Dunia Kerja, Milenial

7 Pelajaran Berharga dari Avenger Tentang Team Work yang Baik

Ajaib.co.idAvenger adalah kelompok pahlawan dari Marvel yang siap menjaga Bumi dari siapa saja yang berniat menghancurkannya. Mereka adalah sosok yang punya kekuatan luar biasa, tapi musuh-musuh mereka juga tidak kalah kuat.

Pelajaran yang Dapat Diambil dari Avenger

Namun, mereka sering berhasil mengalahkan musuh-musuhnya karena kerja sama tim yang baik. Ini yang bisa kamu pelajari dari mereka soal kerja sama tim.

1. Punya tujuan yang sama akan mempemudah semuanya

Para Avenger memiliki tujuan yang sama ketika menjalankan tugasnya. Mereka tidak mempentingkan urusan pribadi untuk tujuan yang lebih baik. Tujuan mereka adalah mengalahkan musuh siapapun itu.

Barulah ketika tujuan itu tercapai, mereka akan berusaha untuk menyelesaikan masalahnya sendiri.

Hal ini yang harus paling dipikirkan ketika memutuskan untuk bekerja sama dengan orang lain. Kamu bisa saja punya tujuan sendiri yang menguntungkan, tapi tentu yang harus diprioritaskan adalah tujuan bersama dulu.

Ketika tujuan bersama berhasil terwujud, kamu pasti akan lebih mudah dalam melakukan langkah lain untuk mewujudkan impian pribadimu. 

2. Saling mengenal satu sama lain

Kalau kamu lihat dari film yang pertama, para Avenger mengenal satu sama lain dengan baik. Mereka juga punya masa lalu yang berat, tapi bisa menerima masing-masing masa lalu buruk itu.

Perkenalan ini bisa dilakukan karena rasa percaya yang muncul. Awalnya mereka tidak saling kenal, bahkan ada yang perkenalan pertamanya sampai harus bertarung dulu. 

Namun, seiring waktu masing-masing mencoba beradaptasi dengan lingkungan baru. Di sana mereka pun mencoba membuka diri dan akhirnya saling mengenal.

Di tempat kerjamu juga harusnya bisa seperti ini. Mungkin di awal kamu masih ragu, tapi tidak ada salahnya berkenalan dulu sama orang-orang yang akan bekerja denganmu. 

3. Tidak ngomongin di belakang

Avenger bisa bekerja sama tim dengan baik karena mereka tidak pernah membicarakan yang lain di belakang. Kalau kesal, ya ditunjukkan kekesalannya. Bahkan ada yang sampai bertarung karena berbeda pendapat.

Namun, akhirnya pertarungan itu dapat dihentikan ketika masing-masing tahu punya kesalahan dan tidak memaksakan kehendak.

Di dalam tim kerja pun harusnya bisa seperti ini. Ketika merasa tidak nyaman dengan seseorang sebaiknya diutarakan dibandingkan harus membicarakan di belakang. 

Hal itu tidak hanya membuat tim memiliki masalah, tapi juga membuat hubungan tim lama-kelamaan bisa merenggang. Padahal hubungan yang solid sangat dibutuhkan oleh tim yang sedang punya proyek penting bersama.

4. Punya kelebihan, tapi mau menurunkan ego

Masing-masing dari Avenger pasti sudah kamu tahu memiliki kekuatan hebat. Di antara mereka bahkan ada yang berasal dari planet lain dan punya kekuatan sakti mandraguna.

Terkadang mereka ingin jadi yang menang sendirian karena merasa hebat. Namun, hal ini tidak lama berlangsung karena akhirnya mereka mampu menurunkan ego untuk kebaikan bersama.

Menyelamatkan Bumi dari kehancuran itu berarti sudah tidak memikirkan diri sendiri lagi. Yang terpenting adalah menyelamatkan orang-orang yang ada di dalamnya.

Begitu juga ketika kamu dan rekan kerja sedang menjalankan proyek. Masing-masing pasti punya ide yang bagus untuk dijalankan. Masing-masing bisa mempertahankan ide sebagai yang terbaik.

Di sinilah yang harus kamu pahami dalam kerja sama tim adalah harus ada kesepakatan. Hal itu hanya bisa diraih ketika kamu tidak memaksakan kehendak pada tim lainnya, begitu juga sebaliknya.

5. Saling membantu sesulit apapun

Avenger juga tidak ragu membantu anggota mereka yang kesulitan. Di dalam peperangan, maupun ketika ada masalah pribadi. Mereka mencoba saling menguatkan. Apalagi masing-masing punya masalahnya sendiri.

Atau ketika sedang bertarung musuh yang sangat kuat. Mereka juga saling membantu ketika ada temannya yang terpojok oleh musuh. Saling melindungi supaya tidak ada yang mati. Bahkan ada juga yang rela berkorban.

Ini juga bisa diterapkan dalam kerja sama tim yang baik. Masing-masing individu biasanya punya tugas masing-masing. Namun, hal itu tidak menutup kemungkinan mereka punya kendala ketika mengerjakan tugas.

Di saat yang seperti ini tidak ada salahnya membantu rekan yang membutuhkannya. Proyek kamu pun akan selesai sesuai target.

6. Terkadang juga santai bersama

Avenger tidak melulu melawan musuh. Mereka juga terkadang kumpul bersama untuk bersenang-senang. Di sinilah hubungan mereka kian erat. Biasanya mereka berkumpul di markas sendiri. 

Santai bersama ketika tidak ada tugas membuat mereka jadi mengenal satu sama lain. Walaupun waktunya sebentar, hal ini bermanfaat untuk hubungan erat yang bisa mereka bina bersama.

Begitu juga dengan tim kamu yang ada di kantor. Tidak ada salahnya jalan-jalan bersama sehabis pulang kerja. Kamu dan rekan kerja bisa menonton film, makan, atau ngobrol-ngobrol santai. 

Kegiatan ini bisa mencairkan suasana panas yang bisa saja terjadi ketika kalian sedang bekerja di kantor.

7. Komunikasi adalah kunci

Para Avenger selalu berkomunikasi di setiap kesempatan. Misalnya, ketika sedang berperang pun mereka memasang alat khusus untuk bisa berkomunikasi dengan baik.

Komunikasi juga bisa dilakukan di waktu yang santai misalnya lewat pesan singkat atau ketika menghabiskan waktu di kala liburan.

Kerja sama tim membutuhkan komunikasi di antara semua para anggotanya. Komunikasi ini yang akan memudahkan koordinasi. Hal ini menghindari kesalahpahaman dalam menilai sesuatu atau kesalahan. 

Komunikasi juga bisa menyelesaikan masalah-masalah yang terjadi antar para anggota. 

Itulah hal yang bisa kamu pelajari dari para pahlawan terkuat yang menjaga Bumi. Untuk membangun hubungan yang baik dengan rekan kerja harus dilakukan demi kebaikan bersama. Semoga kamu bisa menemukan rekan kerja yang kooperatif.

Artikel Terkait