Emas

Apakah Perhiasan Jenis Emas Putih Cocok untuk Investasi?

Apakah Perhiasan Jenis Emas Putih Cocok untuk Investasi?

Ajaib.co.id – Investasi logam mulia menjadi pilihan yang baik untuk jangka panjang maupun pendek. Semuanya tergantung pada tujuan kamu mengapa ingin berinvestasi logam mulia. Logam mulia paling umum digunakan adalah batangan emas, tapi jenis emas putih juga ada. Lalu diantara logam mulia emas dan emas putih, yang mana yang akan mendatangkan keuntungan?

Mengenal emas yang layak untuk diinvestasikan

Banyak yang mengira bahwa emas yang diinvestasikan ini adalah emas perhiasan. Sebenarnya bisa saja perhiasan disimpan untuk dijual kembali karena sama likuidnya dengan emas batangan, tapi untuk investasi paling baik adalah emas jenis batangan. Ketika kamu menjual perhiasan ke toko emas, biasanya harga perhiasan itu akan jauh lebih murah walaupun sedikit. Tetap saja kamu mengalami kerugian.

Lain halnya dengan emas batangan yang hitungannya sudah jelas. Emas batangan biasanya memiliki harganya sendiri dan hal itu mengikuti permintaan dunia. Emas batangan bisa kamu beli ketika harganya jatuh, tapi suatu saat harganya bisa melambung naik, jadi ketika kamu menjualnya kamu bisa mendapatkan keuntungan. Inilah yang membedakan emas batangan dengan emas perhiasan. Hal ini juga berlaku pada jenis emas putih mana pun.

Perbedaan emas biasa dengan berbagai jenis emas putih

Jenis emas putih dalam bentuk perhiasan biasanya harganya lebih mahal ketimbang perhiasan emas biasa. Hal ini karena komponennya yang memang berbeda. Emas putih adalah emas biasa yang dicampur dengan zat rodium yang membuat warnanya jadi terlihat lebih cantik.

Mengapa berinvestasi sebaiknya emas batangan?

Emas batangan berbeda dengan perhiasan emas. Emas batangan dibeli tempat khusus yang menyediakan emas asli, seperti perusahaan ANTAM yang tidak hanya memproduksi emas batangan, tapi juga bisa menjadi mitra jual-beli emas batangan terpercaya di Indonesia. Hal lainnya mengapa emas batangan yang terbaik dijadikan investasi adalah sebagai berikut:

1. Emas batangan diakui oleh negara-negara di dunia

Emas sejak dulu diakui sebagai jenis investasi terbaik di seluruh dunia. Jadi, jika kamu ingin menjual emas yang dibeli di Indonesia ke sebuah lembaga penyedia emas di Jepang, itu bisa saja dilakukan.

Emas menjadi alat tukar keuangan terbaik karena mudah dijadikan uang. Kamu akan dengan mudah menemukan tempat-tempat untuk membeli dan menjual emas. Biasanya hasil dari menjual emas juga bisa kamu dapatkan dengan cepat. Hal ini mungkin berlaku juga dengan berbagai jenis emas putih yang berbentuk perhiasan yang bisa dijual di toko emas mana pun.

2. Harganya melambung naik ketika terjadi ketidakstabilan ekonomi

Emas memang punya kekuatan ajaib yang tidak dimiliki oleh jenis investasi lainnya. Ketika perekonomian dunia sedang kacau karena pandemi Covid19, investasi saham mengalami penurunan karena banyak sektor yang tidak bisa melakukan produksi secara maksimal.

Namun, berbeda dengan emas yang malah menunjukkan tajinya. Di masa sulit ini emas memang yang paling bisa diandalkan karena harganya yang melambung tinggi. Di masa-masa seperti ini memang paling cocok untuk menjual emas karena kamu akan mendapatkan keuntungan melimpah.

3. Bisa digunakan untuk trading, walaupun tidak ada bentuk fisiknya

Trading emas merupakan proses jual-beli emas yang dilakukan pada hari atau minggu yang sama. Trading emas saat ini juga cukup digandrungi karena menghasilkan keuntungan harian yang cepat. Trading emas bisa dipilih olehmu yang ingin melakukan investasi emas jangka pendek.

Keuntungan lainnya adalah, kamu tidak perlu memiliki emas tersebut dalam bentuk fisik karena emas itu disimpan oleh lembaga yang membantu proses trading. Untuk itulah kamu perlu mencari lembaga trading emas terpercaya yang bisa kamu andalkan untuk kegiatan jual-beli emas. Bentuk fisiknya bisa kamu miliki ketika kamu ingin mengambilnya.

4. Harganya cenderung stabil

Sejak dulu harga emas bergerak di angka yang cenderung sama. Kalaupun mengalami penurunan, harganya tidak terlalu jatuh. Yang menggiurkan adalah kenaikan harganya yang bisa menembus angka yang tidak pernah kita pikirkan.

Wajar saja jika emas dianggap sebagai investasi terbaik dalam keadaan apa pun. Jika kamu ingin investasi emas pastikan membelinya ketika harganya turun. Lalu, menjualnya kembali di masa depan ketika harganya sedang melambung. Kamu pasti akan kaget sendiri melihat keuntungan yang kamu dapatkan.

5. Cocok untuk investasi jangka panjang

Investasi emas akan menghasilkan keuntungan yang menggiurkan ketika kamu menyimpannya cukup lama. Hal itu karena harga emas cenderung naik dari tahun ke tahun. Asalkan kamu bisa menyimpannya dengan baik.

Emas paling aman disimpan di tempat yang aman. Untuk menghindari pencurian kamu bisa menyediakan kotak khusus yang hanya bisa dibuka dengan kode tertentu. Harganya tentu cukup mahal, jadi kamu harus mempersiapkan ini. Atau jika kamu ngeri menyimpannya di rumah, kamu bisa menyimpannya di bank yang menyediakan penitipan emas. Namun, kamu diharuskan membayar uang sewa. Jadi, pilihlah opsi yang paling menguntungkan.

Bisa disimpulkan jika ingin berinvestasi, sebaiknya yang dipilih adalah emas batangan. Untuk saat ini emas batangan jenis emas putih mungkin ada, tapi jarang, jadi tidak masalah jika kamu tidak menemukannya. Dengan segala kelebihan emas, emas bisa menjadi alternatif investasi yang memadai untuk masa depan.

Namun, perlu kamu ketahui adalah investasi emas keuntungannya tidak sebesar investasi saham. Hal itu tergantung pilihan dan tujuanmu ingin menjadikan investasi itu untuk apa. Semakin banyak emas yang kamu kumpulkan, akan semakin banyak juga keuntungan yang diraih.

Jadi, ingin tetap investasi emas atau saham? Untuk memulai investasi saham, yuk mulai buka rekening saham di Ajaib!

Artikel Terkait