Milenial

Mengenal Macam-Macam Sedekah Menurut Ajaran Islam

Sumber: shutterstock.com

Ajaib.co.id – Saling berbagi dan tolong-menolong ke sesama yang sedang membutuhkan merupakan bagian dari kehidupan setiap manusia. Apalagi jika kamu diberikan kecukupan dari segi keuangan atau harta, sebisa mungkin untuk menyisihkannya dan memberikan kepada orang-orang yang membutuhkan. Di dalam ajaran Islam, saling berbagi ke sesama manusia salah satunya disebut dengan istilah sedekah.

Sedekah sendiri merupakan suatu perbuatan yang sangat dicintai oleh Allah SWT dan menjadi bagian dari amal sholeh setiap manusia selama hidup di dunia. Sedekah juga merupakan ibadah yang bisa dilakukan kapan saja dan bisa dikatakan cukup mudah dilakukan. Pasalnya, kamu bisa melakukan sedekah dengan uang atau barang yang nilainya tidak terbatas.

Ada banyak macam-macam sedekah yang dapat dilakukan oleh setiap orang dengan berbagai manfaat. Oleh karena itu, sedekah dikatakan sebagai amalan yang sifatnya sosial atau al-muta’ddiyah. Di mana, banyak orang yang merasakan manfaat dari sedekah ini terutama orang yang menerimanya. Sebagaimana ajaran dari Rasulullah SAW melalui hadis menjelaskan keutamaan dari sedekah. Berikut sabda Rasulullah SAW:

“Barangsiapa yang mendapatkan harta dari sumber haram, lantas dia manfaatkan untuk berbuat baik kepada kerabatnya, sedekah kepada orang miskin atau infaq di jalan Allah, maka semua amalnya tersebut dikumpulkan (tidak bernilai) dan karenanya dia dicampakkan ke dalam neraka.” – HR. Abu Daud dalam Marasil, Hasan li Ghairihi, dan Shahih Targhib nomor 1721

Macam-Macam Sedekah

Di dalam ajaran agama Islam, sedekah terbagi menjadi beberapa jenis. Hal ini dibedakan berdasarkan bentuk sedekah yang diberikan kepada penerima sedekah. Hal tersebut bisa meliputi uang, pakaian, tenaga, dan masih banyak lainnya. Nah, agar kamu dapat memahaminya, berikut ini penjelasan mengenai macam-macam sedekah:

  • Sedekah Materi

Sedekah yang paling umum dilakukan oleh umat Islam biasanya adalah sedekah materi. Sedekah jenis ini dapat dilakukan dengan memberikan beberapa barang yang dimiliki kepada orang lain. Beberapa barang yang dimaksud meliputi uang, pakaian, makanan, minuman, hingga takjil untuk orang berbuka puasa. Salah satu dari macam-macam sedekah, jenis ini yang paling disarankan oleh Rasulullah SAW.

Ketika kamu bersedekah materi, maka kamu akan mendapat keberkahan dari Allah SWT dan mendapatkan pahala seperti orang yang berpuasa. Melalui Hadis Rasulullah SAW. Ibnu Majah, Rasulullah bersabda bahwa:

Tidaklah ada satu pekerjaan yang paling mulia yang dilakukan oleh seseorang daripada pekerjaan yang dilakukan dari tangannya sendiri. Dan tidaklah seseorang menafkahkan hartanya terhadap diri, keluarga, anak, dan pembantunya melainkan akan menjadi sedekah

Kamu bisa melakukan sedekah materi dengan memberikan uang kepada orang yang membutuhkan, memberikan makanan dan minuman kepada orang yang kelaparan, hingga memberikan takjil melalui masjid untuk orang-orang yang berpuasa. 

  • Sedekah Non Materi

Macam-macam sedekah selanjutnya adalah sedekah non materi. Jenis ini membuktikan jika kamu niat untuk bersedekah, kamu bisa melakukannya tidak harus dengan barang. Sedekah non materi merupakan sedekah yang tidak mengeluarkan atau menggunakan materi, melainkan berupa pikiran, nasihat, tenaga, bahkan senyum tulus ke sesama saudara juga dikategorikan sebagai sedekah.

Hal ini berarti kamu bisa melakukan sedekah dalam keadaan atau kondisi seperti apapun. Jika kamu tidak memiliki barang atau materi untuk diberikan, kamu bisa memberikan saran kepada orang yang tengah mengalami masalah hingga musibah sekalipun. Dengan melakukan sedekah non materi, dampak yang akan dirasakan ketika kamu bersedekah hanya dengan ucapan atau perbuatan baik adalah pahala dari Allah SWT.

