Milenial

Ciri-Ciri dan Skill yang Wajib Dimiliki oleh Anak Milenial

Ajaib.co.id – Generasi milenial atau anak milenial saat ini dianggap sebagai generasi yang identik dengan kemajuan teknologi dan memiliki pola pikir kreatif. Pasalnya, anak milenial mampu menghasilkan ide-ide unik dan kreatif dalam hal kerja maupun bisnis sehingga mereka dianggap mampu membawa negara untuk bersaing ke taraf internasional atau dengan pihak asing.

Bagi kamu yang menjadi bagian dari anak milenial dan tertarik untuk menjadi generasi milenial yang kreatif serta penuh ide jenius, tentunya ada beberapa skill atau kemampuan yang harus dimiliki. Hal ini dilakukan agar kamu siap dengan tantangan yang akan terjadi dalam kehidupan terutama saat bekerja atau membuka usaha.

Bagi kamu yang mungkin masih bingung dengan skill atau kemampuan apa yang harus dimiliki agar bisa bersaing dalam kehidupan? Simak penjelasan mengenai pengertian, ciri-ciri, dan skill apa yang harus dimiliki anak milenial agar bisa bersaing dalam dunia kerja dan bisnis berikut ini.

Apa Itu Anak Milenial?

Pada dasarnya, untuk memahami pengertian dari anak milenial atau generasi milenial adalah mengacu pada tahun kelahiran pada generasi tersebut. Salah satu pengertian anak milenial ini mengacu pada sebuah buku yang ditulis oleh Elwood Carlson berjudul The Lucky Few: Between the Greatest Generation and the Baby Boom di tahun 2008).

Di dalam buku tersebut dijelaskan bahwa generasi atau anak milenial merupakan generasi yang lahir pada rentang tahun 1983 hingga 2001. Namun ada juga beberapa penjelasan yang menyebutkan generasi tersebut lahir pada tahun 1980 hingga 2000. Pada akhirnya, saat ini generasi milenial lebih dikenal dengan generasi yang lahir di tahun 1980 sampai dengan tahun 2000.

Ciri-Ciri Anak Milenial

Untuk mengetahui seseorang dikatakan sebagai bagian dari anak milenial, tentunya ada ciri-ciri dan karakteristik yang dimiliki. Salah satu isi dari sebuah buku berjudul Profil Millenial Indonesia oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak serta Badan Pusat Statistik menjelaskan ada beberapa ciri dan karakteristik yang ada pada anak milenial. Berikut ciri dan karakteristik yang dimaksud:

Erat Hubungannya dengan Teknologi

Tidak bisa dipungkiri jika saat ini teknologi mulai digunakan secara aktif oleh banyak kalangan termasuk generasi milenial. Teknologi ini terutama yang berhubungan dengan penggunaan media sosial, bermain games, hiburan berupa streaming, dan masih banyak lainnya. Selain menikmati hiburan, generasi milenial juga menggunakan teknologi dalam mencari informasi terkini tentang hal apapun.

Tidak heran jika mereka bisa menghabiskan waktu dan energi mereka seharian hanya berkutat di depan layar smartphone atau laptop.

Menghasilkan Inovasi Terbaru yang Bermanfaat

Ciri berikutnya yang mencerminkan generasi milenial adalah berinovasi menghasilkan sesuatu baru yang bermanfaat. Misalnya saja pemanfaatan teknologi untuk menghasilkan suatu aplikasi yang digunakan dalam memudahkan aktivitas sehari-hari. Mulai dari belanja online, jasa antar jemput atau barang via online, dan masih banyak lainnya.

Terciptanya aplikasi yang merupakan inovasi tersebut tentunya memiliki banyak manfaat bagi setiap masyarakat hingga saat ini.

Mengutamakan Jenjang Pendidikan yang Tinggi

Salah satu ciri generasi milenial berikutnya adalah pendidikan tinggi yang menjadi prioritas. Pada dasarnya, pendidikan memang menjadi salah satu cara oleh seseorang untuk membantu meningkatkan kualitas hidup. Di mana, pendidikan akan memberikan peluang bagi seseorang untuk meraih impiannya. Dengan cara menguasai ilmu dan wawasan yang luas serta bermanfaat untuk digunakan.

