Banking

7 Tips Ampuh Utang Lancar dan Cepat Lunas

Ajaib.co.id – Hampir sebagian besar orang di dunia pernah berutang baik melalui bank, pinjaman ke saudara maupun melalui lembaga-lembaga pinjaman. Namun, sayangnya tidak semua orang memiliki nilai kredibel dalam menjalankan pembayarannya. 

Namun demikian, kamu tentunya tidak perlu khawatir, ada banyak cara untuk memudahkan kamu memiliki rasio utang lancar. Namun, sebelum jauh membahas cara yang bisa dilakukan, ada baiknya jika kamu memahami apa itu utang.

utang merupakan bentuk pinjaman yang dilakukan baik dalam hal uang maupun komoditi sebagai upaya untuk memudahkan dalam melanjutkan kehidupan. Walau demikian, utang tanpa dibarengi dengan investasi bisnis tentunya hanya akan membawa kamu pada jurang kehancuran finansial.

Saat ini, tidak sedikit orang yang menganggap utang adalah hal yang biasa, lumrah dan tidak terlalu mengingat untuk dilunasi. Namun ini tentunya hanya berlaku untuk pinjaman ke kerabat dekat. Jika pinjaman dilakukan ke bank, konsekuensinya adalah nama kamu akan tercatat dalam buku hitam Bank Indonesia.

Di satu sisi, keterlambatan utang kepada kerabat juga tentunya akan menyulitkan kamu untuk mendapatkan reputasi baik. Sehingga, sudah pasti ketika kamu ingin berutang kembali, maka bisa saja orang tersebut menolak dengan beragam bentuk alasan.

Adapun 7 tips ampuh utang lancar dan cepat lunas yang bisa kamu lakukan, sehingga nama kamu tidak perlu tercatat dalam buku hitam Bank Indonesia, antara lain :

Kurangi Gaya Hidup

Hal pertama yang perlu kamu lakukan agar memiliki rasio utang lancar adalah dengan mengurangi gaya hidup yang tidak semestinya. Hidup sesuai dengan kondisi finansial dan tidak memaksakan untuk terlihat kaya adalah hal yang cukup penting agar kamu bisa melunasi utangmu.

Catat Pola Pengeluaran

Hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk menjaga rasio utang lancar adalah dengan mencatat pengeluaran kamu secara harian, mingguan dan bulanan. Dengan begitu, kamu tentunya akan lebih mudah dalam menjaga cash flow atau arus uang kas kamu.

Dengan melakukan cara tersebut, otomatis kamu menempatkan dana kamu secara teratur dan mengurangi keterlambatan dan juga kesulitan pembayaran utang.

Menjual Barang Berharga yang Tidak Bermanfaat

Selanjutnya cara yang bisa kamu lakukan untuk mempertahankan rasio utang lancar adalah dengan memaksimalkan pendapatan kamu. Misalkan saja, kamu bisa menjual barang-barang berharga kamu yang kamu anggap tidak bermanfaat untuk kamu.

Dengan menjual barang berharga yang tidak bermanfaat, kamu tentunya selain bisa menambah pemasukan, ini juga bisa memaksimalkan ruangan kamu yang penuh dengan barang tidak terpakai. Dengan begitu otomatis kamu bisa menjaga rasio utang lancar kamu.

Mencari Penghasilan Tambahan

Selanjutnya, agar kamu bisa mempertahankan rasio utang lancar adalah dengan mencari penghasilan tambahan. Selain menjual barang yang tidak terpakai, kamu juga bisa mulai usaha kecil-kecilan dan juga melakukan upaya untuk mendapatkan uang tambahan.

Misalkan saja kamu bisa memanfaatkan kelebihan kamu untuk menjadi pengajar les anak sekolah, les tari, les mengaji ataupun beragam kegiatan yang bersifat tidak mengikat namaun memungkinkan kamu mendapatkan uang tambahan dari situ.

Jangan Tergoda dengan Tawaran Utang Baru

Hal selanjutnya yang tidak kalah penting dalam menjaga rasio utang lancar adalah dengan tidak tergoda dengan tawaran utang baru. Umumnya sales dan marketing menawarkan pinjaman dengan iming-iming bunga rendah, promo dan sebagainya yang sudah pasti akan menyulitkan kamu, jika kamu memiliki kondisi finansial pas-pasan, apalagi dengan masih berlangsungnya utang yang perlu kamu lunasi.

Sebagai informasi, saat ini tidak sedikit orang yang memiliki utang dengan beragam bentuk untuk menunjang kehidupan hedonisme. Hal ini tentunya, akan sangat merugikan jika kamu tidak memiliki arah dan tujuan pada uang pinjaman tersebut. Sehingga berujung pada rasio utang yang tidak lancar.

Buat Rencana Keuangan

Hal selanjutnya yang tidak kalah penting dalam menjaga rasio utang lancar adalah membuat perencanaan keuangan. Konsep perencanaan keuangan cukup penting karena dengan perencanaan yang matang biasanya kamu akan lebih mudah untuk melunasi utang-utang kamu.

Rencana keuangan termasuk mengalokasikan pendapatan kamu, dan juga pengalokasian utang dengan bijaksana. Dengan berjalan pada perencanaan keuangan tersebut dengan disiplin, kamu akan lebih mudah dalam menjaga rasio utang lancar kamu.

Take Over Kredit/Utang

Jika kamu tetap mengalami kesulitan dalam melakukan pembayaran, maka solusi yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan take over atau yang dikenal dengan over kredit. Over kredit merupakan tindakan pengalihan utang dan barang kepada orang lain dengan kesepakatan kedua belah pihak.

Metode ini cukup sering dilakukan, umumnya oleh orang-orang yang sudah tidak memiliki kapabilitas untuk melunasi pinjamanannya. Misalkan saja mengalami PHK, atau sedang tertimpa musibah, sehingga tidak ada jalan keluar yang bisa dilakukan untuk membantu penyelesaian pinjaman. Solusinya adalah dengan over kredit untuk menyelamatkan rasio utang lancar dan mencegah kamu masuk ke catatan hitam BI.

Artikel Terkait