Bisnis & Kerja Sampingan

Cara Menjadi Kaya Raya dengan Menjual Action Figure

Ajaib.co.id – Pernahkah kamu berpikir untuk memulai bisnis & kerja sampingan untuk memiliki pendapatan tambahan? Produk apa yang sekiranya akan kamu jual? Makanan, minuman, pakaian, sneakers, atau mainan seperti action figure (figur karakter)?

Kamu mungkin berpikir bahwa mainan hanyalah untuk anak-anak, tetapi faktanya kebanyakan mainan dibeli oleh orang dewasa sebagai koleksi. Selain itu, kebanyakan dari mereka royal untuk membeli koleksi mainan. Ini artinya ada keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari hobi orang dewasa tersebut.

Kolektor yang mengumpulkan koleksi mainan, seperti action figure akan membayar berapa pun untuk setiap mainan atau memorabilia (barang yang berkaitan dengan suatu merek) langka yang kamu punya di rumah. Namun, sebelum memulai bisnis yang menyenangkan ini ada beberapa hal yang harus kamu pahami.

Menjual Action Figure

Cara paling mudah menghasilkan uang dari menjual koleksi mainan adalah dengan melakukan analisis terlebih dahulu. Prinsip umum bahwa langka = berharga tidak selalu menjadi acuan dalam menjual figur karakter.

Ada perbedaan yang tipis antara barang yang langka dan barang yang memiliki demand tinggi. Selalu lakukan riset terlebih dahulu sebelum membeli, dan patuhi tiga aturan di bawah ini sebelum memulai bisnis figur karakter.

Kelangkaan

Umumnya, semakin tua barang tersebut, semakin langka dan karenanya semakin berharga. Hal ini dikarenakan, semakin tua mainan, semakin sedikit kemungkinan untuk tetap terlihat baik.

Kamu akan terkejut berapa uang yang didapatkan jika memiliki figur karakter langka di beberapa puluh tahun lalu. 

Jadi, jangan membuang mainan apa pun, termasuk figur karakter hanya karena kamu tidak membutuhkannya lagi.

Popularitas

Sebuah action figure mungkin tidak terlalu langka, tetapi memiliki popularitas yang tinggi karena beberapa faktor, meliputi peningkatan minat karena film baru, kematian atau pensiunnya seorang aktor, Misalnya, merchandise Spiderman yang harganya melesat setelah rilis film Avenger tahun lalu.

Kematian aktor juga mempengaruhi harga figur karakter. Misalnya, meninggalnya Heath Ledger pada tahun 2008 mendongkrak harga merchandise Joker. Jadi, pastikan untuk selalu menjaga kondisi figur karakter tetap baik karena kamu tidak pernah tahu berapa nilainya di masa depan.

Kondisi

Tidak peduli figur karakter yang kamu miliki langka dan populer, tetapi kondisi buruk, kolektor tidak akan menghargainya mahal. Pastikan untuk selalu mengecek kemiripan antara barangnya dengan dengan kondisi gambar. Figur karakter yang berbeda dengan gambar tidak akan bisa dijual dengan harga yang bagus.

Perhatikan juga casing pada figur karakter, apakah dalam kondisi yang baik, mengingat dapat meningkatkan nilai jualnya. Perhatikan penyok, goresan, lipatan, robekan, dan penampilan keseluruhan figur agar tidak berakhir merugi.

The Action Figure Authority bisa bisa menjadi standar penilaian kondisi suatu figur karakter, mereka membagi kategori kondisinya menjadi tiga, yaitu AFA Gold Standard, AFA Silver Standard, dan AFA Bronze Standard.

Jangan Terlalu Fokus Pada Edisi Khusus

Apa pun yang menjadi langka di masa depan akan memberimu banyak uang. Namun, dengan produksi massal saat ini untuk memenuhi demand konsumen, edisi spesial, edisi khusus, dan edisi eksklusif tidak berarti apa-apa.

Manufaktur berusaha memaksimalkan keuntungan sebanyak-banyaknya, yang artinya menjual figur karakter dalam jumlah banyak.

Set Film Adalah Spekulasi yang Aman

Tentu sangat sulit menentukan apa yang menjadi populer untuk 20 hingga 30 tahun ke depan. Spekulasi terbaik adalah franchise film-film populer. Contoh terbaru adalah merchandise Lord of the Rings atau Harry Potter yang banyak tersedia tapi akan dicari di masa mendatang.

Franchise Besar dan Keuntungan di Masa Depan

Seperti Harry Potter dan Lord of The Rings yang keuntungannya berjalan dengan sendirinya seiring waktu, mengingat penggemar akan menghargai nilai sebuah koleksi dari film. Franchise besar lainnya juga tidak kalah menarik, seperti Star Wars, DC Comics, dan Marvel tentu akan meningkatkan popularitasnya dan berpotensi meningkatkan nilai dari setiap figur karakter lama.

Untuk franchise Star Wars. cara yang jauh lebih mudah mendapatkan uang dari franchise Disney selain figur karakter adalah dengan mengumpulkan LEGO-nya. Alasan mengapa barang-barang yang berhubungan dengan Star Wars mudah laku, karena kebanyakan orang membelinya bukan untuk mendapatkan keuntungan, melainkan membelinya hanya karena menyukai franchise tersebut.

Franchise besar lain yang kemungkinan figur karakternya akan mahal di masa depan adalah Woody dan Buzz Lightyear Toy Story. Mungkin saat ini mereka masih menjadi barang koleksi semata, tapi beberapa dekade mendatang mereka akan sangat berharga.

Kamu harus mau mengambil risiko dengan membeli barang yang saat ini tidak berharga untuk dijual di masa depan.

Berapa Keuntungan Menjual Action Figure?

Figur karakter sama seperti sneakers atau barang niche lainnya, transaksi jual belinya didorong oleh penggemar dan kolektor. Cara paling mudah untuk menemukan barang dengan harga murah untuk dijual kemudian hari adalah menemukannya di internet, datang ke Toy Fair atau fan penggemar seperti Jakarta Comic Con.

Mengingat pasarnya terbatas, kamu tidak akan memperoleh pendapatan tetap dengan menjual figur karakter, terlebih jika barang yang kamu miliki adalah edisi biasa.

Untungnya sifat kompulsif dan loyalitas penggemar dapat mendongkrak penjualan figur karakter. Ini artinya barang-barang berharga tertentu dari sejumlah franchise akan berharga bagi mereka, bahkan kolektor biasa bersedia membayarnya dengan harga yang mahal.

Sebagai referensi untuk barang yang bisa kamu jual ke depannya, figur karakter Obi Wan Kenobi tahun 1985 seharga £2,450 atau setara dengan Rp46.515.231, atau Star Wars Yak Face dari tahun 1985 terjual senilai £57,500 atau sekitar Rp1 miliar.

Artikel Terkait