Bisnis & Kerja Sampingan, Dunia Kerja

Begini Manajemen Waktu Penulis Freelance yang Produktif

Ajaib.co.id – Manajemen waktu merupakan masalah umum bagi sebagian orang. Apalagi jika Anda seorang penulis freelance. Tentu Anda sudah akrab bekerja dengan tempo waktu. Jadi, mau tak mau Anda harus paham bagaimana cara mengelola waktu agar tidak keteteran setiap kali setor tulisan.

Namun, kemampuan mengatur waktu tidak mudah bagi penulis freelance. Perlu kedisiplinan dan tekad yang kuat. Apalagi kalau Anda suka bermalas-malasan dan sering menunda pekerjaan. Tentu tulisan tidak selesai sesuai target. 

Padahal, salah satu tanda penulis produktif adalah penulis yang mampu mengelola waktu dengan baik. Dengan mengatur waktu, tulisan yang Anda hasilkan berkualitas dan tidak melebihi deadline.

Bagaimanapun juga, pekerjaan Anda sebagai penulis freelance tak jauh berbeda dengan pekerjaan lainnya. Yakni memerlukan ketepatan waktu, serta memiliki beberapa aturan tersendiri untuk Anda patuhi. 

Jadi, apakah Anda mau tahu bagaimana cara mengatur waktu agar menjadi penulis freelance yang produktif dan selesai sesuai target? Berikut langkah mudah yang perlu Anda tempuh.

4 Cara Mengelola Waktu Agar Tulisan Selesai Sesuai Target

Kemampuan manajemen waktu sangat mempengaruhi tingkat produktivitas kerja seseorang. Sama halnya bagi penulis freelance. Anda harus memanfaatkan waktu sebaik-baiknya agar hasil tulisan yang didapatkan sesuai harapan dan target. Berikut ini caranya: 

Tentukan Deadline

Deadline merupakan hal utama yang harus dipatuhi oleh penulis. Baik itu penulis novel, buku, artikel blog, maupun penulis lainnya.

Pasalnya, tanpa adanya deadline, tentu saja akan membuat kualitas pengerjaan tulisan Anda terganggu. Karena tak bisa dipungkiri kebanyakan penulis tentu akan lebih lancar menulis dalam kondisi mood yang bagus.

Jadi, saat mood kurang baik, intensitas menulis Anda akan menurun. Dan ini akan berimbas pada menurunnya produktivitas dan kualitas tulisan Anda. 

Oleh karena itu, sudah sepatutnya penulis freelance memiliki target tulisan agar bisa menulis dengan waktu yang teratur. Saat deadline sudah ditentukan, artinya Anda siap menanggung konsekuensinya. 

Jadi, mau tak mau Anda harus memaksa diri untuk menulis. Meskipun sedang dalam keadaan malas, lelah, kurang ide, atau bahkan saat kehilangan semangat sekalipun. 

Ciptakan Waktu Khusus untuk Menulis

Setiap penulis memiliki waktu produktif menulis yang berbeda. Misalnya, ada penulis yang suka menulis saat dini hari, selepas subuh, saat siang hari, atau bahkan saat menjelang tidur. 

Karena hanya diri Anda sendiri yang tahu kapan suasana hati Anda baik. Selain itu, hanya diri Anda yang bisa memilih kapan waktu yang cocok untuk menggali ide secara bebas dan luas. 

Nah, waktu khusus ini sering disebut sebagai writing time. Oleh karena itu, setiap penulis freelance harus bisa menemukan waktu khususnya sendiri. Selain untuk mempermudah manajemen waktu, waktu yang  Anda gunakan juga lebih efisien dan teratur.

Selain itu, waktu khusus perlu dimilikisetiap penulis untuk menunjang produktivitas menulisnya. Karena di waktu-waktu inilah Anda bisa menciptakan tulisan yang kreatif dan unik. 

Hindari Media Sosial saat Menulis

Setiap penulis pasti perlu konsentrasi penuh saat menulis. Atau waktu tersendiri untuk menenangkan pikiran. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan ide kreatif dan mengalir.

Lain halnya, saat konsentrasi Anda terganggu. Tak jarang pikiran Anda menjadi semakin ruwet, ide pun jadi susah ditemukan. Jadi, fokuslah pada kegiatan menulis Anda. 

Nah, salah satu cara agar bisa berkonsentrasi penuh saat menulis adalah menghindari media sosial. Seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. Karena tanpa sadar, Anda akan membuang banyak waktu dengan percuma. 

Apalagi bagi penulis freelance yang selalu terhubung dengan internet. Media sosial merupakan godaan terberat. Kontrol diri Anda sangat diperlukan untuk mengatasi hal ini.

Konsisten Menulis

Tak jarang penulis baru bergerak saat mendekati waktu jatuh tempo atau deadline. Padahal, menulis pada situasi ini sangat tidak direkomendasikan. Apalagi bagi penulis freelance. Mengapa?

Karena hasil tulisan biasanya tidak maksimal. Selain itu, saat mendekati waktu genting tersebut Anda tidak bisa berpikir secara tenang dan detail. Alhasil, hasil tulisan Anda bisa amburadul dan tidak terstruktur. 

Parahnya lagi, besar kemungkinan tulisan Anda tidak akan diedit secara maksimal oleh editor. Karena tulisan disetorkan di akhir waktu. Jadi, publik akan menikmati hasil tulisan Anda yang apa adanya. 

Nah, untuk mengatasinya, konsistenlah untuk menulis. Meskipun menulis sedikit demi sedikit, namun tulisan Anda layak dikonsumsi publik. Daripada menunggu deadline yang membuat Anda stres, serta membuat editor kewalahan. 

Manfaat Mengelola Waktu bagi Penulis Freelance 

Perlu Anda ketahui sebelumnya, menulis adalah salah satu pekerjaan penuh tantangan. Di mana letak tantangan terbesarnya adalah menyelesaikan tulisan. 

Seperti yang Anda tahu, setiap penulis memiliki waktu yang sama. Yakni 24 jam setiap harinya. Nah, yang membedakan adalah kemampuan masing-masing penulis dalam mengelola sendiri waktunya. 

Jadi, sudah tidak ada alasan klasik kekurangan waktu. Yang ada adalah, bagaimana Anda bisa memanfaatkan waktu untuk menulis dengan sebaik-baiknya. Karena dengan mengelola waktu, berarti Anda menghargai setiap detik waktu Anda. 

Ternyata, manajemen waktu sangat bermanfaat bagi penulis freelance seperti Anda. Dikarenakan bisa membuat jadwal kegiatan menulis lebih terorganisasi. Selain itu, juga mempermudah menentukan prioritas. 

Tak dipungkiri semua orang sibuk dengan pekerjaan dan urusan lain di luar pekerjaan. Jadi, Anda dituntut untuk mengerjakan sesuatu sesuai prioritasnya. Misalnya, Anda mendahulukan deadline menulis artikel.

Manfaat selanjutnya adalah menumbuhkan keterampilan mengendalikan stress. Selain bermanfaat bagi hasil kerja Anda, ternyata juga berdampak positif pada kesehatan mental.

Saat waktu kerja terstruktur, jadwal pekerjaan Anda juga akan teratur. Jadi, Anda bisa menyelesaikan pekerjaan sebelum tempo waktu. Sehingga Anda memiliki banyak waktu untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran.

Demikian ulasan tentang manajemen waktuyang baik untuk penulis freelance. Untuk menjadi penulis yang produktif, terapkanlah cara-cara diatas. Karena mengatur waktu dengan baik dapat berdampak positif pada pekerjaan dan kesehatan mental Anda.

Artikel Terkait