Oleh karena itu, mereka beranggapan jika memiliki pendidikan yang tinggi bisa membantu memberikan peluang bagi mereka untuk berkarir baik di dunia kerja atau bisnis.

Penuh dengan Ide Kreatif, Informatif, dan Produktif

Ciri yang satu ini bisa dikatakan menjadi satu paket bagi generasi milenial. Hal ini didukung dengan pemanfaatan teknologi secara baik sehingga membantu mereka belajar akan sesuatu yang bermanfaat dalam menghasilkan ide-ide tersebut.

Ide-ide kreatif tersebut didapat dari pembelajaran yang mereka lakukan dengan bahan informatif. Ketika mereka sudah menguasainya, maka hal selanjutnya adalah eksekusi yang meningkatkatkan produktivitas dalam bekerja dan berbisnis.

Pola Pikir Open Minded

Kemudahan para anak milenial dalam mendapatkan informasi berupa wawasan dan pengetahuan menjadikan pola pikir mereka lebih open minded akan suatu hal yang dianggap tabu atau tidak lazim. Dengan adanya pola pikir open minded ini maka para anak milenial biasanya lebih toleransi terhadap hal dan orang lain. Mereka tidak akan mudah tersinggung atau merendahkan perbedaan pendapat.

Berpikir Kritis Terhadap Hal yang Berkaitan dengan Isu Politik, Ekonomi, dan Sosial

Dengan pola pikir yang open minded karena kemudahan dalam mengakses informasi, biasanya generasi milenial akan merasa peka terhadap isu-isu yang sedang diperbincangkan. Ketika adanya kebijakan yang dikeluarkan pemerintah dan menimbulkan efek terhadap politik, sosial, hingga ekonomi, mereka akan berpikir kritis dan menanggapi permasalahan tersebut. 

Skill yang Harus Ada pada Anak Milenial

Untuk bisa bersaing di dunia kerja atau bisnis, pastinya kamu sebagai anak milenial harus memiliki skill atau kemampuan lebih sehingga dapat bersaing dengan anak milenial lainnya. Dengan begitu, kamu bisa meraih apa yang diimpikan dalam hidup hingga mendapatkan kualitas hidup yang jauh lebih baik. Menurut Future of Jobs Report, ada beberapa skill utama yang harus dimiliki oleh para anak milenial di antaranya, sebagai berikut:

  • Complex problem solving atau kemampuan dalam menyelesaikan masalah dengan cara yang tepat. 
  • Critical thinking atau kemampuan untuk berpikir kritis terhadap suatu hal sehingga mampu mendapatkan fakta secara benar.
  • Creativity atau kreatifitas dalam hal bekerja maupun berbisnis.
  • People management atau kemampuan untuk memanajemen orang lain secara baik dan benar.
  • Coordinating with others atau kemampuan dalam berkoordinasi untuk  bisa kerja sama dengan orang lain atau tim secara baik.
  • Emotional Intelligence atau kemampuan untuk mengendalikan emosi yang ada di dalam diri.
  • Judgement and decision making atau kemampuan untuk melakukan penilaian serta membuat keputusan secara tepat.
  • Service orientation atau kemampuan yang diorientasikan untuk melayani atau membantu orang lain.
  • Negotiation atau kemampuan untuk bernegosiasi dengan orang lain secara baik.
  • Cognitive flexibility atau kemampuan untuk belajar mengeksplorasi hal-hal atau pengalaman baru yang sudah ada dan memberikan banyak manfaat.

Setiap anak milenial tentunya harus menjadi generasi yang lebih baik lagi dalam hal apapun dibanding generasi sebelumnya. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kemajuan negara. Selain itu, anak milenial juga harus bisa mengatur keuangan dengan baik dan benar. Salah satu caranya adalah berinvestasi di beberapa instrumen investasi, salah satunya saham.

Apalagi kini kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi Ajaib untuk berinvestasi saham dengan mudah melalui smartphone. Cukup dengan download secara online melalui smartphone, kamu bisa mulai berinvestasi saham dan menghasilkan keuntungan sekarang.

Artikel Terkait