Milenial

Google Assistant Punya Fitur Apa Saja?

Fitur Google Assistant membantu mempermudah keseharian kita

Ajaib.co.id – Bagi kamu pengguna Android, asisten virtual dengan kepintaran artifisial (artificial intelligence) yang dikembangkan Google ini biasanya sudah terpasang di ponsel pintar kamu sejak awal. Apakah kamu pernah menggunakannya?

Google mengumumkan sejak Januari 2020 lalu, Google Assistant punya 500 juta pengguna bulanan aktif dan telah dipasang lebih dari 1 miliar perangkat di dunia. Tentunya tingkat penggunaan ini berkembang karena makin banyaknya fitur terbaru yang bisa digunakan untuk membantu kehidupan penggunanya sehari-hari.

Tak hanya bisa digunakan di ponsel pintar, aplikasi Google ini juga sudah bisa digunakan di perangkat lainnya yaitu iPhone, Chromebook, jam pintar Wear OS, headphone, smart speakers, dan ribuan produk pintar lainnya dari berbagai kategori. Begitu banyak perangkat yang bisa menggunakan aplikasi ini melalui sapaan “Hai, Google!” kira-kira fitur apa saja yang bisa membantu kita? Redaksi Ajaib merangkumnya melalui artikel berikut.

1. Menampilkan Serangkaian Informasi di Pagi Hari

Katanya, pagi hari adalah momen yang krusial. Jika kamu merencanakan dan menjalankannya dengan baik, mood akan bagus seharian dan bisa membuat lebih produktif bekerja. Google Assistant ini punya fitur yang bisa membuatmu merencanakan pagimu dengan lebih baik, mulai dari membacakan cuaca, menampilkan jadwal dan pengingat yang telah kamu atur sebelumnya, hingga memutarkan berita dari siaran radio lokal yang akan sangat berguna untukmu.

Salah satu fitur berita terbaru yang ditawarkan Google Assistant adalah menampilkan berita terbaru mengenai COVID-19. Kamu bisa mengatur semua fitur ini mulai dari saat mematikan alarm di pagi hari. Selain dari saat mematikan alarm, kamu juga bisa mengakses fitur ini dengan mengatakan “Good Morning” pada assistant app ini.

2. Google Assistant Membantumu Membuat Pengingat

Ini fitur yang cocok bagi kamu si pelupa! Jangan sampai melupakan jadwal webinar, meeting, hingga makan siang dengan bantuan dari Google Assistant. Semua jenis pengingat bisa dibantu oleh Google Assistant!

Agar lebih mudah, kamu bisa mengubah aturan bahasa menjadi bahasa Indonesia. Jika kamu mengubah aturan bahasa menjadi bahasa Indonesia, maka kamu bisa berbicara menggunakan bahasa Indonesia dan dibalas dengan bahasa Indonesia juga oleh Google Assistant.

Google Assistant juga menawarkan paket Work From Home yang akan mengingatkan kamu untuk stretching di siang hari dan olahraga di sore hari sehingga kualitas hidup tetap baik walau sedang bekerja di rumah saja!

3. Mencarikan Judul Lagu

Pernahkah kamu sebal karena tak kunjung bisa mengingat judul lagu yang diputar di suatu tempat seperti kafe? Google Assistant bisa membantumu untuk hal ini melalui salah satu fiturnya.

Cukup katakan perintah suara “Hey Google, what’s this song? Atau “What’s playing right now?” Google Assistant akan mendengarkan lagu di sekitarmu secara otomatis dan menampilkan link lagu yang bisa diputar di aplikasi pemutar musik di ponsel pintarmu seperti YouTube, Google Play Music, atau Spotify. Bisa menambah pengetahuan!

4. Mengidentifikasi Benda dengan Bantuan Google Lens

Google Lens adalah aplikasi yang bisa membuat kamu mengidentifikasi suatu benda dan menampilkan definisi melalui hasil pencarian di internet. Hal ini akan sangat berguna saat kamu ada di suatu tempat asing dan mengidentifikasi gedung atau benda-benda lainnya namun tidak tahu harus bertanya ke siapa.

Nah, fitur Google Lens ini sudah terintegrasi dengan Google Assistant. Cukup tekan logo Google Lens yang ada di sebelah kiri tombol mic di aplikasi Google Assistant kamu, aktifkan kamera, semua fitur ini bisa digunakan dengan mudah!

5. Mendongeng dan Merayu

Fitur ini sebetulnya sudah ada sejak tahun lalu. Sejak Google Assistant bisa menguasai berbagai bahasa, termasuk bahasa Indonesia, fitur Google ini cukup jadi bahan perbincangan. Fitur ini bisa membuat Google Assistant membacakan dongeng sederhana yang cukup menghibur.

Tak hanya itu, aplikasi ini juga rupanya sudah diajari cara untuk merayu dan tebak-tebakan dalam bahasa Indonesia. Walau suaranya masih datar, tapi kontennya cukup menarik untuk dibaca, belum lagi tambahan emoji yang membuat kita seolah berbicara dengan orang betulan. Bukan untuk kebutuhan fungsional, tapi tentunya bisa untuk memberikan hiburan saat kamu bosan.

6. Mencarikan Tempat Makan Enak di Sekitarmu

Perdebatan “mau makan apa hari ini?” adalah salah satu perdebatan lama yang tak pernah selesai. Baik saat bersama teman-teman atau pasangan. Google Assistant menjawab kebutuhan ini dengan memberikan berbagai rekomendasi tempat makan enak di sekelilingmu yang bisa kamu sesuaikan sendiri.

Tanyakan saja restoran ayam geprek apa yang paling enak di sekitarmu, dia pasti punya jawabannya berdasarkan rating yang diberikan untuk pengguna Google, lengkap dengan alamat yang bisa dicari di Google Maps.

7. Mengontrol Perangkat Smart Home

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Google Assistant bisa dihubungkan dengan berbagai perangkat smart home yang kini banyak beredar. Jika kamu menggunakan lampu pintar, kamu bisa memerintahkan Google Assistant untuk menyalakan atau mematikan lampu melalui voice commands. Jika kamu menghubungkan pendingin ruangan dengan colokan pintar, maka kamu bisa menyalakan pendingin bahkan sebelum sampai di rumah. Cukup memudahkan, bukan?

Itu dia beberapa fitur Google Assistant yang bisa kamu manfaatkan dengan baik. Bagaimana? Tertarik untuk mencobanya?

Jika kamu suka membaca berbagai artikel mengenai teknologi, blog Ajaib punya banyak artikel lainnya yang bisa kamu baca. Yuk kunjungi blog Ajaib sekarang!

Artikel Terkait