Saham

Memahami Tugas Broker Saham Sebelum Berinvestasi

Tugas Broker Saham

Ajaib.co.id – Salah satu instrumen investasi yang dapat menghasilkan keuntungan besar adalah investasi saham. Untuk mewujudkan keuntungan yang sudah ditargetkan sebelumnya, ada banyak hal yang harus diperhatikan saat berinvestasi saham.

Misalnya saja pergerakan harga saham di pasar, menilai laporan keuangan perusahaan yang akan dipilih, dan masih banyak lagi.

Lalu, bagaimana dengan para investor pemula yang ingin berinvestasi saham, namun belum memahami beberapa hal tersebut? Nah, hal ini menjadi salah satu tugas broker saham yang ada di setiap perusahaan sekuritas.

Bagi kamu para investor pemula, istilah broker saham merupakan salah satu hal yang harus dipahami sebelum berinvestasi. Broker akan membantu kamu dalam proses investasi saham.

Pertanyaannya, apa arti dan tugas broker saham serta mengapa kamu direkomendasikan untuk menggunakan jasa broker ketika memulai investasi saham? Nah, berikut ini penjelasan mengenai broker saham yang dapat kamu pahami secara jelas.

Pengertian Broker Saham

Istilah broker atau pialang merupakan individu atau perusahaan yang menyediakan jasa untuk menghubungkan investor baik itu perorangan maupun perusahaan dengan bursa saham.

Jika seseorang atau perusahaan ingin melakukan transaksi jual beli saham, maka terlebih dahulu harus mendaftar di kantor pialang saham untuk mendapatkan ID sebagai investor.

Tugas Broker Saham

Seperti yang sudah dijelaskan, broker merupakan perantara berupa seseorang atau perusahaan dalam transaksi jual beli saham. Berarti tugas broker saham adalah melakukan jual beli saham untuk nasabah atau kliennya.

Namun, tugas broker saham bukanlah membeli atau menjual saham secara langsung. Melainkan hanya melakukan setiap transaksi jual beli saham dengan harga terbaik.

Seorang broker saham harus mampu dan memiliki pengetahuan yang baik tentang transaksi saham, pergerakan saham, strategi, dan hal-hal berkaitan dengan aktivitas saham. Hal ini karena tugas broker saham juga sebagai pemberi rekomendasi bagi para investor yang merupakan kliennya sehingga para investor dapat mengambil keputusan secara tepat saat transaksi jual beli saham.

Rekomendasi yang diberikan oleh setiap broker mengacu pada pengetahuannya akan saham melalui analisis saham di beberapa sisi. Bagi investor yang akan mencoba untuk berinvestasi saham melalui suatu perusahaan sekuritas, biasanya mereka akan menawarkan jasa broker dengan biaya yang bermacam-macam.

Hal ini tergantung dengan layanan yang diberikan oleh setiap perusahaan sekuritas melalui broker saham untuk memberikan kamu keuntungan besar ketika berinvestasi saham.

Jenis-Jenis Broker

Setiap perusahaan sekuritas yang mempekerjakan seorang broker saham akan membagi broker dalam beberapa jenis. Hal ini biasanya dibedakan berdasarkan layanan yang diberikan oleh setiap broker bagi para klien atau investor. Berikut beberapa jenis broker:

Broker Saham Full Service

Sesuai dengan namanya, jenis broker ini akan memberikan jasa meliputi saran investasi, strategi yang akan digunakan, dan masih banyak lainnya secara lengkap. Hal ini dilakukan agar investor semakin mudah dan memahami investasi saham yang dapat menghasilkan keuntungan sesuai target.

Broker Saham Discount

Pada broker jenis ini layanan yang diberikan tidak jauh berbeda dengan full service, yaitu saran investasi dan strategi yang akan digunakan.

Broker Saham Deep Discount

Jenis broker saham deep discount hanya memberikan jasa layanan pada pemeliharaan rekening saham yang dimiliki serta merekomendasikan untuk keputusan transaksi, baik menjual atau membeli saham tertentu.

Tips Memilih Broker Saham

Jika kamu sudah memahami tugas broker yang dapat membantu kamu dalam berinvestasi dan menghasilkan keuntungan yang diinginkan, kamu bisa mulai untuk menentukan broker mana yang dapat membantu.

Ketika memilih broker, kamu bisa memperhatikan beberapa hal berikut ini:

Adanya Legalitas atau Regulasi yang Jelas

Hal pertama yang harus kamu perhatikan dalam memilih broker tepercaya adalah dengan memastikan legalitas atau regulasi broker. Di mana, broker tersebut memiliki alamat kantor yang jelas, nomor telepon yang dapat dihubungi, dan regulasi resmi lainnya.

Fasilitas Layanan Trading Online

Untuk memudahkan aktivitas transaksi saham yang kamu lakukan, pilihlah pialang saham yang menyediakan software online trading sehingga kamu dapat melakukan aktivitas saham melalui smartphone di mana saja dan kapan saja.

Broker Saham dengan Biaya Jasa yang Wajar

Ketika kamu menggunakan jasa broker saham, biasanya setiap transaksi saham meliputi keuntungan saat menjual saham atau spread dan komisi lainnya dengan besaran yang wajar atau paling kecil sekalipun.

Menyesuaikan Broker Saham dengan Kebutuhan

Di awal-awal transaksi saham, kamu bisa memilih jenis broker yang memberikan layanan secara penuh. Namun, seiring berjalannya waktu, kamu juga harus belajar dengan menambah pengetahuan saat berinvestasi saham sehingga tidak perlu menggunakan jasa broker saham secara berlebihan.

Memilih Broker Saham Berdasarkan Ulasan

Untuk memastikan suatu broker saham yang aman dan terpercaya, kamu bisa bertanya pada teman atau kerabat yang sudah mulai berinvestasi saham terlebih dahulu. Kamu juga bisa melihat rekomendasi broker saham melalui internet atau beberapa situs investasi saham.

Tugas broker saham memang cukup krusial untuk membantu para investor pemula saat berinvestasi saham. Apalagi rekomendasi yang diberikan jelas menghasilkan keuntungan yang sebelumnya sudah ditargetkan. Akan tetapi, peran broker saham kini mulai dialihkan ke sistem berbasis online sehingga peran broker mulai digantikan pada beberapa perusahaan sekuritas.

Hal ini tentu untuk memaksimalkan minat para calon investor yang ingin berinvestasi saham secara realtime dan mudah. Apalagi mobilitas para investor cukup padat sehingga membutuhkan layanan yang dapat digunakan secara online melalui smartphone. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan aplikasi Ajaib.

Ajaib merupakan media investasi online yang akan membantu kamu berinvestasi pada instrumen saham dan reksa dana. Dengan menggunakan Ajaib Saham kamu bisa mendapatkan rekening saham yang bisa dibuat langsung melalui aplikasi Ajaib.

Kamu bisa melihat pergerakan saham-saham perusahaan di bursa saham untuk dipilih sebagai emiten yang dapat menghasilkan keuntungan saat kamu berinvestasi saham.

Melalui aplikasi Ajaib, kamu dapat menemukan bahasa saham yang dapat memudahkan aktivitas investasi saham. Transaksi yang meliputi jual dan beli saham bisa kamu lakukan secara online di mana saja dan kapan saja.

Jadi, tunggu apalagi. Segera investasikan dana yang kamu miliki untuk menghasilkan keuntungan besar dengan Ajaib Saham. Yuk, download aplikasi Ajaib di smartphone kamu dan temukan kemudahan dalam berinvestasi sekarang.

Artikel Terkait