  • Sedekah Jariyah

Salah satu dari macam-macam sedekah berikutnya adalah sedekah jariyah. Sedekah yang satu ini merupakan jenis sedekah dengan pahala yang terus mengalir walaupun orang yang bersedekah sudah meninggal dunia. Hal ini karena barang yang telah disedekahkan memberikan banyak manfaat dan terus digunakan oleh banyak orang.

Sedekah jariyah ini bisa meliputi harta yang disedekahkan untuk pembangunan pesantren, masjid, fasilitas-fasilitas umum, pengembangan ilmu pendidikan, dan masih banyak lainnya yang memberikan banyak manfaat ketika digunakan. Pahala yang akan didapat terus mengalir seiring dengan tempat atau fasilitas terus digunakan dan bermanfaat bagi banyak orang.

Selain itu, kegiatan mengajar yang dilakukan oleh guru atau dosen juga menjadi bagian dari sedekah jariyah. Di mana, ilmu yang diberikan kepada murid-muridnya akan satu waktu digunakan dan kembali diberikan ke generasi selanjutnya. 

Manfaat dan Keutamaan dalam Bersedekah

Selain macam-macam sedekah, kamu juga harus mengetahui keutamaan dan manfaat yang dihasilkan dari bersedekah. Hal ini sebagaimana firman Allah SWT melalui Al-quran surat At-Talaq ayat 7:

Hendaklah orang yang mampu memberi nafkah menurut kemampuannya. Dan orang yang disempitkan rezekinya hendaklah memberi nafkah dari harta yang diberikan Allah kepadanya. Allah tidak memikulkan beban kepada seseorang melainkan sekadar apa yang Allah berikan kepadanya. Allah kelak akan memberikan kelapangan sesudah kesempitan.”

Dengan demikian, sedekah adalah perbuatan yang dapat dilakukan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh seseorang untuk berbagi. Lalu, seperti apa keutamaan dan manfaat dari bersedekah? Berikut penjelasannya:

Sedekah Merupakan Suatu Kewajiban

Melalui isi dari Al-quran surat Al-Baqarah ayat 177 menjelaskan bahwa setiap muslim wajib untuk bersedekah ketika ia memiliki kemampuan secara finansial. Di mana, sedekah diberikan kepada orang-orang yang membutuhkan untuk membantu meringankan beban keuangannya.

Sedekah sebagai Bentuk Penghapusan Dosa

Melalui sabda Rasulullah SAW, sedekah dapat membantu kamu menghapus dosa-dosa sebagaimana air untuk memadamkan api. Tanpa disadari, manusia adalah tempat salah dan dosa sehingga untuk membantu menghapus hal tersebut, kamu dapat melakukannya dengan bersedekah. Sisihkan sebagian dari penghasilan yang didapat untuk disedekahkan kepada orang-orang yang membutuhkan.

Sedekah Dapat Mendatangkan Harta yang Penuh Berkah

Setiap rezeki yang kamu dapatkan, ada sebagian hak dari orang-orang yang membutuhkan. Oleh karena itu, dengan bersedekah kamu dapat menjadikan rezeki berupa harta yang dimiliki lebih berkah saat digunakan.

Sedekah Mampu Menambah Rezeki

Sebagian dari harta yang disedekahkan secara tulus dan ikhlas akan dibalas dan diganti dengan rezeki yang lebih banyak pula. Oleh karena itu, rajin-rajinlah berbagi dengan bersedekah agar rezeki terus mengalir.

Sedekah Dapat Menjauhi Siksa Neraka

Sedekah merupakan bagian dari amal dan ibadah selama kamu hidup di dunia sehingga sedekah dapat menjadi bekal kamu yang dapat menjauhkan dari siksa neraka.

Nah, penjelasan mengenai macam-macam sedekah hingga keutamaan dan manfaat yang dihasilkan tentu menumbuhkan ketertarikan kamu untuk rajin-rajin bersedekah dengan menyisihkan sebagian penghasilan yang didapat. Sama halnya dengan bersedekah, kamu juga bisa menyisihkan sebagian dari penghasilan untuk disimpan melalui instrumen investasi.

Hal ini dilakukan untuk persiapan kamu dalam menghadapi masa mendatang. Salah satu investasi yang bisa kamu gunakan adalah instrumen saham. Apalagi kini investasi saham bisa dilakukan melalui smartphone dengan menggunakan aplikasi Ajaib. Ajaib merupakan media investasi online yang dapat membantu kamu berinvestasi saham. Tinggal download aplikasinya di smartphone, kamu sudah bisa berinvestasi saham sekarang.

Artikel Terkait