Teknologi

Pengertian Tanda Tangan Online dan Cara Membuatnya

Tanda Tangan Online
Tanda Tangan Online

Ajaib.co.id – Tanda tangan online atau sering juga disebut tanda tangan digital menjadi hal yang tidak asing lagi saat ini. Pesatnya perkembangan teknologi menjadikan komunikasi jarak jauh semakin mudah untuk dilakukan. Termasuk untuk validasi berkas dan pembubuhan tandatangan yang menyatakan persetujuan.

Pentingnya Tanda Tangan

Tanda tangan merupakan sesuatu yang penting dalam dokumen resmi. Misalnya perjanjian jual beli, akad kredit, pembukaan rekening di bank, dan masih banyak lagi. Biasanya proses pembubuhan tanda tangan dilakukan secara langsung menggunakan pena di atas kertas. Pihak yang berkepentingan akan bertemu langsung untuk proses tanda tangan ini.

Bagaimana jika pihak yang berkepentingan tidak dapat bertemu langsung? Sangat sering terjadi orang melakukan kerja sama dengan pihak di luar kota bahkan luar negeri, bukan? Dahulu, proses tanda tangan ini akan memakan waktu yang lama karena berkas asli yang harus ditandatangani dikirim melalui jasa pengiriman seperti pos. Setelah diterima dan ditandatangani, berkas asli tersebut akan dikirim kembali. Repot, ya?

Kemudian orang-orang mulai menggunakan surat elektronik atau email untuk mengirimkan draft berkas yang harus ditandatangani. Jika setuju, penerima email akan mencetak berkas tersebut di kertas dan membubuhkan tanda tangan seperti biasa. Kemudian berkas yang sudah ditandatangani akan dipindai atau scan, lalu dikirimkan kembali melalui email. Jika sebelumnya membutuhkan waktu beberapa hari untuk proses tanda tangan berkas, cara ini bisa dilakukan dalam beberapa menit atau jam saja.

Teknologi semakin berkembang. Proses tanda tangan dengan cara mencetak berkas dan memindainya kembali berkas tersebut masih dianggap kurang praktis. Bagaimana jika tidak punya printer? Bagaimana jika tidak punya scanner?

 Tanda tangan online atau tanda tangan digital menjadi jawaban untuk kebutuhan legalitas dokumen secara lebih cepat dan praktis. Sebenarnya apa sih pengertian dan manfaat tanda tangan online? Bagaimana cara membuat tanda tangan online?

Pengertian dan Manfaat

Menurut Wikipedia, pengertian tanda tangan online atau tanda tangan digital adalah skema matematis yang digunakan sebagai bukti keaslian pesan atau dokumen digital. Jadi, tanda tangan yang berupa goresan tangan atau simbol dalam format digital ini menjadi jaminan bahwa data dan informasi yang tercantum adalah benar, serta berasal dari sumber yang benar juga.

Tanda tangan digital ini diakui sah secara hukum dan telah tercantum dalam UU Nomor 11 Tahun 2008 terkait ITE. Selain itu, tanda tangan online atau tanda tangan digital juga dimuat dalam Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2019 terkait penyelenggaraan sistem dan transaksi elektronik.

Banyak manfaat tanda tangan online yang bisa didapatkan, antara lain:

1.     Praktis. Kamu tidak perlu repot mencetak dan memindai dokumen yang harus dibubuhkan tanda tangan.

2.     Hemat waktu. Proses tanda tangan menjadi lebih cepat karena hanya membutuhkan beberapa langkah saja.

3.     Hemat biaya. Dengan tanda tangan digital, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk membeli kertas dan tinta. Kalau kamu tidak punya printer pun tidak masalah.

4.     Ramah lingkungan. Tanda tangan digital tidak memerlukan kertas, jadi kamu bisa turut mengurangi penebangan pohon untuk bahan baku kertas. Kamu juga mengurangi penggunaan listrik dari printer dan scanner.

