Teknologi

Cara Ganti Email di Akun Instagram Pribadi

Ganti email
Ganti email

Ajaib.co.id – Ketika email atau email address lama kamu tidak bisa dibuka, kamu biasanya akan membuat email baru untuk penggantinya. Setelah itu jangan lupa ganti email di akun-akun media sosial yang menggunakan email lama tersebut. Beberapa media sosial mengharuskan kamu menghubungkan akun dengan email milikmu untuk keperluan keamanan. Salah satunya adalah Instagram.

Instagram merupakan salah satu media sosial terpopuler saat ini. Dulu Instagram hanya tersedia di Apple sehingga yang menggunakan aplikasi ini adalah kesempatan yang langka. Instagram dulu disebut sebagai aplikasi yang eksklusif. Namun, setelah kehadiran Android dan Instagram masuk ke dalamnya, ternyata peminat Instagram semakin banyak lagi.  

Selain itu jika ada berita terkait perubahan peraturan di Instagram, pihak Instagram akan mengirimkan email ke para pengguna. Informasinya pun akan langsung diketahui oleh para pengguna. Untuk itulah perlu ganti email ketika email dulu tidak bisa berfungsi lagi. Ini cara mengganti email di Instagram. Caranya mudah dan bisa dilakukan cepat.

1. Buka aplikasi Instagram

Langkah-langkahnya tidak begitu panjang jika kamu mengikutinya dengan baik. Yang pertama adalah membuka aplikasi Instagram dari PC atau dari ponsel pintar milikmu. Jika belum login, jangan lupa login terlebih dahulu menggunakan email lama dan password lama. Setelah login kamu lanjut ke langkah berikutnya.

2. Buka profil, tekan garis tiga untuk ke pengaturan

Setelah berhasil login, buka bagian profil. Nanti kamu akan menemukan profilmu sendiri. Coba kamu perhatikan garis berjumlah tiga yang ada di bagian kanan atas. Klik garis itu. Setelahnya kamu akan menemukan berbagai macam menu yang disediakan. Kamu hanya perlu melihat ke bawah, dan menemukan bagian pengaturan. Klik bagian pengaturan itu.

3. Buka bagian pengaturan Akun

Setelah berhasil membuka pengaturan, kamu kembali akan banyak menemukan menu. Tidak perlu diambil pusing, pilih saja bagian Akun, lalu buka bagian Informasi Pribadi. Di bagian ini kamu akan menemukan berbagai macam pilihan.  

4. Ganti Email

Kamu akan melihat beberapa pilihan seperti email, nomor telepon, jenis kelamin, dan tanggal lahir. Kamu tinggal memilih email. Cara menggantinya pun mudah dilakukan. Hapus email lama, lalu ganti dengan email baru yang harus aktif.

Nanti kamu akan diminta mengkonfirmasi penyambungan akun Instagram dengan email yang baru. Klik tautan konfirmasi pada email yang baru masuk dari Instagram. Setelah itu akun Instagram milikmu pun sekarang sudah menggunakan email yang baru dan bisa digunakan langsung. Cara ini tidak akan memakan waktu sampai seharian. Beberapa menit saja sudah beres jika kamu mengikuti cara yang benar seperti yang sudah disampaikan dari awal.

5. Ganti Password minimal sebulan sekali

Untuk mengamankan akun dari peretas yang tidak bertanggung jawab, jangan lupa mengganti password minimal sebulan sekali. Hal ini untuk mengantisipasi kebocoran data.

Walaupun Instagram belum pernah melaporkan adanya kebocoran data yang mereka alami sejauh ini, kamu tetap harus waspada dan berjaga-jaga. Kebocoran data ini biasanya password pengguna diketahui oleh orang lain, dan tentu saja itu adalah hal yang gawat.

6. Jangan lupa aktifkan autentikasi dua faktor

Ini adalah cara mengamankan akun media sosial selanjutnya. Semua media sosial sekarang sudah memiliki autentikasi dua faktor. Instagram juga demikian. Kamu bisa mengaktifkan autentikasi dua faktor yang ada di dalamnya.

Dengan diaktifkannya fitur ini, orang lain tidak akan mudah meretas akun ku. Misalnya saja, dia sudah berhasil masuk ke akunmu dan hendak mengganti password, tapi karena kamu sudah mengaktifkan autentikasi dua faktor, maka Instagram akan memberi kode OTP ke email milikmu atau SMS untuk mengkonfirmasi kamu sudah mengganti password.

Dengan begitu kamu akan tahu bahwa akunmu hendak diretas, kamu pun bisa mencegahnya dengan langsung mengamankan akunmu. Ganti email tidak harus diganti setiap waktu, yang penting adalah mengganti password secara rutin agar tetap aman. Password untuk mengamankan email pun berlaku demikian.

Artikel Terkait