Perencanaan Keuangan

Ketahui Perbedaan Bebas Finansial dengan Kaya Raya

Bebas Finansial

Ajaib.co.id – Menjadi kaya bisa dikatakan salah satu pencapaian yang dituju banyak orang. Dengan menjadi kaya, setiap orang bisa memiliki kehidupan yang lebih baik, status hidup yang dipandang, hingga mampu membeli apa yang mereka inginkan. Seolah masalah finansial dalam kehidupan sudah teratasi dengan baik.

Akan tetapi, menjadi kaya bukan berarti kamu terbebas dari masalah finansial karena sudah merasa semua kebutuhan hidupnya terpenuhi. Dalam hal ini kaya bukan berarti bebas finansial.

Kedua istilah tersebut acap kali dianggap orang adalah dua hal yang sama. Padahal, untuk bisa menjadi bebas finansial, kamu tidak harus menjadi kaya.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan dijelaskan mengenai perbedaan kaya dan bebas finansial serta hal apa saja yang bisa dilakukan untuk mewujudkannya.

Pengertian Bebas Finansial dan Menjadi Kaya

Bebas finansial secara fundamental jelas memiliki strategi yang berbeda dengan tujuan menjadi orang kaya. Di mana, prinsip maupun fokus utama untuk menjadi bebas finansial yaitu adanya kepemilikan aset yang aktif.

Aset aktif ini bakal menghasilkan pendapatan pasif di kemudian hari sehingga memungkinkan seseorang mendapatkan penghasilan tanpa bekerja secara aktif.

Uang yang bakal bekerja untuk seseorang bebas finansial sehingga mendatangkan uang-uang lainnya. Setiap orang yang ingin menjadi bebas finansial tidak mungkin membiarkan uang yang dimiliki hanya menumpuk di bank atau tempat penyimpanan lainnya, melainkan membuat uang tersebut bekerja dan mendatangkan penghasilan.

Sementara menjadi kaya merupakan langkah yang dilakukan setiap orang untuk memiliki banyak harta berupa uang maupun benda berharga lainnya. Kaya sendiri memiliki ukuran yang berbeda-beda untuk setiap orang.

Namun, ada beberapa hal yang bisa menjadi tolak ukur bagi setiap orang sehingga bisa dikatakan sebagai orang kaya di antaranya:

Memiliki Penghasilan Besar

Dengan penghasilan besar yang didapat, setiap orang tentu dapat menaikkan taraf hidup mereka dengan mengubah gaya hidup. Untuk memiliki penghasilan besar bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti bekerja dengan posisi tinggi di suatu perusahaan atau memiliki bisnis maupun perusahaan sendiri.

Memiliki Barang-Barang Mewah

Penghasilan yang besar cenderung membuat hampir sebagian orang membeli apa yang mereka inginkan termasuk barang-barang mewah. Hal tersebut juga mampu membuat status mereka naik sehingga dapat dikatakan sebagai orang kaya.

Barang-barang mewah yang belum tentu dimiliki oleh semua orang menjadi tolak ukur seseorang bisa disebut kaya.

Memiliki Aset

Untuk mengelola harta yang dimiliki, orang kaya juga bakal mengalokasikan uang mereka dengan bentuk aset. Aset-aset ini bisa berupa properti, tanah, mobil, saham, dan masih banyak lainnya.

Dengan begitu, uang yang mereka miliki bisa dikelola dengan baik dan juga bisa menghasilkan keuntungan.

Bagaimana Cara yang Dilakukan untuk Mendapatkan Kebebasan Finansial?

Jika menjadi bebas finansial adalah tujuan baru, lalu bagaimana cara yang harus dilakukan untuk bisa mewujudkannya? Apa tolak ukur seseorang dapat berhasil menjadi bebas finansial?

Berikut ini beberapa cara yang harus dilakukan ketika seseorang ingin menjadi bebas finansial:

Mengelola Keuangan Secara Baik

Pada dasarnya, menjadi bebas finansial berarti memiliki keuangan yang sehat sehingga keuangan sudah bukan menjadi masalah dalam hidup. Keuangan yang sehat tentu sangat jauh dari masalah utang sehingga untuk bisa menghindari atau menyelesaikan masalah tersebut, maka kamu harus bisa mengelola keuangan secara baik.

