Bisnis & Kerja Sampingan

Inilah 10 Bisnis yang Cocok Bagi Para Pensiunan PNS

Ilustrasi Pensiunan PNS. Seorang pria sedang menjahit.
Ilustrasi Pensiunan PNS

Ajaib.co.id – Jika membayangkan masa pensiun, pasti yang ada di benak kebanyakan orang-orang adalah hidup santai dan lebih memiliki banyak waktu. Walaupun demikian, masa pensiun juga masih menjadi momok bagi sebagian pekerja bahkan pensiunan PNS karena kekhawatiran kondisi keuangan yang tidak memadai untuk memenuhi kebutuhan.

Saat sudah tidak memiliki gaji setiap bulannya, menjalankan bisnis pasca pensiun tentu menjadi sebuah pilihan yang tepat. Dengan banyaknya waktu luang, kamu bisa menjalani bisnis mulai dari skala kecil dan mudah dilakukan.

Apalagi saat ini banyak peluang bisnis yang bisa dijalankan di rumah dengan mudah, bahkan oleh seorang pensiunan sekalipun. Dengan begitu, tidak perlu khawatir mengenai uang pensiun yang kurang. Nah, apa saja bisnis yang dapat dijalankan?

1.   Bisnis Online

Di era serba digital ini tentu bisnis online adalah pilihan yang sangat tepat. Bisnis ini sangat simpel dan bisa dibilang tidak memerlukan modal yang besar. Tentu cocok bagi yang besaran pensiun pokok tidak terlalu besar. Kamu bisa memulai dengan menjual berbagai barang yang diproduksi sendiri ataupun sekedar menjadi reseller atau perantara (dropshipper).

Kamu hanya perlu diam di rumah sambil terus mempromosikan produk-produk yang dijual tanpa harus memiliki toko fisik sekalipun. Meski terlihat sederhana, nyatanya banyak orang-orang yang sukses karena berjualan secara online.

2.   Pertanian

Dari bisnis online dengan modal yang kecil, bisnis selanjutnya yang cocok bagi pensiunan PNS dengan modal yang cukup besar adalah bisnis pertanian atau agro. Kamu bisa membeli atau menyewa sebidang tanah yang bisa kamu gunakan untuk lahan pertanian atau perkebunan.

Kamu bisa menanam berbagai jenis tanaman yang menghasilkan, seperti padi, sayuran, buah, bunga, atau bahkan tanaman herbal dan obat-obatan. Dengan begini, kamu bisa menjualnya ke koperasi atau ke pasar untuk dijual kembali. Tentu saja ini perlu disesuaikan dengan uang pensiun karena pensiunan pokok ini diatur oleh negara.

3.   Peternakan

Selain berkebun, kamu juga bisa memilih model bisnis peternakan. Konsepnya hampir sama dengan bisnis agro, hanya saja lahan yang kamu beli atau sewa bisa kamu alih fungsikan sebagai tempat beternak, mulai dari ayam, bebek, atau ikan-ikanan.

Setelahnya, kamu bisa menjual hasil peternakan kamu ke pasar, pedagang masakan, atau bahkan ke rumah-rumah. Bisnis menarik lainnya adalah a beternak kambing atau sapi untuk dijual saat hari raya Idul Adha. Pasti akan meraih keuntungan berkali-kali lipat.

4.   Bisnis Laundry

Jika kamu tidak mau repot-repot membeli sebidang tanah yang membutuhkan modal yang cukup besar, buka saja laundry di depan ruma. Bisnis ini bisa kamu lakukan dengan modal yang kecil sekalipun sebab cukup dengan membeli beberapa unit mesin cuci dan juga setrika.

Jika tidak sanggup menjalankannya sendirian ketika bisnis kamu sudah berkembang, kamu bisa merekrut beberapa karyawan yang bisa menolong kamu. Bisnis ini sendiri lebih cocok dilakukan di area padat penduduk.

