Dunia Kerja

Kehilangan Pekerjaan Bukan Akhir Segalanya, Lakukan Hal Ini!

Ajaib.co.id – Sebagai pekerja tentu kamu tak ingin kehilangan pekerjaan. Apalagi di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini saat kondisi perekonomian belum sepenuhnya pulih. Sayangnya, keinginan kamu bisa tak berjalan sebanding dengan tempat kamu bekerja.

Jika perusahaan sedang kritis dan harus ada pengurangan karyawan, kamu tidak bisa menolak untuk kehilangan pekerjaan. Akhirnya, kamu harus ikhlas untuk merelakan pekerjaan yang kamu sukai selama ini.

Mencari pekerjaan memang bukan hal yang mudah. Banyak faktor yang memengaruhi seorang diterima bekerja, maupun dari pihak pencari pekerja sendiri yang tak selalu cocok dengan perusahaan. Sehingga, kehilangan pekerjaan ketika kamu mencintai pekerjaan tersebut pasti membuat hati patah.

Kehilangan pekerjaan dapat sangat berdampak pada perekonomian keluarga kamu, oleh karena itu, sebaiknya kamu tidak patah semangat. Bersedih hati sewajarnya, tetapi kehidupan terus berlanjut dan harus ada tindakan segera. Lakukan langkah-langkah berikut ini untuk bisa secepatnya bangkit lagi.

1.     Mengatur Keuangan

Apabila pekerjaan yang kamu miliki tersebut adalah satu-satunya sumber penghasilan, bisa dipastikan kamu akan kehilangan sumber penghasilan. Untuk itu, kamu perlu merelakan tabungan yang kamu miliki bahkan menggunakan dana darurat.

Namun, meskipun harus menggunakan dana tabungan kamu harus pintar mengatur keuangan dengan lebih berhemat. Kamu sebaiknya mendahulukan kebutuhan daripada keinginan. Bahkan mungkin kamu perlu memangkas kebutuhan yang dirasa bisa dihilangkan. Dengan cara inilah kamu bisa bertahan, sampai menemukan sumber penghasilan baru.

Tulislah dalam sebuah buku, mengenai keinginan dan kebutuhan kamu selama sebulan. Lalu, lakukan eliminasi pada hal-hal yang tidak menjadi prioritas. Tentu saja, kamu harus menerapkannya dengan disiplin agar tidak berantakan nantinya.

Mengatur keuangan setelah kehilangan pekerjaan bisa membuatmu bertahan sampai pada akhirnya menemukan sumber penghasilan lagi.

2.     Bersiap Mencari Pekerjaan Baru

Hal lain yang perlu kamu persiapkan yakni bersiap untuk mencari pekerjaan baru. Sudah bukan waktunya lagi bersedih, sebab ada keluarga yang harus kamu cukupi, ada cicilan yang harus kamu lunasi. Untuk itu, bersiaplah mencari pekerjaan baru dengan cara mencari informasi melalui internet, kawan, atau relasi yang kamu miliki.

Memang, mencari pekerjaan baru bukanlah hal yang mudah. Apalagi, untuk kamu yang sudah tidak muda lagi. Namun jangan patah semangat, sebab pada akhirnya usaha kamu tak akan sia-sia. Tentu saja, mencari pekerjaan baru membutuhkan tenaga dan waktu, jadi kamu harus mempersiapkannya dengan baik.

3.     Pekerjaan Sampingan

Untuk menyiasati keuangan yang menipis setelah kehilangan pekerjaan, kamu bisa loh mengatasinya dengan melakukan pekerjaan sampingan. Tentu, pekerjaan sampingan yang kamu pilih harus yang memiliki risiko rendah dan mudah dilakukan, seperti berjualan online dengan sistem dropship atau menjual jasa sesuai kompetensimu.

Kamu bisa juga berjualan makanan yang bisa dipasarkan secara online. Kamu bisa berjualan yang lain juga, apa pun itu asal legal dan bisa membantu kamu bertahan sebelum mendapatkan pekerjaan tetap.

Memiliki pekerjaan sampingan adalah pilihan terbaik sembari menunggu mendapatkan pekerjaan baru yang cocok. Dengan mengerjakan pekerjaan sampingan, kamu pun menambah pengalaman. Untuk itu, tak ada salahnya untuk sementara waktu melakukan pekerjaan sampingan.

4.     Menjalin Relasi

Menjalin relasi bisa jadi menjadi sumber rezeki untuk kamu dan keluarga. Di waktu luangmu, kamu bisa bertemu dengan kawan dan bercerita mengenai keadaan kamu saat ini. Siapa tahu, di antara banyaknya teman yang ada, kamu akan mendapatkan informasi mengenai peluang pekerjaan.

Selain mencari informasi mengenai pekerjaan, bertemu kawan pun bisa menambah keakraban dan menjaga silaturahmi. Dengan bertemu mereka, kamu pun akan mendapatkan pengalaman mereka dalam dunia kerja. Dan lagi, bertemu teman pun bisa menghilangkan stres atas keadaan kamu setelah kehilangan pekerjaan.

5.     Menambah Skill

Kehilangan pekerjaan tentu membuat kamu memiliki banyak waktu luang. jangan sia-siakan waktu luang yang kamu miliki dengan bermalas-malasan. Kamu bisa menambah skill yang kamu miliki dengan mencari di internet. Belajar hal baru tak membuatmu merugi, tentu dengan catatan kegiatan baru kamu tidak membutuhkan dana yang banyak.

Berlarut-larut dalam keadaan kamu saat ini bukanlah keputusan bijak, oleh karena itu kamu harus meningkatkan potensi diri sendiri. Hal ini penting agar kamu tetap bertahan dalam kerasnya kehidupan.

Selain menambah skill baru, kamu juga bisa mengasah skill yang sudah dimiliki. Dengan begitu, ketika kamu kembali ke dunia kerja lagi, kamu akan lebih siap dalam menghadapi tantangan yang ada.

6.     Berkumpul Bersama Keluarga

Berkumpul dengan keluarga mungkin menjadi hal langka saat kamu masih terlalu sibuk bekerja. Kehilangan pekerjaan dapat memberikanmu waktu luang untuk merangkai waktu berkualitas bersama keluarga.

Dengan berkumpul bersama keluarga, kamu akan lebih kuat menghadapi cobaan hidup. Selain itu, kamu bisa melakukan hal menarik yang tak bisa kamu lakukan ketika waktumu habis untuk pekerjaan.

Bersama keluarga kamu pun bisa membicarakan apa yang harus kamu lakukan besok dan mengutarakan keresahan yang kamu alami. Dengan begitu, beban yang kamu pikul akan lebih ringan.

Berlama-lama terpuruk setelah kehilangan pekerjaan bukanlah tindakan yang patut dilakukan. Apalagi, ada keluarga yang bergantung kepada kamu. Untuk itu, tak perlu lama-lama dalam kesedihan. Kamu harus segera berbenah dan mencari solusi untuk masalah yang kamu hadapi.

Dengan kehilangan pekerjaan, kamu dapat menyadari bahwa kamu bisa saja dihentikan oleh perusahaan kapanpun mereka mau dan kamu bisa tergantikan. Hal ini bisa menjadi pelajaran teramat penting untuk kamu, bahwa bekerja sewajarnya dan menjaga keseimbangan hidup.

Sudah waktunya kamu bangkit dan bersemangat untuk mencari pekerjaan baru. Yuk, jangan lama-lama meratapi nasib yang ada. Bertindak dan ubah hidupmu!

Artikel Terkait