5.     Lebih aman. Tanda tangan digital memiliki algoritma enkripsi yang canggih sehingga lebih sulit dipalsukan dibandingkan tanda tangan biasa. Lagipula, menyimpan dokumen dalam bentuk digital akan lebih aman karena mengurangi risiko rusak seperti basah, terbakar, maupun terselip.

Cara Membuat Tanda Tangan Online atau Tanda Tangan Digital

Tidak sulit untuk membuat tanda tangan online atau tanda tangan digital. Ada beberapa cara yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhanmu. Berikut ini beberapa cara membuat tanda tangan online.

1.     Cara Membuat Tanda Tangan Online via Website

Cara membuat tanda tangan online bisa dilakukan dengan berbagai cara yang mudah, salah satunya dengan menggunakan website pembuat tanda tangan online. Jika kamu cari di Google, kamu akan menemukan beberapa situs yang menyediakan layanan pembuatan tanda tangan secara virtual.

Pada dasarnya, langkah-langkah yang perlu kamu lakukan untuk membuat  tanda tangan digital melalui website manapun tidak jauh berbeda. Sebagai contoh, kamu bisa mengunjungi website onlinesignature.com.

Berikut ini langkah-langkah membuat tanda tangan online di situs onlinesignature.com.

·        Pilih menu “Draw Signature”.

·        Bubuhkan tanda tangan di kotak yang tersedia dengan menggunakan mouse atau touchpad di laptop.

·        Unduh tanda tangan. Tanda tanganmu akan tersimpan dalam format PNG. Kamu bisa menggunakannya pada email maupun ditambahkan manual pada dokumen.

·        Jika ingin membubuhkan tanda tangan virtual secara otomatis, kamu bisa pilih menu “Upload Document”.

·        Tambahkan tanda tangan online pada tempat yang kamu inginkan di dokumen tersebut.

·        Unduh dokumen yang telah ditandatangani. Kamu bisa mengirimkan dokumen tersebut ke pihak yang berkepentingan.

2.     Cara Membuat Tanda Tangan Online via Aplikasi Android

Jika kamu termasuk pekerja digital atau orang yang sering membutuhkan tanda tangan online, sebaiknya kamu install aplikasi pembuat tanda tangan di smartphone. Hal ini sangat bermanfaat agar kamu bisa lebih mudah untuk membubuhkan tanda tangan pada dokumen yang diperlukan.

Seperti situs penyedia layanan pembuatan tanda tangan, ada banyak juga aplikasi dengan fungsi yang sama. Salah satu aplikasi yang cukup populer untuk membuat tanda tangan online adalah aplikasi Adobe Fill & Sign.

Berikut ini cara membuat tanda tangan online dengan aplikasi Adobe Fill & Sign.

·        Buka aplikasi Adobe Fill & Sign di smartphone.

·        Tap gambar pena dan pilih menu “create signature”.

·        Bubuhkan tanda tangan pada tempat yang tersedia dengan menggunakan jarimu. Tanda tangan ini akan tersimpan dan dapat kamu gunakan saat diperlukan.

·        Pilih menu “select a form to fill out” untuk memilih dokumen yang akan ditandatangani.

·        Klik gambar pena dan tap pada tanda tangan yang telah dibuat. Secara otomatis tanda tangan digital tersebut sudah ada di dokumen yang kamu unggah.

·        Kamu dapat mengatur letak dan ukuran tanda tangan tersebut.

·        Unduh dokumen yang telah ditandatangani.

Tanda tangan online atau tanda tangan digital yang telah dibuat dengan cara di atas dapat kamu gunakan saat dibutuhkan. Kadang-kadang, tanda tangan dapat langsung dibubuhkan pada aplikasi tertentu yang terhubung secara online.

Misalnya saat kamu membuka rekening saham di aplikasi Ajaib, kamu bisa langsung membubuhkan tanda tangan pada aplikasi tersebut. Setelah diverifikasi, kamu bisa langsung melakukan transaksi saham melalui aplikasi Ajaib. Iya, semudah itu!

Artikel Terkait