Bisnis & Kerja Sampingan

Tips Sukses dalam Memulai Bisnis Jajanan Pasar

Ajaib.co.id – Salah satu bisnis yang berpeluang menghasilkan keuntungan besar adalah kuliner. Namun, menjamurnya bisnis kuliner menuntut kamu untuk memilih jenis makanan yang unik dan berbeda sehingga produk yang kamu jual tidak hanya untuk ajang mencoba saja. Salah satu bisnis kuliner yang berpeluang baik yaitu jajanan pasar.

Jajanan pasar identik dengan makanan tradisional yang disukai banyak orang. Resep jajanan pasar biasanya diturunkan dari satu generasi ke generasi selanjutnya.

Mengingat, siapa sih yang tidak suka dengan jajanan tradisional yang sering dijual di pasar ini, baik dikonsumsi sehari-hari atau mencobanya sekali-kali untuk sekedar bernostalgia.

Nah, bagi kamu yang melihat jajanan pasar sebagai peluang usaha dan ingin memulainya, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan. Hal apa yang dimaksud, yuk simak ulasannya melalui penjelasan berikut ini.

Memahami Potensi dari Bisnis Kuliner

Sebelum memilih kue tradisional sebagai usaha yang ingin kamu mulai, ada baiknya untuk memahami potensi dari bisnis kuliner itu sendiri. Bisnis kuliner yang ingin kamu pilih dalam kategori makanan terdiri dari makanan berat dan makanan ringan. Jika kamu memilih jajanan tradisional, berarti kamu memilih jenis makanan ringan untuk dijual.

Jika dilihat dari potensi bisnis kuliner tradisional ini, maka potensinya cukup menjanjikan. Selain harga yang murah, jajanan kue ini bisa dikatakan mulai menghilang karena banyaknya makanan-makanan modern yang bermunculan.

Orang-orang yang mungkin merasa bosan dengan makanan modern, mulai mencari-cari makanan yang berbeda yaitu jajanan pasar.

Hal ini tidak hanya untuk menghilangkan rasa bosan mereka terhadap makanan modern, namun juga mengulang nostalgia semasa kecil khususnya bagi orang dewasa ketika menikmati jajan pasar.

Oleh karena itu, makanan ringan tradisional ini justru memiliki potensi yang baik untuk bisnis kuliner sehingga bisa menjadi pilihan yang tepat bagi kamu untuk memulai usaha.

Peluang Usaha untuk Bisnis Jajanan Pasar

Jajanan pasar berkaitan dengan makanan tradisional khas Indonesia. Hal ini berarti kamu dapat mengeksplor jenis jajanan pasar yang beragam. Mengingat, kuliner Indonesia sangat bervariasi sehingga kamu dapat memilih jajanan pasar mana yang ingin dijual.

Apalagi jika kamu memahami suatu makanan tradisional yang berasal dari suku tertentu, maka akan lebih mudah untuk memilihnya.

Jika kamu ingin menghadirkan jajanan pasar yang lebih modern, kamu dapat mengombinasikannya dengan tampilan dan rasa yang baru. Hal ini jelas bisa menjadi peluang baru untuk bisnis kuliner tradisional.

Akan tetapi, harus dipertimbangkan juga jajanan yang asli atau otentik tanpa dimodifikasi ulang. Hal ini mengacu pada calon pelanggan kamu nantinya yang memang menginginkan produk jajanan pasar asli.

Selain itu, kamu bisa memulai bisnis jajanan pasar dengan modal yang tidak terlalu besar. Kamu bisa menggunakan peralatan dapur yang sudah dimiliki di rumah atau tanpa perlu menyewa tempat.

Tidak heran, jika usaha ini bisa menjadi solusi bagi kamu ibu rumah tangga yang ingin memiliki kesibukan tambahan hanya dari rumah.

Kelebihan Bisnis Jajanan Pasar

Memilih jajanan tradisional untuk bisnis yang akan dimulai merupakan salah satu pilihan tepat. Hal ini karena ada beberapa kelebihan yang dihasilkan dibandingkan dengan jenis bisnis lainnya. Berikut beberapa keunggulan yang dimaksud:

Permintaan Pasar yang Selalu Ada

Bisnis kue tradisional yang terus ada dan berkembang seiring dengan permintaan yang selalu ada. Jajanan seperti kue bisa dijual mulai dari pagi, siang, hingga malam hari.

