Investasi

Mudahnya Cara Beli Saham di Bursa Efek Indonesia Via Online

Sumber: IDX

Ajaib.co.id – Siapa bilang beli saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) itu ribet. Salah besar jika masih ada yang berpikiran seperti itu. Sebab di era berbasis digital seperti sekarang ini, beli saham di BEI bisa dilakukan secara online. Nah, bagi Anda yang belum tahu caranya, berikut cara beli saham secara online di BEI. 

Kini investasi sudah sering dipilih orang untuk mengembangkan modalnya. Salah satunya adalah beli saham di BEI. Tetapi bagaimana caranya? Mungkin bagi sebagian orang tampak rumit. Terlebih lagi untuk Anda yang masih pemula atau yang baru belajar. Padahal sebenarnya cara beli saham itu perkara yang sangat mudah. 

Buka Rekening Saham atau Rekening Efek

Untuk beli saham di Bursa Efek Indonesia, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka rekening saham atau rekening efek. Lalu bagaimana caranya? Untuk caranya sendiri ada dua opsi yang bisa Anda ambil. 

Pertama adalah mendatangi kantor perusahaan sekuritas atau melalui broker saham. Dan cara kedua adalah bisa lewat online. Nah, untuk Anda yang ingin kepraktisan, maka pilihlah cara kedua, yakni membuka rekening saham secara online

Untuk Anda yang memilih opsi kedua, Anda tinggal mengisi formulir yang ada di situs perusahaan sekuritas yang Anda pilih. Setelah itu, perusahaan akan mengirim lagi formulir untuk Anda tanda tangani. Setelah itu Anda tinggal mengirim kembali formulir ke alamat perusahaan sekuritas untuk proses verifikasi. 

Ingat untuk tidak lupa menyertakan dokumen-dokumen lain saat mengembalikan formulir registrasinya. Beberapa dokumen tersebut umumnya meliputi KTP atau paspor, NPWP, fotokopi buku tabungan, fotokopi KK, dan materai 6 ribu. Yang perlu Anda ingat lagi adalah pastikan untuk memilih perusahaan sekuritas yang diatur dan diawasi langsung oleh OJK.

Melakukan Setoran Awal ke Rekening Saham

Setelah semua persyaratan untuk membuka rekening saham sudah Anda penuhi, Anda akan diminta untuk menyetorkan sejumlah dana. Sementara itu terkait dengan nominal yang pada umumnya bervariasi. Namun rata-rata minimal investasinya di kisaran Rp1 juta sampai dengan Rp10 juta. 

Namun ada juga perusahaan sekuritas yang menawarkan batas minimal hanya Rp100 ribu. Artinya besaran uang yang harus disetorkan tergantung dari kebijakan perusahan sekuritas yang Anda pilih. 

Download Aplikasi untuk Beli Saham

Setelah rekening saham Anda aktif, Anda sudah bisa beli saham yang listing di Bursa Efek Indonesia. Ada cukup banyak fasilitas untuk melakukan transaksi. Bisa melalui aplikasi online atau website. Nah untuk memudahkan Anda kedepannya, unduh aplikasi saham online trading yang bisa Anda unduh di perusahaan sekuritas yang Anda pilih. Atau Anda juga bisa mengunduhnya di Google Play Store. 

Bisa dikatakan aplikasi online seperti ini memiliki versi yang sudah sangat lengkap di dalamnya. Selain itu juga sudah didukung aplikasi mobile dengan tampilan yang sangat sederhana. Dalam hal ini Anda hanya perlu menginstalnya sebelum digunakan. 

Setelah Anda menentukan perusahaan mana yang akan Anda beli sahamnya, juga harus mengunduh aplikasi online trading. Hal ini disebabkan setiap perusahaan sekuritas memiliki aplikasi yang berbeda-beda untuk digunakan para nasabahnya. 

Selain membeli saham, aplikasi tersebut juga bisa digunakan untuk memonitor segala peregerakan saham. Bahkan setiap harinya Anda bisa melakukan transaksi jual beli saham di BEI setiap hari Senin sampai dengan Jumat pukul 09.00 hingga 12.00 WIB untuk sesi pertama. Lalu untuk sesi kedua pada pukul 13.30 sampai 16.15 WIB. 

Pada aplikasi tersebut, Anda juga bisa melihat tampilan semua harga jual dan harga beli saham yang ada di semua perusahaan yang sudah tergabung di pasar modal. Tampilan tersebut dilengkapi juga dengan grafik perkembangan harga dan persentase kenaikan dan penurunannya. 

Meskipun demikian, sekali lagi kami ingatkan jangan sembarangan dalam memilih aplikasi saham seperti ini. Selalu pastikan aplikasi yang dipilih sudah tersertifikasi oleh Otoritas Jasa Keuangan atau OJK. 

Beli Saham di BEI 

Setelah semua langkah-langkah cara beli saham di Bursa Efek Indonesia di atas sudah Anda lakukan, kini saatnya untuk berinvestasi saham. Sebelum itu, pastikan Anda sudah tahu tujuan investasi yang ingin Anda lakukan ini. Maksudnya apakah investasi tersebut untuk jangka pendek atau jangka panjang. 

Untuk membeli saham, pada aplikasi saham akan tertera nominal harga saham per lembarnya. Anda hanya perlu memilih buy dan input beberapa jumlah lot yang ingin Anda beli. Berdasarkan surat keputusan Direksi Bursa Efek Indonesia Nomor Kep-00071/BEI/11-2013, minimal pembelian saham adalah 100 lembar saham atau 1 lot

Jadi seperti itulah cara beli saham. Bagaimana? Pastinya tidak serumit yang Anda bayangkan. Sebenarnya masalahnya bukan terletak pada bagaimana cara beli saham. Tetapi justru lebih ke bagaimana cara membeli saham yang bisa menguntungkan. 

Oleh sebab itu jangan pernah malas untuk selalu memperbanyak pengetahuan tentang saham. Selain itu wajib untuk terus mengikuti perkembangan terkait dengan isu-isu perekonomian, bisnis, dan industri terkini. 

Kenapa? Pasalnya semua itu akan sangat berguna bagi Anda untuk tahu seberapa kuat saham dari perusahaan sekuritas yang sudah Anda pilih. Misalnya saja seperti apakah trennya akan naik atau turun dalam waktu dekat. 

Hal paling mendasar seperti itu jangan sampai Anda tidak menguasainya. Jangan harap bisa untung di investasi saham jika tidak mampu menganalisa hal paling mendasar seperti itu. Dan semoga usaha Anda untuk belajar cara beli saham di Bursa Efek Indonesia ini merupakan langkah awal kesuksesan Anda dalam investasi saham kedepannya. 

Kamu bisa mulai berinvestasi saham bersama Ajaib dengan dana terbatas untuk membuka rekening saham tanpa setoran minimal. Ajaib merupakan platform investasi yang sudah terdaftar di OJK. Ajaib juga memiliki sejumlah fitur untuk membantu kamu dalam berinvestasi saham, di antaranya Ajaib Alert untuk mengetahui waktu yang tepat membeli dan menjual saham, serta News Highlight.

Artikel Terkait