Milenial

Inilah Daftar Mal Indonesia Terbesar Saat Ini

Daftar Mal Indonesia

Ajaib.co.id – Mal Indonesia terbesar di bawah ini ternyata tidak hanya ada di Jakarta saja lho, tapi ada juga di kota lain. Ukurannya sangat luas dan memiliki banyak toko di dalamnya. Kamu akan dimanjakan dengan berbagai macam toko menarik berisi produk merek ternama di dunia. Tidak membeli juga tidak masalah, kamu pun bisa hanya melihat-lihat.

Mal-mal ini didirikan oleh perusahaan ternama dan menjadi ikon di kotanya masing-masing. Dikunjungi oleh orang-orang dari segala umur. Sebelum ada pandemi selalu ramai dikunjungi oleh orang-orang, apalagi ketika penghujung minggu tiba, jalanan di depan mal saja bisa macet panjang.

Tidak hanya warga Indonesia, tapi wisatawan asing juga sering terlihat di mal-mal ini. Nama-namanya memang sudah dikenal sampai ke mancanegara. 

Inilah mal Indonesia terbesar untuk saat ini.

Pakuwon Mall, Surabaya

Pakuwon Mal
sumber gambar: Liputan6.com

Pakuwon Mall adalah mal paling besar di Indonesia. Total luasnya ada sekitar 30 hektare, dan didesain oleh arsitektur ternama sehingga memiliki desain yang keren dan megah. Pertama kali dibuka tahun 2017, dan langsung menjadi perhatian di Surabaya.

Pakuwon Mall memiliki banyak toko yang bisa kamu kunjungi. Berdekatan juga dengan apartemen, hotel, dan fasilitas umum lainnya. Sebenarnya sudah buka sejak tahun 2003, tapi perusahaan pengembang mengembangkan mall ini menjadi lebih besar lagi hingga menjadi supermall di tahun 2017.

Pakuwon Mall dibagi menjadi empat gedung dengan nama Pakuwon Mall 1, Pakuwon Mall 2, Pakuwon Mall 3, dan Pakuwon Trade Center. Masing-masing gedung punya ciri khas sesuai dengan toko yang berada di dalamnya. Contohnya saja Pakuwon Trade Center dikhususkan untuk mereka yang mencari barang-barang gadget, dan lifestyle.

Tunjungan Plaza, Surabaya

Tunjungan Plaza
sumber gambar: votecamey.com

Merupakan mal Indonesia terbesar kedua dan salah satu ikon kota Surabaya. Pusat perbelanjaan ini sudah ada di Surabaya sejak tahun 1986 dan hingga kini belum kehilangan pesonanya.

Di dalamnya terdapat 600 toko yang menjual produk apa saja, yang bisa kamu kunjungi. Lalu, fasilitas parkirnya pun sangat luas bisa menampung sekitar 6500 mobil. Ketika weekend tiba, mall ini akan sangat ramai oleh para pengunjung.

Sekarang memiliki enam gedung yang dinamakan Tunjungan Plaza 1, Tunjungan Plaza 2, Tunjungan Plaza 3, Tunjungan Plaza 4, Tunjungan Plaza 5, dan Tunjungan Plaza 6. Mengalami renovasi berkali-kali hingga menjadi sebesar sekarang. Wajar saja masih menjadi ikon Surabaya karena terus mengalami pengembangan.

Summarecon Mall, Jakarta

Summarecon Mal Kelapa Gading
sumber gambar: wikipedia.com

Mal ini berada di Kelapa Gading, Daerah Khusus Ibukota Jakarta dan dibangun oleh PT Summarecon. Sejak pertama kali dibangun terus mengalami pengembangan hingga sekarang luasnya menjadi 20 hektare. Menjadikannya sebagai mall paling besar yang ada di Jakarta.

Di dalamnya terdapat sekitar 600 toko yang dapat kamu kunjungi. Selain itu setiap minggu biasanya ada acara menarik yang dapat kamu lihat. Sayang sekali karena sekarang sedang pandemi Covid-19, acara-acara asyik itu pun untuk sementara waktu ditiadakan.

Grand Indonesia, Jakarta

Grand Indonesia
sumber gambar: easybook.com

Merupakan mall Indonesia kedua di Jakarta. Lokasinya berada di pusat kota Jakarta yang ramai. Berdekatan dengan Stasiun MRT Dukuh Atas dan Stasiun Sudirman sehingga mudah untuk dijangkau. Kamu pun tinggal jalan kaki saja dari kedua stasiun itu menuju Grand Indonesia.

Memiliki dua bagian mal yang dibagi dengan nama West Mall dan East Mall. Karena banyak pintu masuknya, mungkin kamu akan sedikit bingung ketika pertama kali berkunjung. Di mal ini terdapat banyak toko yang dimiliki oleh brand-brand ternama dunia. Bagi kamu yang menyenangi fashion, akan sangat dimanjakan ketika berkunjung ke sini.

Lalu, memiliki foodcourt yang sangat luas juga, dengan berbagai macam restoran yang ada di dalamnya. Ketika weekend tiba biasanya sangat ramai. Di depan restoran-restoran itu pun kamu harus rela mengantri untuk menunggu giliran. 

Mal Taman Anggrek, Jakarta

Taman Anggrek
sumber gambar: detik.com

Mal ini sudah dibangun sejak lama. Walaupun sudah berdiri banyak mal lain di Jakarta, tapi masih menjadi mal yang paling banyak dikunjungi setiap harinya. Mal Taman Anggrek dikenal memiliki lapangan ice skating yang luas. 

Biasanya orang-orang yang berkunjung ke sini, tidak akan pernah melewatkan bermain ice skating karena sangat jarang ada di Indonesia. Anak-anak maupun dewasa pun banyak yang berkunjung ke sini.

Mal ini memiliki sekitar 400 toko mulai dari fashion, gadget, dan masih banyak lagi. Terdapat produk nasional dan internasional yang bisa kamu temukan. 

Central Park, Jakarta

Central Park
sumber gambar: traveloka.com

Merupakan mal di Indonesia yang paling luas selanjutnya. Bersebelahan dengan Mal Taman Anggrek yang lebih dulu dibuka. Central Park tidak hanya memiliki gedung yang luas, tapi juga bagian luar seperti taman yang sering diselenggarakan berbagai macam acara menarik. Konsepnya memang mengedepankan kawasan hijau.

Kamu pasti akan betah berkeliling di bagian luar mall. Selain itu tempatnya sangat Instagrammable, kamu bisa berfoto di jembatan terkenal yang di malam hari memiliki lampu warna-warni yang menarik.

Fasilitas umum yang berdekatan dengan mal ini sangat banyak. Kamu akan menemukan halte TransJakarta, gedung pekantoran yang super tinggi, dan apartemen yang tidak kalah luas. Jika kamu tertarik, kamu bisa sekalian berkunjung ke Mal Taman Anggrek yang ada di sebelahnya, tinggal jalan kaki saja.

Untuk saat ini seluruh mall\ Indonesia di atas masih memberlakukan pembatasan pengunjung untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19. Jika kamu ingin berkunjung ke salah satu mal di atas, kamu wajib mematuhi protokol kesehatan yang berlaku di sana dan jangan lupa untuk jaga jarak ya.

Artikel Terkait