Bisnis & Kerja Sampingan

8 Tips Sukses Bisnis Online Menggunakan Instagram Tools

Ajaib.co.id – Kesuksesan bisnis online tak lepas dari media sosial, terutama Instagram. Di sana, kamu bisa memanfaatkan beragam fitur dan merebut perhatian warganet. Jika berencana berbisnis, cek tips menggunakan Instagram Tools.

Instagram merupakan media sosial berbentuk aplikasi yang memungkinkan pengguna mengunggah foto dan video. Instagram tak hanya ditujukan kepada pengguna individu. Pemerintah, perusahaan, hingga pelaku kecil dan menengah juga menggunakannya sebagai media promosi.

Tak sedikit pelaku usaha yang memanfaatkan Instagram Tools untuk promosi, memperluas target market, menganalisis perilaku warganet, hingga mendorong penjualan. Tertarik? Jika ya, inilah tips sukses yang cocok untuk menjalankan bisnis online menggunakan Tools di Instagram.

Beralih ke Akun Bisnis

Jika kamu ingin mengenalkan produk atau jasa secara online, sebaiknya beralihlah ke akun bisnis. Di Instagram, kamu bisa membuat akun baru atau mengubah akun pribadi ke bisnis pada pengaturan Switch to Business Profile. Jika telah memiliki fanpage di facebook, kamu juga bisa menghubungkan keduanya, Hootsuite.com (09/01/2019).

Mempromosikan Konten

Dengan akun bisnis atau konten, kamu dapat mempromosikan bisnis dengan harga terjangkau. Caranya, tentukan unggahan yang akan dipromosikan, tentukan bagaimana kamu mengarahkan warganet ke akun Instagram atau situs bisnis, atur target pasar, plus atur bujet dan durasi. Terakhir lakukan pembayaran melalui kartu kredit atau transfer bank.

Setelah mempromosikan konten, pantau hasilnya pada setiap unggahan melalui View Insight. Lihat, apakah pengaturan promosi sesuai dengan rencana dan bagaimana interaksi setiap promosi. Dari cara tersebut, kamu bisa membuat strategi untuk mendapatkan interaksi dengan pengikut atau mendongkrak penjualan.

Strategi di Instagram

Di Instagram terdapat jutaan konten setiap harinya. Baik itu foto, video, maupun IGTV. Hampir semua konten terlihat bagus. Bagaimana dengan konten bisnismu? Kalau ingin dilirik banyak orang, mudah saja. Buatlah strategi konten untuk memasarkan produk/jasa di Instagram.

  • Unggah konten setiap hari. Paling tidak, unggah foto dan caption mewakili produk atau jasa. Misal kamu menjual lauk yang berbahan baku seafood, jangan hanya mengunggah foto makanan saja, tetapi unggah tentang manfaat seafood bagi kesehatan atau ajakan makan ikan ala Bu Susi Pudjiastuti.
  • Jika memiliki dana lebih, endorsed selebgram atau teman yang memiliki pengikut lebih dari 100,000 supaya lebih banyak orang yang tahu tentang bisnismu.
  • Manfaatkan momen hari itu atau hari-hari khusus (Hari Pendidikan, Proklamasi, Idul Fitri, Natal, dan lainnya).
  • Pilih waktu mengunggah. Jika masih ragu mengenai hal ini, kamu bisa menentukan sendiri. Misal ketika jam makan siang, setelah jam kantor, atau malam hari.
  • Jadwalkan untuk mengadakan giveaway agar pengikut dan interaksi bertambah.

Manfaatkan Instagram Story dkk

Agar bisnis online makin nge-hits, manfaatkan Instagram Tools seperti Story, IGTV, dan Live. Story adalah unggahan berformat rangkai salindia (slideshow) yang akan tampil di profil selama 24 jam. Bahkan kamu bisa membuat sorotan (highlight) berdasarkan topik.

Di Story, kamu bisa mengunggah foto dan video menggunakan filter, gif, stiker, dan lokasi. Gunakan tools ini untuk mengunggah Story dari pembeli, produk baru, dan mengadakan polling untuk kemajuan bisnis (survei atau review).

Jika ingin mengunggah video lebih dari semenit, misal menampilkan proses di balik layar pembuatan produk atau cara menggunakan produk baru, sebaiknya pilih IGTV atau Live. Karena jika mengandalkan Story akan banyak rangkai salindia.

Manfaatkan IGTV atau Live untuk berkolaborasi dengan jenama lain atau ajak ngobrol pelanggan setia tentang topik yang sedang diperbincangkan akhir-akhir ini. Meski secara langsung tak ada kaitan dengan bisnis, tetapi hal itu bisa menambah perhatian terhadap bisnis dan pengikut. Bukan tak mungkin pembeli pun bertambah.

Mengoptimalkan Profil

Jangan mengabaikan profil di akun bisnis. Optimalkan profil Instagram dengan cara menuliskan tautan di Profil (bio), nomor telepon, dan/atau email. Karena di bagian inilah, calon pembeli dapat meng-klik tautan ke situs bisnismu, marketplace, atau pesan langsung via WhatsApp.

Menggunakan #Hashtags

Hashtag atau tanda pagar (tagar) berfungsi untuk memperluas jangkauan postinganmu. Asal tagar sesuai dengan bisnis atau topik yang sedang diangkat. Hal tersebut memudahkan warganet dalam menemukan konten yang terkait dengan akun bisnismu.

Pada dasarnya, kamu bisa menyertakan 30 hashtag, tetapi cukup gunakan tiga sampai lima saja yang relevan, Sendible.com (18/03/2020). Misal tiga hashtag yang berhubungan dengan produk dan nama jenama, sertakan juga dua hashtag populer yang relevan.

Menyunting Konten

Semua pengguna Instagram tahu bahwa media sosial ini menyediakan fitur menyunting (edit) konten. Agar konten, terutama foto, terlihat lebih artistik sekaligus menggugah selera, sunting menggunakan filter yang tersedia atau secara manual.

Namun ada baiknya, kamu memperhatikan penggunaan warna. Akun Instagram yang paling sukses cenderung menggunakan palet warna pilihan untuk foto mereka, dilansir dari Buffer.com. Langkah itu membantu mereka menciptakan gaya yang berbeda dari akun lain sekaligus membuat linimasa terlihat lebih artistik. Contohnya Kylie Skin atau BMW.

Repost Konten

Repost bukan tools resmi Instagram. Namun repost konten dari akun lain (pelanggan yang berisi ulasan atau testimoni) berguna membantu bisnis online. Salah satunya menambah pengikut secara organik. Akun yang sering melakukan hal tersebut adalah GoPro.

Brand yang memiliki action camera ini rutin me-repost konten pengikut yang berisi foto dan video menakjubkan dengan menggunakan GoPro. Langkah ini dapat menumbuhkan loyalitas pengikut terhadap brand.

Setelah menerapkan delapan tips di atas, review kinerja bisnis online-mu. Jika ada hal yang dirasa kurang berhasil, ubah strategi dan review lagi sampai kamu memperoleh hasil yang diharapkan.

Artikel Terkait