Apalagi kebutuhan kue-kue pasar ini tidak hanya cocok untuk dikonsumsi rumahan saja, namun di beberapa acara justru jumlah permintaannya sangat banyak.

Mudah untuk Dikembangkan

Kemudahan dalam mengembangkan bisnis jajanan merupakan salah satu keunggulannya. Apalagi jajanan pasar biasanya menggunakan promosi dari mulut ke mulut.

Apalagi untuk permintaan kue pasar ini bisa juga diterapkan sistem pre order yang mana kamu tidak perlu mengeluarkan modal terlebih dahulu.

Modal yang Terjangkau

Bisnis jajanan yang menjual kue seperti kue cucur, risol, pastel, donat goreng, klepon, beras ketan, dadar gulung, kue lumpur, onde-onde, gula pasir dan masih banyak lainnya, tidak membutuhkan modal yang sangat besar untuk membuatnya.

Dengan modal sebesar Rp1 juta, kamu sudah bisa membeli bahan-bahan untuk membuat kue dalam 10 macam dan wadah plastik untuk pembungkusnya.

Tips dalam Memulai Bisnis Jajanan Pasar

Untuk memulai bisnis jajanan pasar, ada beberapa tips yang bisa menjadi referensi kamu. Berikut beberapa tips yang dimaksud:

Menemukan Lokasi Jualan yang Strategis

Untuk kamu yang berencana berjualan jajanan di suatu tempat, maka lokasi penjualan yang dipilih harus strategis. Hal ini meliputi pinggir jalan yang ramai, pasar, kawasan sekolah, perumahan, hingga kawasan industri. Dengan begitu, jajanan yang kamu jual bisa laku lebih cepat.

Menggunakan Bahan Baku Berkualitas

Dalam berbisnis itu, jangan hanya mengharapkan keuntungan saja. Namun, kepuasan pelanggan menjadi nomor satu. Oleh karena itu, gunakan bahan baku untuk membuat jajanan pasar yang berkualitas.

Tidak mengapa jika harus lebih mahal sedikit, namun jajanan yang dihasilkan enak dan berkualitas. Dengan begitu, para pelanggan kamu akan terus membeli produk yang dijual.

Mengerti Selera Pasar

Ada banyak pilihan dari jajanan atau kue yang bisa kamu jual. Mengingat, setiap orang memiliki ketertarikan pada suatu jenis jajanan pasar sehingga kamu harus memahami jenis apa saja yang banyak diminati dan dibeli.

Dengan begitu, kamu bisa menambahkan stok jajanan yang lebih banyak diminati.

Manfaatkan Keberadaan Media Sosial untuk Promosi

Bisnis jajanan pasar sekalipun membutuhkan media untuk memperkenalkan produk yang dijual. Nah, kamu bisa memanfaatkan keberadaan media sosial untuk media promosi. Foto produk yang dijual dengan menarik sehingga orang akan penasaran dan ingin mencoba produk yang dijual.

Pada dasarnya, bisnis makanan pasar memiliki peluang yang cukup besar untuk dimulai. Bagi kamu yang tertarik dengan bisnis kuliner dan modal yang dimiliki tidak terlalu besar, maka bisnis jajanan pasar bisa menjadi pilihan.

Untuk membantu kamu mempersiapkan modal dalam memulai bisnis, gunakan instrumen investasi. Salah satu instrumen investasi yang bisa kamu pilih adalah reksa dana.

Selain menghasilkan keuntungan dengan risiko yang rendah, investasi reksa dana kini bisa digunakan secara online melalui smartphone dengan menggunakan aplikasi Ajaib. Ajaib merupakan media investasi online yang bisa membantu kamu berinvestasi di instrumen reksa dana secara aman dan mudah.

Dengan berinvestasi reksa dana di Ajaib, kamu bisa merencanakan keuangan untuk kebutuhan di masa mendatang secara aman dan mudah, salah satunya untuk modal memulai bisnis. Jadi tunggu apalagi? Yuk, mulai investasi reksa dana dengan download aplikasi Ajaib di smartphone kamu sekarang.

Artikel Terkait