Dengan menjadi bebas finansial, maka kamu akan terbebas dari utang, bebas untuk memilih gaya hidup yang ingin dijalani, dan bebas melakukan aktivitas tanpa khawatir dengan permasalahan keuangan.

Fokus Mengelola dan Membangun Aset Aktif Secara Tepat

Prinsip menjadi bebas finansial adalah membiarkan uang yang bekerja dan datang untukmu sehingga cara selanjutnya untuk bisa mendapatkan kebebasan finansial adalah dengan fokus membangun aset aktif.

Di mana, aset aktif ini yang akan menjadi penghasilan pasif bagimu. Ada banyak aset aktif yang bisa dimiliki seperti:

  • Surat berharga merupakan salah satu aset aktif yang dapat memberimu penghasilan relatif teratur sehingga kamu akan fokus pada nilai instrumen. Surat berharga yang dimaksud mulai dari saham dengan tipe dividend aristocrate atau obligasi dengan jangka waktu untuk mendapatkan kupon lebih banyak.
  • Bisnis atau usaha juga menjadi aset aktif, namun bisnis yang dimaksud adalah jenis yang bersifat sustainable. Dengan begitu, kamu tidak perlu terlibat banyak pada operasionalnya agar tetap berjalan dan mendatangkan keuntungan tetap setiap periodenya.
  • Properti juga dapat dikatakan sebagai aset aktif karena memiliki nilai yang terus meningkat pada jangka waktu tertentu dan mendatangkan penghasilan pasif dengan menyewakannya kepada pihak tertentu sesuai periode yang disepakati seperti rumah petak, apartemen, ruko, rukan, maupun kios.

Menyiapkan Jaring Pengaman yang Cukup

Dalam hal ini, jaring pengaman yang dimaksud adalah alternatif untuk mengatasi kerugian finansial. Di mana, risiko keuangan tentu dapat terjadi kepada orang bebas finansial sekalipun. ada dua jenis jaring pengaman yang dapat menjadi solusi ke depannya seperti dana darurat dan asuransi sesuai kebutuhan. Apalagi tujuan kamu memang menjadi bebas finansial dan tidak memilih menjadi kaya terlebih dahulu.

Apalagi dana darurat maupun tabungan yang dimiliki tidak mencukupi keadaan tertentu ketika bebas finansial yang kamu lakukan tidak beriringan dengan menjadi kaya. Ditambah dengan aset aktif tersebut jumlahnya tidak banyak, namun sudah memastikan untuk mendatangkan penghasilan secara pasif. Oleh karena itu, penting memiliki jaring keamanan untuk menuju kebebasan finansial.

Kamu juga tidak perlu repot-repot bekerja dengan jam-jam panjang bahkan hingga libur. Dengan begitu, kamu bisa menjalani kehidupan sehari-sehari seperti yang diinginkan. Menjadi bebas finansial tentu merupakan salah satu pilihan dalam hidup.

Untuk mencapai kondisi tersebut, tentunya kamu harus bisa mempersiapkan segala hal yang menjadi langkah awal menuju kebebasan finansial.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa salah satu cara yang dilakukan untuk menjadi bebas finansial adalah dengan memiliki aset aktif berupa investasi yang menghasilkan pendapatan pasif, salah satunya investasi saham. Apalagi kini investasi saham bisa dilakukan semakin mudah melalui aplikasi Ajaib.

Ajaib merupakan media investasi online yang dapat membantu kamu berinvestasi saham secara mudah dan aman. Untuk mencapai bebas finansial, investasi saham yang kamu lakukan harus sesuai, dengan cara memilih emiten yang memiliki fundamental bagus sehingga mampu menghasilkan keuntungan. Hal tersebut tentunya dapat kamu lakukan secara mudah melalui aplikasi Ajaib.

Jadi tunggu apalagi? Miliki aset aktif dengan mengunduh aplikasi Ajaib melalui smartphone untuk memulai berinvestasi saham dan menghasilkan keuntungan, mulai dari sekarang!

Artikel Terkait