Banking

7 Uang Elektronik yang Memudahkan Hidupmu

Ajaib.co.id – Beberapa tahun ini, banyak gerai yang menawarkan pembayaran nontunai. Hal itu dipengaruhi oleh dukungan pemerintah serta perbankan melalui uang elektronik.

Uang elektronik merupakan uang yang ada dalam sistem elektronik perbankan dan dapat digunakan sebagai transaksi jual dan beli. Uang elektronik biasanya berbentuk kartu atau aplikasi.

Transaksi Nontunai

Bank Indonesia (BI) menginisiasi Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) pada 2014 untuk mewujudkan masyarakat tanpa uang tunai (cashless society) di Indonesia.

Tujuannya meningkatkan kesadaran masyarakat, pelaku usaha, hingga lembaga pemerintah untuk menggunakan pembayaran nontunai dalam bertransaksi yang mudah, aman, dan efisien, BI.go.id (14/08/2014).

Sejak saat itu, beberapa bank mengeluarkan kartu prabayar yang dapat digunakan untuk semua transaksi. Mulai dari membeli makanan, belanja di minimarket, membayar uang tol, hingga membayar transportasi publik (busway, KRL, dan MRT).

Tak berhenti di sini, BI juga meluncurkan QR Code Indonesian Standard (QRIS) pada 2019. Langkah yang mendukung transaksi nontunai ini langsung direspon oleh perbankan dengan menyisipkan QRIS pada internet atau mobile banking.

Di sisi lain, terdapat penyelenggara uang elektronik dari perusahaan nonbank. Berdasarkan data BI, penyelenggara uang elektronik yang memiliki izin regulator, dari yang berbasis server maupun kartu, sebanyak 38 perusahaan, Liputan6.com (12/10/2019).

Manfaat Transaksi Nontunai

Transaksi nontunai bukan sekadar peralihan dari tunai ke nontunai. Namun hal tersebut bisa mengubah gaya hidup kita dengan cara bertransaksi serba praktis. Karena kamu tak perlu membawa banyak uang. Adapun manfaat lain dari transaksi nontunai adalah:

●     Mudah

Selain praktis, transaksi nontunai sangat mudah dan cepat. Misal ketika di depan kasir, kamu cukup menempelkan kartu dan pembayaran akan diproses secara real time. Jika pembayaran tunai, kamu harus mengeluarkan uang dan menunggu kembalian.

●     Aman

Membawa uang secukupnya di dompet akan memberikan rasa aman atau tak perlu waswas. Meski demikian kamu harus menjaga kartu sebaik-baiknya.

●     Alasan Kesehatan

Uang fisik akan berpindah dari satu tangan ke tangan lain. Kamu tak tahu riwayat kesehatan orang sebelumnya yang memegang uang tersebut.

Saat pandemi covid-19, transaksi nontunai dapat mengurangi penularan virus. Oleh karena itu, sebaiknya kamu menggunakan uang elektronik sebagai media transaksi.

●     Mendapatkan Promo

Tak dipungkiri, uang elektronik sering memberikan promo kepada penggunanya. Seperti promo belanja, potongan harga naik transportasi publik, dan lainnya.

7 Uang Elektronik yang Memudahkan Hidupmu

Dari manfaat di atas, jelas bahwa uang elektronik memudahkan hidup kita. Jadi tak ada salahnya untuk menggunakan uang ini untuk mendukung kegiatan sehari-hari.

Saat ini, banyak jenis uang elektronik yang bisa dipilih. Seperti tujuh uang elektronik di bawah ini.

●     Flazz

Flazz merupakan kartu prabayar dari Bank BCA yang sangat populer di Indonesia. Sebagai tempat menyimpan uang elektronik, Flazz dapat digunakan untuk transaksi di minimarket, membeli makanan dan minuman, sebagai alat pembayaran saat menggunakan transportasi publik, dan masih banyak lagi.

Flazz mempunyai chip dari Radio Frequency Identification (RFID). Teknologi tersebut dapat memproses transaksi melalui sentuhan hanya dengan hitungan detik.

Untuk mengisi saldo Flazz, pengguna dapat mengisinya di ATM BCA, ponsel pintar dengan teknologi NFC, dan di merchant khusus. Flazz bisa digunakan oleh semua orang, baik nasabah maupun nonnasabah BCA.

●     Mandiri e-Money

Mandiri e-Money adalah kartu prabayar dari Bank Mandiri. Kartu ini dapat berfungsi sebagai uang elektronik Yang dapat dimiliki siapa saja. Penggunaannya sama seperti Flazz.

Sedangkan pengisian saldo bisa dilakukan di ATM, minimarket halte TransJakarta, serta gerbang tol.

Bank Mandiri dan Bank BCA kerap meluncurkan kartu prabayar edisi khusus. Misal edisi khusus DC Comics, Marvel, Disney, Imlek, dan lainnya. Jadi selain bisa digunakan seperti pada umumnya, kartu tersebut banyak diburu oleh kolektor.

●     Brizzi

Bank BRI memiliki kartu prabayar bernama Brizzi. Kartu ini dapat digunakan untuk pembayaran tol dan parkir, transportasi umum, membeli bensin di SPBU Pertamina, belanja di minimarket, serta pembayaran di wahana hiburan.

Cara isi saldo Brizzi sama seperti kartu lain. Yang menjadi nilai plus adalah kamu bisa mengisi saldo melalui Tokopedia. Terkadang ada promo isi saldo Brizzi akan mendapatkan cashback poin Ovo.

●     JakCard

JakCard adalah kartu prabayar dari Bank DKI. Kartu ini sebagai pembayaran di pintu tol, akses parkir dan masuk gedung, transportasi publik, museum, serta wahana rekreasi di Jakarta. Sedangkan untuk pengisian saldo sama seperti kartu prabayar lain.

●     Gopay

Selain perbankan, ada sejumlah penyelenggara uang elektronik bukan bank. PT Dompet Anak Bangsa, misalnya. Perusahaan tersebut yang menerbitkan Gopay di dalam aplikasi Gojek. Awalnya Gopay hanya mendukung pembayaran layanan di aplikasi.

Namun seiring berjalannya waktu, Gopay dapat digunakan untuk mempermudah hidupmu. Sebut saja membayar transaksi di gerai makanan dan minuman, minimarket, membeli pulsa, membayar tagihan listrik, BPJS Kesehatan, TV kabel, pajak, hingga investasi.

●     Ovo

Selain Gopay, Ovo juga cukup populer. Uang elektronik dari PT Visionet Internasional ini bisa dipakai sebagai media bayar di aplikasi Grab, berbagai gerai usaha, membayar transaksi di Tokopedia, dan sering kali Ovo memiliki promo atau diskon menarik.

Pengisian saldo Gopay maupun Ovo bisa melalui mobile atau internet banking. Sebagai media pembayaran, kamu cukup memindai kode QR atau menyebutkan nomor telepon di kasir. Proses akan berlangsung cepat dan real time.

●     ShopeePay

PT Airpay International Indonesia adalah penerbit dompet elektronik bernama ShopeePay. Dompet ini dapat digunakan untuk membayar semua transaksi di Shopee dan gerai makanan serta minuman.

Bahkan Shopee memiliki program jika pemilik akun melakukan pembayaran dengan ShopeePay akan diberikan diskon ongkos kirim.

Menggunakan uang elektronik mempermudah hidupmu. Namun satu hal yang harus kamu waspadai adalah keamanan bertransaksi. Khusus uang elektronik di aplikasi, buatlah PIN atau password dan jangan memberikannya ke orang lain.

Artikel Terkait