Berita

Daftar Universitas Korea Paling Top hingga ke Mancanegara

Universitas Korea

Ajaib.co.id – Korea Selatan merupakan salah satu negara maju di dunia. Hal itu karena sistem pendidikan mereka juga yang berhasil mencetak SDM-SDM top yang membantu kemajuan negaranya jadi pesat. Mereka lahir dari universitas Korea top yang namanya terkenal hingga ke mancanegara.

Korea juga merupakan negara yang rajin memberikan beasiswa pada orang luar Korea yang ingin bersekolah di sana. Kamu yang ingin bersekolah di sana, harus tahu universitas Korea top yang bisa menjadi tempat bagimu untuk mengembangkan karir dan meraih cita-citamu yang sudah lama kamu impikan.

Inilah daftar universitas Korea itu.

1.    Seoul National University

Merupakan salah satu universitas Korea paling top. Dibuka pertama kali pada tahun 1946, tidak lama setelah Korea merdeka dari penjajahan Jepang.

Kampus ini dikenal mencetak orang-orang paling pintar di Korea. Jurusan yang ada di sini termasuk umum mulai dari kedokteran sampai sastra Korea. Jurusan yang paling top adalah jurusan kedokteran yang hanya bisa dimasuki oleh murid-murid terpilih dengan nilai memuaskan.

Mereka yang masuk kampus ini juga lebih mudah masuk ke perusahaan-perusahaan top multinasional seperti Samsung, Hyundai, LG, dan perusahaan Korea lainnya yang sudah mendunia. Untuk bisa masuk ke sini kamu perlu memiliki nilai bagus di sekolah sebelumnya dan tentunya memiliki prestasi.

2.    Korea University

Merupakan universitas Korea top lainnya yang bersaing ketat dengan Seoul National University menjadi universitas nomor satu di Korea. Cukup lama sudah berdiri di Korea, yaitu sejak tahun 1905. Kampus ini dikenal bagus di jurusan bisnisnya hingga jurusan teknik.

Sebanyak 11% muridnya adalah murid dari luar Korea, jadi cukup banyak orang asing yang berkuliah di sini. Tidak mengherankan penelitian yang berjalan di kampus ini tidak hanya melibatkan ilmuwan nasional, tapi juga para ilmuwan internasional.

3.    Yonsei University

Bersama dengan Seoul National University dan Korea University menjadi top 3 universitas Korea. Ketiga kampus ini sering disebut juga dengan SKY untuk menunjukkan betapa mereka difavoritkan oleh para orang Korea. Hal itu karena orang Korea percaya bahwa mereka yang berhasil masuk ke tiga kampus itu akan memiliki hidup yang sukses.

Merupakan kampus tertua di Korea karena pertama kali berdiri pada tahun 1885. Universitas ini juga banyak menerima murid dari luar Korea. Lebih dari 4.000 murid internasional yang berkuliah di kampus beken ini. Kampus ini memiliki jurusan top dunia di jurusan kedokteran gigi dan jurusan administrasi.

4.    KAIST

KAIST atau dikenal juga dengan sebutan Korea Advanced Institute Science and Technology merupakan kampus khusus teknologi dan sains di Korea yang sudah berdiri sejak tahun 1971. Meski terbilang baru dari ketiga kampus di atas, tapi kampus ini berhasil menjadi salah satu kampus top yang melahirkan banyak ilmuwan Korea.

Kamu yang senang dengan teknologi dan sains, tidak ada salahnya memilih kampus ini sebagai kampus impian untuk belajar.

5.    Sungkyunkwan University

Universitas Korea ini adalah yang paling tua di sana karena berdiri pada tahun 1398 di zaman kekuasaan Dinasti Joseon. Kampus ini didirikan oleh kaum bangsawan di zaman itu. Kampus ini memiliki kerja sama penelitian dengan perusahaan raksasa Samsung. Jadi, tidak mengherankan menjadi salah satu kampus yang difavoritkan juga.

Kampus ini unggul di bidang sains, teknologi, serta manajemen. Kamu yang berminat masuk ke kampus ini bisa memilih juga jurusan lain yang sesuai dengan minat karena jurusan yang tersedia di sini cukup banyak. 

6.    Korea National University of Arts

Merupakan universitas khusus seni paling top di Korea. Kampus ini sudah banyak melahirkan aktris dan aktor yang sukses di dunia entertainment Korea seperti Kim Go Eun yang main bersama Gong Yoo di drama Goblin dan Suho dari boyband ternama EXO.

Kampus ini cocok dipilih olehmu yang berminat di bidang seni seperti akting, membuat film, menyanyi, hingga menari. Jurusannya cukup lengkap, tapi yang diterima di sini hanya sedikit karena persaingan yang sangat ketat.

Tips sukses kuliah di Korea Selatan

Supaya kamu sukses kuliah di Korea Selatan, kamu perlu melakukan hal-hal di bawah ini.

1.     Belajar bahasa Korea

Walaupun kamu memilih jurusan yang punya pengantar bahasa Inggris, kamu harus tetap belajar bahasa Korea. Itu untuk memudahkan kehidupan sehari-harimu di Korea karena kebanyakan masyarakat di sana tidak mahir berbahasa Inggris.

Agar segala urusanmu seperti urusan kampus, urusan sewa asrama, urusan visa, dan urusan lainnya berjalan lancar kamu juga perlu bisa bahasa Korea.

2.     Memilih jurusan yang sesuai dengan minatmu

Supaya kamu sukses mendapatkan nilai yang mengesankan di universitas Korea, sudah seharusnya kamu memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan minat. Jangan pernah asal-asalan dalam memilih jurusan, apalagi hanya ikut-ikutan orang, ujung-ujungnya kamu tidak paham.

3.     Jangan ragu belajar budaya di tempat sekitar

Jangan ragu untuk belajar budaya Korea seperti mengikuti pertunjukan seni, belajar membuat masakan aslinya, dan kegiatan seru lainnya yang berkaitan dengan budaya. Dari sana kamu bisa berteman baik dengan orang Korea. Ini pun bisa menjadi cara untuk menambah wawasan.

4.     Belajar yang rajin karena persaingan sangat ketat

Kamu perlu tahu bahwa orang Korea itu rajin belajar. Kamu yang pertama kali melihat akan kaget melihat betapa pekerja kerasnya mereka. Mereka senang begadang untuk belajar, biasanya ketika mau ujian perpustakaan kampus akan buka 24 jam untuk murid-muridnya belajar. Semangat belajarmu harus sama seperti mereka.

Itulah pembahasan mengenai universitas Korea. Kesimpulannya untuk berkuliah di luar negeri harus dipersiapkan dengan benar. Semangat mengejar cita-citamu, ya!

Artikel Terkait