5.   Bisnis Makanan

Jika kamu memiliki hobi masak atau banyak yang menyukai masakanmu, mungkin bisnis makanan cocok kamu lakukan. Kamu bisa membuka rumah makan, atau bahkan toko kue dan roti. Bisnis ini juga cukup menyenangkan.

Selain menambah pundi-pundi penghasilan pasca pensiun, melihat review positif orang-orang yang telah mencicipi masakan kamu juga membuat hati terasa hangat. Apalagi jika punya banyak kenalan pegawai negeri sipil pns yang bisa menjadi customer pertama.

6.   Rental Kendaraan

Rental kendaraan menjadi salah satu pilihan bisnis yang paling tepat untuk pensiunan PNS. Bisnis yang satu ini cukup menjanjikan, apalagi jika dijalankan di lokasi yang banyak lokasi wisata. Selain mudah, dan tidak membutuhkan banyak tenaga, rental kendaraan juga bisa dijalankan dalam skala kecil. Apalagi jika saat libur panjang, keuntungannya bisa sama dengan gaji ke-13!

7.   Jasa Pengiriman Barang

Bisnis jasa pengiriman barang juga cukup mudah dilakukan. Untuk menjadi agen ekspedisi, kamu cukup membukanya di depan rumah. Bisnis ini pun cocok dilakukan saat ini karena menjamurnya bisnis online yang berkembang dengan pesat. Pastinya jasa pengiriman barang sudah menjadi peluang yang menjanjikan.

8.   Bisnis Properti / Kos-kosan

Inilah salah satu bisnis yang juga cocok dijalani oleh para pensiunan PNS. Bisnis properti dan kos-kosan memang memiliki modal yang cukup besar, tapi kamu bisa mendapatkan untung yang besar. Carilah lokasi yang strategis, seperti dekat perkantoran atau dekat dengan universitas. Kamu bisa membangun rumah atau kos-kosan dengan beberapa kamar yang bisa disewakan.

9.   Bisnis Bimbingan Belajar

Jika kamu seorang pensiunan guru dan masih memiliki jiwa untuk mengajar, kamu bisa membuka bisnis bimbingan belajar yang dapat dijalankan di rumah. Modalnya? Cukup papan tulis dan beberapa meja yang bisa kamu sediakan di rumah.

Tapi tenang saja, jika bukan guru sekalipun kamu juga tetap bisa membuka bisnis ini. Misalnya, kamu adalah seorang lulusan IT, kamu bisa memulai bisnis bimbingan belajar khusus untuk IT. Pastinya ini bisa menambah uang tunjangan orangtua dan membuatmu lebih santai menikmati masa tua.

10. Investasi

Terakhir adalah investasi atau trading saham. Sebenarnya waktu yang paling tepat untuk berinvestasi adalah sebelum kamu pensiun. Jadi kamu bisa menyiapkan dana pensiun dengan menyisihkan uang tabungan kamu untuk diinvestasikan dalam program dana pensiun.

Namun, kamu juga tetap bisa melakukannya sekarang kok. Kamu bisa trading saham yang tentunya bisa mendapatkan untung yang besar. Apalagi kamu mempunyai banyak waktu luang yang bisa kamu gunakan untuk memantau pergerakan saham. Tinggal bagaimana kamu menetapkan besaran uang untuk investasi.

Salah satu platform yang bisa kamu gunakan untuk trading saham adalah lewat aplikasi Ajaib. Jangan khawatir sebab berinvestasi di aplikasi Ajaib itu sangat aman. Ajaib sudah mendapatkan izin perantara pedagang efek dan juga izin agen penjualan efek reksa dana dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), menjadi anggota Bursa Efek Indonesia dan menjadi anggota dana perlindungan pemodal dari Indonesia SIPF. Yuk, mulai berinvestasi dan trading di Ajaib.co.id.

Artikel Terkait