Dunia Kerja

Tips Agar Tubuh Tetap Fit Walau Sering Lembur

Sumber: karirpad.com

Ajaib.co.id – Lembur adalah hal yang sulit dihindari, walaupun kamu sudah mengatur waktu dengan baik agar tidak bekerja hingga larut malam. Terkadang hal itu menjadi tuntutan pekerjaan yang harus kamu terima. Beberapa pekerjaan memang mengharuskanmu untuk bekerja hingga larut malam. Ambil saja contoh mereka yang bekerja di rumah sakit. Merawat orang yang sakit itu membutuhkan waktu yang panjang. 

Ada lagi yang bekerja di media biasanya sudah tidak tahu lagi kapan pagi, kapan malam. Hal itu karena mereka sering bertugas di malam hari. Misalnya saja reporter yang diharuskan memberikan berita yang paling terbaru, padahal saat itu sudah pukul jam tiga pagi. 

Jika kamu sering lembur, kamu butuh taktik agar tetap bugar. Kalau kamu tidak pintar menjaga kesehatan, kamu akan jatuh sakit dan sulit melakukan berbagai kewajibanmu. Inilah hal yang perlu dilakukan oleh kamu yang sering lembur. 

Jangan telat makan

Saat lembur biasanya kamu telat makan karena ingin segera menyelesaikan pekerjaan. Hal ini sebenarnya tidak bagus untuk tubuhmu karena tubuhmu membutuhkan asupan. Lembur itu menguras tenaga lho. Jadi, daripada nanti tenagamu terkuras duluan, kamu harus mengisinya dengan energi yang cukup dari makan.

Kamu selalu punya kesempatan untuk makan, jangan sampai melewatkan hal ini. Kamu bisa menyiapkan makanan-makanan kecil di meja untuk sekadar mengisi perut yang lapar. Sekarang memesan makanan pun cukup mudah, kamu tinggal memanfaatkan ojek online. Makanan akan langsung diantarkan padamu.

Kerjakan pekerjaan dengan ritme standar

Bekerja hingga malam alasannya biasanya karena sedang mengejar target. Kerjakan tugasmu dengan ritme standar, jangan terburu-buru karena hal itu juga bisa membuatmu stres. Agar tetap tenang kerjakan dengan kecepatan standar. Kamu pasti akan lebih fokus juga mengatur kecepatan kerja seperti ini.

Setelah pekerjaan selesai, periksa hasil pekerjaan perlahan. Sehabis ini kamu bisa beristirahat sepuasnya. Tetap fokus pada hasil, dibandingkan kecepatan.

Manfaatkan waktu istirahat sebaik mungkin

Umumnya kantor memiliki waktu istirahat satu jam setiap harinya. Kamu perlu memanfaatkan waktu istirahat ini dengan baik. Tinggalkanlah pekerjaan sejenak karena kamu membutuhkan waktu-waktu tenang seperti ini. Jangan dibiasakan menggunakan waktu istirahat dengan terus bekerja. Nanti kamu tidak akan kuat mengerjakan pekerjaan hingga malam.

Jadi, persiapannya harus dilakukan sejak pagi. Beristirahat sejenak dari pekerjaan juga mampu meredakan stres yang biasanya disebabkan oleh terlalu banyak bekerja. Waktu istirahat paling bagus dimanfaatkan untuk makan.

Minum air putih yang banyak

Minum air putih bagus untuk tubuhmu. Biasanya kantor menyediakan air putih secara gratis, jadi kamu tidak perlu pusing soal ini. Sediakan botol air putih di meja agar kamu tidak sering bolak-balik mengisinya. 

Risikonya mungkin kamu jadi sering ke toilet, tapi ini sebenarnya adalah hal yang alamiah terjadi. Air putih bisa menjaga metabolisme tubuhmu dengan baik. Air putih minuman yang paling aman dikonsumsi setiap hari dan menjadi sumber pelepas dahaga untuk berbagai macam kegiatan. Diminum banyak pun tanpa kondisi tertentu tetap aman untukmu.

Hindari kopi dan rokok

Katanya kopi dan rokok adalah perpaduan paling nikmat untuk menemani bekerja hingga pagi. Namun, tentu saja kedua hal itu tidak baik, apalagi jika dikonsumsi terus-menerus. Kopi punya efek yang buruk untuk lambung. Sedangkan rokok sejak dulu efeknya untuk alat vital paru-paru juga buruk.

Kamu yang sering lembur sebaiknya menghindari kopi dan rokok. Jika ingin mengonsumsi sesuatu untuk dimakan dan minum, sediakan saja air putih atau camilan yang punya kandungan lemak rendah. Kopi dan rokok mungkin dapat membuatmu melek, tapi tidak baik untuk kesehatan tubuhmu. 

Berolahraga

Kamu yang kerjanya sering sampai malam atau bahkan pagi sebaiknya berolahraga setiap hari sebelum memulai pekerjaan. Olahraga membuat stamina tubuhmu lebih baik sehingga kamu tidak akan mudah jatuh sakit. Lakukanlah olahraga kecil-kecilan seperti berlari di sekitar komplek rumah. Atau dilakukan di dalam rumah tidak masalah, seperti melakukan lompat tali.

Olahraga juga bagus untuk metabolisme tubuh, ditambah dengan makan dan minum yang menyehatkan setiap harinya. Olahraga menjadi senjata yang bagus untuk mereka yang sering bekerja hingga malam atau pagi.

Di hari libur gunakan waktu untuk bersenang-senang

Sering bekerja malam biasanya dapat membuatmu banyak pikiran dan stres. Ketika ada hari libur, manfaatkanlah untuk bersenang-senang. Jika diperbolehkan mengambil cuti, ambil cuti saja. Pergi ke tempat yang ingin kamu kunjungi.

Mungkin pergi ke tempat yang jauh masih sulit dengan keadaan sekarang. Kamu bisa melakukan hal apa saja yang kamu senangi di rumah. Misalnya membaca buku, menonton film seharian, mendengarkan musik yang disukai, dan kegiatan yang kamu senangi lainnya. Tidak perlu memikirkan pekerjaan dulu. Beri waktu untuk dirimu beristirahat.

Tidur yang cukup

Sehabis bekerja hingga malam atau pagi buta, jangan lupa tidur. Manfaatkan waktu yang ada untuk tidur. Tidur sama pentingnya dengan bekerja. Untuk orang dewasa, dianjurkan tidur minimal 7 jam per hari. Ketika bekerja hingga malam karena tuntutan pekerjaan hal ini mungkin sulit untuk dipenuhi. Oleh karena itu ketika ada waktu santai nanti, pastikan kamu tidur sesuai dengan waktu yang dianjurkan.

Walaupun diharuskan bekerja hingga malam, kamu sebaiknya harus menjaga kesehatan dengan baik. Sangat disarankan berolahraga dan makan teratur. Ketika kelelahan jangan lupa istirahat. Ketika ada waktu luang untuk istirahat, manfaatkan dengan baik waktu itu. Usahakan jangan terlalu sering bekerja hingga malam karena sebenarnya hal itu tidak baik untuk kesehatan. 

Artikel Terkait