5 Tips Menghemat Uang di Hari Valentine

tips menghemat uang
tips menghemat uang

Butuh tips menghemat uang di hari valentine? Tenang, redaksi Ajaib akan memberikan beberapa tips menghemat uang agar hari valentine yang kamu habiskan tidak terlalu boros mengeluarkan uang. Untuk itu, simak ulasan ini.

hari valentine selalu menjadi hari spesial untuk setiap pasangan dalam menunjukkan keromantisan yang datang setiap tahun. Tapi, tidak semua hari kasih sayang kamu memiliki uang untuk dihabiskan atau kamu lupa untuk menabung sebelumnya.

Jangan rusak momen romantis itu hanya karena kamu merasa tidak memiliki uang yang cukup untuk merayakannya. Berikut adalah lima cara untuk dapat membuat orang yang kamu cintai merasa istimewa dalam tips menghemat uang di hari valentine.

Berikan Hadiah Waktu

Hadiah yang berharga, namun murah adalah hadiah waktu. Alih-alih menghabiskan uang, habiskan waktu berkualitas bersama. Kamu dapat membuatnya tetap sederhana dan menonton film. Atau, kamu bisa berkreasi dengan foto-foto lama dan membuat scrapbook. Bagaimanapun kamu memilih untuk menghabiskan waktu kamu, kamu tidak perlu menghabiskan uang receh.

Di hari yang spesial, buatlah kehadiranmu di sampingnya adalah waktu yang berharga dan dinikmati dalam setiap detik. Bahagialah bersama walaupun hanya dengan menonton film dari TV, atau sekadar mengobrol santai berdua. Buatlah hari itu adalah hari terbaik untuk kalian berdua.

Beli Hadiah Sehari Setelahnya

Sama seperti Natal dan Halloween, merchandise hari valentine mulai dijual sehari setelah liburan! Jika kamu tidak keberatan menunggu sehari, kamu dapat menghemat diskon toko. Kamu biasanya dapat menemukan barang-barang seperti cokelat dan beruang teddy yang ditandai setengah harga di toko serba ada (toserba) setempat. Jika kamu menunggu beberapa hari lagi, harga mungkin akan ditandai lebih rendah.

Kado hanyalah simbol sebuah momen, pasanganmu tidak akan mempermasalahkan kapan kamu akan memberikan kado. Jika kamu memutuskan membelinya beberapa hari setelah hari valentine, maka jangan lupa menuliskan sesuatu yang romantis di kartu ucapan dan selipkan di kado itu. Itu akan lebih berkesan (sekaligus lebih romantis).

Lakukan Reservasi untuk 15 Februari

Mencoba menemukan restoran yang sempurna untuk kencan malam sudah cukup sulit, tetapi pada hari valentine sepuluh kali lebih sulit! Kamu akan bersaing dengan banyak orang lain untuk melakukan reservasi, dan restoran-restoran populer akan terisi dengan cepat. Belum lagi, banyak restoran menaikkan harga menu atau menetapkan harga makan malam untuk dua orang di hari valentine. Untuk menghindari keramaian dan biaya, tunggu hingga 15 Februari untuk makan malam. 

Bisnis restoran candle light dinner biasanya menjadi pilihan yang cocok untuk makan malam berduamu dengannya. Tapi jangan terburu-buru, tunggulah hingga hari berikutnya dan lakukan reservasi. Bukan karena kamu pelit, tapi harga yang ditawarkan akan lebih masuk akal.

Cinta akan tetap ada di udara, tetapi lebih banyak koin akan ada di saku kamu.

Gulung Lengan Baju dan Jadilah Kreatif

Ingat ketika kami mengatakan itu adalah pemikiran yang diperhitungkan? Itu benar! Jika kamu memiliki lelucon di dalam diri kamu dan seseorang yang istimewa atau kamu tahu apa yang akan membuat mereka tersenyum, buatlah hadiah yang mencerminkan hal itu sendiri. Kamu dapat menulis puisi, membuat kartu, membuat kolase gambar dan banyak lagi! Terkadang, menjadi kreatif akan memberi kamu lebih banyak poin bonus daripada menghabiskan banyak uang. Terutama jika kamu mempersonalisasikan hadiah.

Ingatlah momen-momen terbahagia kalian dan buatlah menjadi karya seni yang seadanya. Usahamu pasti tidak akan sia-sia untuk membuatnya tersenyum bahagia di hari valentine.

Siapa Bilang Kamu Harus Keluar untuk Makan?

Jika kamu ingin menghindari makan bersama, memasak makan malam kamu sendiri selalu menjadi pilihan yang menghemat banyak uang. Bahan makanan yang kamu beli biasanya bisa bertahan lebih dari satu malam. Selain itu, kamu dan kekasih kamu, teman atau keluarga dapat mengikat saat kamu menyiapkan makanan. Membuat makan malam bersama adalah cara yang bagus untuk menjalin ikatan dan membuat kenangan dengan hari valentine kamu.

Nah, itu dia beberapa tips menghemat uang di saat hari valentine tiba, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya banyak untuk peringatan hari kasih sayang. Lebih baik lagi, jika kamu mulai investasi di Ajaib untuk biaya pernikahanmu ke depan. Ide bagus, kan?

Bacaan menarik lainnya:

Yeske, D .(2010).Finding the planning in financial planning. Journal of Financial Planning, vol.23, no.9, pp40-51.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait