini dengan melakukan kencan dengan pasangan. Seperti makan malam bersama di tempat yang istimewa, memberikan hadiah dan bunga, dan lain sebagainya.

Simbol berupa pemberian hadiah, ucapan harapan, hingga bunga mawar merah untuk orang yang penting dalam hidup memiliki arti sendiri. Ini sebagai simbol rasa kasih sayang dan cinta.

Tak diragukan lagi, situasi ini membuat momen hari kasih sayang ini bisa memberikan peluang bisnis bagi kamu. Dengan menjual barang atau jasa yang biasanya dibutuhkan oleh konsumen.

Berikut Ajaib mencatat beberapa produk yang bisa kamu jual di momen Hari Kasih Sayang ini:

1.    Menjual Coklat dan Olahan Cokelat

Sudah menjadi rahasia umum jika cokelat ini menjadi simbol paling umum  yang biasa diberikan kepada orang tertentu saat Hari Valentine. Sehingga memang produk cokelat ini paling laris maka kamu bisa sekali untuk menjual cokelat.

Dengan saran, kamu menjual produk dengan kreatif dan inovasi yang baru. Dengan harapan cokelat yang kamu jual itu memiliki kekhasan tersendiri sehingga bisa menarik pelanggan untuk membeli.

Dan makanan olahan coklat lainnya pun bisa sekali dijual. Misalnya, dengan membuat roti atau kue dengan bahan baku utama cokelat. Makanan olahan ini tentunya memiliki banyak penggemar. Kamu bisa menambahkan kartu ucapan dan sebagainya untuk membuat makanan yang kamu jual semakin menarik.

2.    Menjual Kaos atau Pakaian Couple

Selanjutnya, yang tak kalah menarik adalah kamu bisa menjual pakaian kembar yang tengah populer diserbu oleh anak muda yang sedang jatuh cinta. Biasanya pakaian kembar ini dalam bentuk kaos hingga kemeja bisa dengan warna, corak hingga tulisan yang sama. Pakaian kembar ini umumnya memiliki lambang kesamaan rasa antara dua orang yang sedang berada dalam hubungan asmara.

Sebagai informasi, memang cukup tak mengherankan saat pesanan pakaian kembar ini bisa membludak di momen Hari Valentine ini. Kalau kamu mempunyai kemampuan untuk menjahit atau ada rekanan dengan keahlian tersebut, kamu bisa membuka usaha pakaian kembar. Selain itu, jika kamu ingin membuat kaos kembar, kamu bisa bekerja sama dengan pihak pengusaha sablon terdekat dari lokasi kamu menjalankan usaha.

3.    Bunga

Tentunya kurang lengkap merayakan Hari Valentine tanpa adanya bunga. Karena makna bunga sangat erat dengan kebahagiaan dan kasih sayang. Apabila kamu mempunyai kegemaran untuk merangkai bunga atau memang menyukai bunga, maka ini bisa dijadikan bisnis.

Dalam memulai bisnis menjual bunga, kamu bisa menjual dengan harga khusus spesial Hari Valentine. Selain itu, kamu bisa menyediakan jasa merangkai bunga dengan warna yang bisa dibuat sesuai dengan keinginan konsumen. Misalnya, dengan mengombinasikan beberapa bunga dalam satu buket. Kamu pun bisa membentuk contoh rangkaian bunga ala Valentine yang bisa membantu pembeli untuk menentukan pilihan yang menarik bagi mereka.

4.    Parsel

Kamu juga bisa sekali untuk mencoba membuat parsel di momen Hari Valentine. Walau biasanya parsel ini identik dengan hadiah di Hari Raya atau untuk diberikan kepada kerabat yang sedang sakit. Namun, orang terkasih dalam hidupmu pasti sangat senang bila diberikan parsel.

Kalau kamu belum memiliki keahlian membuat parsel, tidak perlu khawatir. Kamu bisa memulainya dengan mengontak orang-orang yang mempunyai keahlian tersebut. Sehingga kamu bisa bekerja sama untuk membuat parsel yang spesial.

Hal yang pasti harus diperhatikan adalah merangkai parsel yang khas dan unik dari sehingga bisa menarik mata pelanggan. Kamu pun bisa menawarkan jasa kostumisasi dan pengantaran parsel. Dengan memberikan kemudahan layanan akan bagus untuk menarik pelanggan.

5.    Menjual Kartu Ucapan Hari Valentine

Untuk membuat sebuah kartu ucapan selamat Hari Valentine, kamu tidak perlu mengeluarkan banyak modal. Karena yang dibutuhkan hanya seperangkat komputer, yang dilengkapi dengan printer dan kertas untuk membuat kartu ucapan.

Modal-modal di atas termasuk tidak mahal, dengan begitu kamu bisa meraup untung dari bisnis kartu ucapan valentine ini. Biasanya pada coklat dan bunga yang akan diberikan kepada seseorang bisa ditambahkan kartu ucapan. Dengan tujuan agar lebih memiliki kesan tertentu saat membaca dan menerima hadiahnya.

6.    Boneka

Boneka bisa dikatakan menjadi barang atau hadiah yang identik dengan Hari Valentine. Karena biasa menjadi hadiah untuk orang terkasih. Kamu bisa menjual boneka dengan menjadi reseller atau dropship.

Hal yang harus diperhatikan adalah menjamin kualitas yang baik dengan harga yang ramah di kantong. Apalagi jika kamu mempunyai keahlian dalam membuat boneka, tentu kamu bisa memanfaatkannnya untuk membuat produk sendiri.

7.    Video atau foto

Contoh hal yang bisa menjadi bisnis di Haru Valentine adalah dengan memberikan foto atau video. Karena bisa terbilang banyak pasangan atau keluarga yang gemar untuk membuat acara khusus yang didokumentasikan.

Selain itu, biasanya hari kasih sayang ini turut dimanfaatkan oleh orang-orang untuk berlibur atau sekedar berkumpul dengan keluarga. Untuk kamu yang memunyai keahlian dalam membuat video dan foto, kamu bisa memasarkan jasa ini. Bisa dilakukan melalui media sosial dengan menampilkan portofolio sehingga bisa lebih meyakinkan dan menarik bagi pelanggan.

Artikel Terkait