Ekonomi

Tol Laut Adalah Program yang Bermanfaat, Ini Daftarnya!

Tol Laut adalah
Tol Laut adalah

Ajaib.co.id – Tol laut adalah salah satu program yang dibuat di era kepemimpinan Presiden Joko Widodo. Seperti namanya, tol laut ini tentu saja berada di jalur laut. Namun, konsepnya berbeda dengan jalan tol yang biasa kamu lalui ketika bepergian menuju luar kota.

Tol laut ini bukan mendirikan jalan beraspal di atas laut, tapi dengan mengatur jalur yang jelas antara asal dan tujuan, serta memanfaatkan teknologi transportasi yang lebih besar.

Tol laut adalah program yang sangat cocok diterapkan di Indonesia

Kamu pasti tahu wilayah laut Indonesia jauh lebih luas dibandingkan dengan wilayah daratannya. Antara pulau dihubungkan dengan lautan. Bisa mengandalkan daratan, tapi jika harus ke luar pulau, tol laut adalah pilihan yang sangat tepat. Apalagi jika jaraknya yang jauh.

Jika ingin mengandalkan jalur udara itu juga bisa, tapi tol laut tidak bisa diabaikan. Alasannya karena jalur udara sudah sangat ramai digunakan untuk keperluan komersial, sementara laut di Indonesia sangat luas. Lalu, ada banyak kelebihan yang didapatkan apabila pelaku bisnis di Indonesia juga mengandalkan tol laut sebagai jalur transportasi mereka.

Konsep tol laut ini hadir dengan menghubungkan berbagai pelabuhan yang ada di provinsi-provinsi di Indonesia. Jalurnya dimulai dari pelabuhan yang ada di Nangroe Aceh Darussalam, DKI Jakarta, Surabaya, Nusa Tenggara, Maluku, hingga ke Papua. Jadi, semua pulau yang ada di Indonesia bisa dijangkau dengan konsep tol laut.

Jalur tol laut yang perlu kamu ketahui adalah dari Tanjung Priok, di Jakarta hingga ke Tanjung Perak di Surabaya. Lalu, dari Tanjung Perak hingga ke Sorong yang ada di Papua. Jalurnya sangat panjang, oleh karena itu tol laut adalah konsep yang sangat bisa diandalkan untuk memenuhi kebutuhan transportasi laut di Indonesia.

Jalurnya yang sangat panjang ini mengharuskan kapal yang digunakan pun yang berukuran besar. Sehingga, bisa menampung banyak barang untuk berbagai macam keperluan agar distribusinya sampai ke seluruh Indonesia. Lalu, untuk ke pulau lain di luar jalur tol laut tetap bisa dilakukan dengan menggunakan kapal yang bermuatan lebih kecil.

Manfaat Tol Laut

Manfaat tol laut sangat nyata. Di setiap tahunnya jalur ini terus mengalami pengembangan, salah satunya adalah dengan menambah armada kapal yang lebih banyak. Manfaatnya tidak hanya untuk pebisnis, tapi juga untuk seluruh masyarakat Indonesia. Seperti ini manfaat tol laut yang perlu kamu ketahui.

1. Memasok kebutuhan hingga ke tempat terpencil

Masalah umum yang terjadi di Indonesia adalah wilayah yang jauh dari pusat memiliki kebutuhan yang tidak selengkap di pusat. Hal itu karena sulitnya menjangkau tempat itu dikarenakan beberapa faktor seperti membutuhkan waktu yang lebih lama.

Jadi, misalnya suatu komoditas sudah muncul di pusat, di bagian lain yang jaraknya lebih jauh pasti membutuhkan waktu lebih lama untuk ada. Bahkan ada yang tidak ada sama sekali mengingat banyak penyedia kebutuhan yang hanya berani mendistribusikannya ke wilayah terdekat karena masalah biaya yang mahal

2. Menekan biaya pengiriman

Dengan adanya tol laut sudah pasti biaya pengiriman berhasil ditekan. Hal itu karena pengiriman dapat dilakukan sekaligus dengan armada kapal yang besar.

Serta, waktunya pun lebih cepat dengan mengandalkan jalur yang sudah ditetapkan ditambah lagi dengan teknologi kapal yang canggih. Biaya pengiriman jadi lebih turun sehingga akan berpengaruh terhadap harga komoditasnya.

3. Menekan biaya komoditas

Masyarakat yang tinggalnya lebih jauh jadi bisa membeli barang dengan harga yang lebih murah dari biasanya. Biaya distribusi yang biasanya membuat barang-barang komoditas yang jauh dari pusat harganya sangat mahal. Hal ini tentu akan menyusahkan masyarakat yang tinggal jauh dari pusat.

Manfaat tol laut adalah bisa menekan biaya komoditas yang sejak dulu menjadi masalah di Indonesia. Semoga konsep tol laut ini bisa lebih ditingkatkan kualitasnya sehingga harga komoditas di seluruh Indonesia bisa setara.

4. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia

Dengan harga komoditas yang bisa ditekan, kesejahteraan pun akan semakin tinggi. Kebutuhan masyarakat jadi bisa terpenuhi dengan baik. Hal ini bisa juga meningkatkan pendapatan daerah, terutama untuk daerah yang memiliki pelabuhan yang menjadi tujuan

Dengan adanya tol laut, meningkatkan kinerja bisnis yang berada di dekat pelabuhan itu, sehingga infrastruktur di sekitarnya pun jadi semakin maju. Diharapkan hal ini bisa terjadi di wilayah terpencil lain yang masih jauh dari jangkauan.

5. Mengingatkan kepada kita bahwa Indonesia adalah negara maritim yang besar

Di antara kamu pasti ada yang tidak tinggal berdekatan dengan laut, sehingga tidak menyadari sebenarnya Indonesia adalah negara maritim yang besar. Sudah sejak dulu Indonesia dikenal sebagai pelaut-pelautnya yang ulung untuk itu kita perlu melanjutkan warisan nenek moyang. Laut juga adalah teritori negara yang perlu dilindungi, salah satunya adalah dengan cara menggunakan wilayah itu sebaik-baiknya.

6. Meningkatkan perekonomian negara

Apabila daerah sejahtera, hal itu bisa menjadi pemasukan untuk negara. Perekonomian negara pun akan meningkat. Ini akan sangat bagus untuk kehidupan masyarakat Indonesia secara keseluruhan. Perekonomian yang bagus, bisa membuat kebutuhan masyarakat terpenuhi secara merata dan masyarakat bisa mendapatkan manfaatnya dalam kehidupan.

7. Mengurangi pengangguran di Indonesia

Salah satu manfaatnya adalah berkurangnya tingkat pengangguran di Indonesia. Pengangguran menjadi masalah yang sudah menghantui Indonesia sejak lama. Harus diperbaiki secara perlahan agar angka pengangguran ini berkurang setiap tahunnya. Perlahan, tapi pasti, suatu saat nanti dapat dilalui.

Artikel Terkait