Bisnis & Kerja Sampingan

Perusahaan yang Sukses Bisnis Daur Ulang Sampah Plastik

Ajaib.co.id – Tidak banyak orang yang berpikir jika daur ulang sampah bisa dijadikan sebagai bisnis, kecuali para wirausahawan yang mendirikan bisnis pengolahan sampah di bawah ini. Mengolah sampah bukanlah perkara mudah. Harus bisa memilah-milah sampah yang akan diolah. Biasanya sampah yang dipilih adalah sampah plastik. Sampah plastik itu sulit diurai, dan akan bertahan dalam bentuk yang sama selama puluhan tahun. Keberadaannya sudah membawa masalah sejak dulu karena memengaruhi kehidupan alam secara luas.

Jumlah sampah plastik di Indonesia cukup memprihatinkan. Pembuangan sampah rumah tangga masih dicampur antara yang organik dan non organik sehingga petugas pengelola sampah harus memisahkannya dengan manual. Masyarakat juga belum teredukasi dengan benar tentang masalah serius yang dibawa sampah plastik. Padahal sampah plastik perlu didaur ulang agar tidak menimbulkan masalah yang lebih gawat.

Daur ulang di sini maksudnya adalah mengubah bentuk sampah plastik tersebut menjadi sesuatu yang baru, misalnya saja menjadikannya sebagai kerajinan tangan. Atau menjadikannya sebagai bentuk plastik lain untuk mengembalikan fungsinya. Namun, diperlukan modal yang cukup besar karena harus menggunakan mesin khusus yang bisa mengolahnya dengan tepat. 

Biasanya agar cepat selesai, sampah plastik ini dibakar dan hal itu tentunya berbahaya bagi lingkungan. Hasil pembakaran dari sampah plastik akan mengkontaminasi udara di sekitar wilayah hingga merusak ozon. Jadi, pilihan yang paling tepat adalah mengolahnya kembali menjadi bijih plastik yang bisa digunakan untuk berbagai macam produksi.

Ada wirausahawan yang mengembangkan usaha pengolahan sampah plastik. Bisnis daur ulang ternyata bisa menghasilkan keuntungan menggiurkan. Tidak hanya itu, usaha yang mereka usung itu telah membantu pengelolaan sampah plastik dengan mandiri. Mengelola sampah plastik membutuhkan alat khusus dan biaya yang tidak sedikit. Terlebih sampah yang dihasilkan Indonesia itu sangat banyak, dan tidak pernah berkurang dalam waktu sehari pun. Tidak mengherankan hal ini menjadi angin segar bagi Indonesia dan berharap ada yang bisa mengikuti jejak mereka dalam pengelolaan sampah secara cerdas.

Berikut ini adalah usaha-usaha yang didirikan pengusaha sukses itu.

Limbahagia

Limbahagia merupakan tempat pengelola sampah yang dimiliki oleh Indra Noviansyah. Ia membeli sampah-sampah plastik dari para pemulung, lalu mengolahnya menjadi bijih plastik yang kemudian dijual kembali tidak hanya di Indonesia, tapi juga hingga ke Tiongkok dan negara-negara di Asia lainnya. Dari kegiatan ekspor inilah ia dapat meraih keuntungan yang besar. 

Indra memulai bisnis pengelolaan sampah plastik dari tahun 2008. Pada saat itu karyawannya hanya berkisar 12 orang. Ia berhasil bertahan hingga sekarang karena bisnis daur ulang memang cukup menjanjikan. Perusahaan yang didirikannya ini sekarang sudah semakin besar karena menerapkan sistem franchise. Ia juga melakukan kampanye pada masyarakat luas untuk lebih memperhatikan lingkungan.

CV Majestic Group

Perusahaan yang berlokasi di Bekasi ini mengkhususkan diri sebagai perusahaan yang memproduksi mesin pengolah sampah plastik. Mesin yang diproduksinya didesain sendiri. Hal ini tentu saja sangat inovatif, mengingat mesin pengolah sampah plastik yang dipasok dari luar negeri harganya sangat mahal. Pemiliknya bernama Muhammad Baedowy. Ia pertama kali memulai bisnis dengan berbisnis botol plastik bekas. Modal yang ia gunakan kala itu mencapai Rp50 juta.

Bisnisnya berjalan lancar, sampai Ia berani berekspansi dengan mendirikan pabrik khusus pengolahan sampah. Bisnisnya lalu mengalami penurunan yang membuatnya hampir ingin menjual pabriknya. Namun, Ia kemudian mencoba mengotak-atik mesin pengolah sampah, dan menemukan kreasinya sendiri. Ia yang dulunya bekerja sebagai auditor, ternyata mampu membuat mesin pengolah sampah yang lebih praktis. Mesinnya ini pun dijual hingga ke luar negeri. Usaha yang dilakukannya pun memberikan kesuksesan padanya.

Pojokplastik.com

Perusahaan ini bergerak di bidang penggilingan plastik yang nanti akan bisa diolah kembali menjadi berbagai macam produk. Mereka menggunakan sistem franchise dalam mengembangkan bisnisnya sehingga sangat terbuka menyambut kamu yang ingin bergabung menjadi pebisnis pengolahan sampah plastik. Nanti kamu bisa bergabung dengan mereka hingga dapat membangun bisnis pengolahan sampah plastik sendiri. Ada tahapan yang perlu kamu ikuti, jatuhnya seperti pelatihan. Jika kamu tertarik membuka usaha pengolahan sampah plastik, tapi bingung harus memulai dari mana, kamu bisa belajar dari mereka. Mitra usaha yang mereka tawarkan ini cukup menarik. 

Mendirikan usaha pengolahan sampah plastik harus punya beberapa hal yang harus kamu penuhi. Pertama, kamu perlu niat yang kuat karena yang namanya bisnis memang tidak main-main. Kedua, kamu perlu modal yang cukup. Modal yang cukup ini akan memudahkanmu untuk melakukan kegiatan bisnis dengan lancar. Perlu diketahui, modal untuk mendirikan bisnis ini cukup besar karena kamu memerlukan mesin pengolah yang sesuai. 

Ketiga, kamu harus mencari pengepul sampah terpercaya yang bisa menyediakan sampah padamu. Jangan lupa berikan pada mereka pembayaran yang layak karena sudah bekerja keras membantumu. Kamu perlu memilih sampah plastik yang bisa digunakan, lalu dibersihkan dengan benar terlebih dahulu agar bakteri yang menempel bisa hilang. Jadi, kamu harus belajar bagaimana caranya mengolah sampah plastik yang benar. 

Keempat, sediakan mesin pengolah sampah yang berkualitas. Yang berkualitas biasanya akan bertahan lama, dan akan memudahkanmu dalam mengelola sampah. Kamu akan sangat mengandalkan mesin ini.

Jika kamu ingin membuka bisnis pengelolaan sampah plastik, kamu perlu belajar dari ahlinya. Para pengusaha sampah daur ulang biasanya tidak pelit ilmu. Mereka beranggapan bahwa akan sangat bagus jika orang-orang seperti mereka bertambah banyak, karena bisa membantu perubahan besar bagi pengolahan sampah plastik di Indonesia. Jadi, jangan ragu belajar dari para senior.

Artikel Terkait